EMPAT ERA REVOLUSI KOMUNIKASI MANUSIA MENURUT EVERETT M. ROGERS.

17 October 2016 16:14:51 Dibaca : 9372

Assalamualaikum Wr. Wb

tulisan ini saya buat semata-mata ingin memenuhi tugas mata kuliah "Perkembangan Teknologi Komunikasi" yang diampuh oleh bapak Syahrir Soleman, S.Kom, M.I.Kom. Selain itu agar pengetahuan kita bisa bertambah. dalam tulisan ini membahas tentang empat era revolusi manusia menurut Everett M. Rogers ((tulisan, cetak, teknologi, dan interaktif)

1. Komunikasi Tulisan
Menurut Everett M. Rogers (1986), terdapat empat era komunikasi yang terjadi di muka bumi ini, yang pertama yaitu era komunikasi tulisan. Era komunikasi tulisan ini tentunya menggunakan huruf-huruf, namun tidak di ketahui pasti huruf apa yang pertama kali ada di dunia ini. Yang di ketahui hanyalah pada masa awal manusia melakukan kontak dengan sesuatu yang sederhana. Dalam komunikasi tulisan ini terdapat beberapa bukti yaitu : orang-orang Sumerians menggunakan tanah liat untuk membuat huruf, kemudian pada 1041 SM China menemukan tipe cetakan huruf dalam buku, dan selanjutnya pada 1241 korea menemukan model dengan tipe cetakan huruf dari tanah liat ke dalam logam.

2. Komunikasi Cetak
Setelah era komunikasi tulisan ini muncullah era komunikasi cetak. Di mana pada saat itu Guntenberg menemukan mesin cetak, namun penggunaan mesin cetak tersebut hanyalah untuk mencopy kitab yang sebelumnya telah di tulis tangan oleh kalangan gereja dan penyebarannya pun sangat terbatas karena pada saat itu belum banyak orang yang bisa membaca hingga masa renaisance.
Pada tahun 1833, ketika Bunyamin Day meluncurkan surat kabar New York Sun yang di gunakan secara besar-besaran dan di sambung pada tahun 1839 daguerre melakukan praktek photografinya untuk di gunakan dalam koran. Dahulu sebelum mesin cetak muncul dan dan berkembang, perkembangan informasi berjalan sangat lambat dan buku- buku bacaan pun hanya tersedia dalam jumlah yang sedikit. Hal ini di karenakan pada zaman dahulu teknologi untuk memperbanyak buku hanya di lakukan secara manual yaitu dengan tulis tangan.
Perkembangan tekknologi percetakan sangat menentukan arah perkembangan media cetak, semakin maju perkembangan teknologi maka semakin bagus pula hasilnya. dengan adanya teknologi baru maka masalah yang ada harus bisa di hilangkan atau setidaknya di kurangi. Jika tidak maka tak akan ada gunanya perkembangan teknologi yang di ciptakan.


3. Komunikasi Telekomunikasi
Menurut Rogers (1986: 29-30) pada era ini mulai berkembang pesat pada tahun 1800-an ini memasuki era teknologi elektronika. Rogers memulai era ini dengan mengambil moment pada saat Samuel Morse pada tanggal 14 Mei 1844 menemukan suatu cara untuk menyampaian pesan mealui telegraf, Alexander Graham bell mengirimkan pesan melalui telepon pertama kali. Gambar bergerak di ciptakan dan pertama kalinya di tunjuk kepada public. Gudlielmo Marconi mentransmisikan pesan melalui radio, Lee de Forest menemukan kualitas penges suara dari tabung hampa. Teknologi komunikasi adalah teknologi komunikasi untuk memfasilitasi komunikasi antara individu atau kelompok. Teknologi komunikasi dapat berupa telepon, telex, fax, radio, televise, audio video, electronic data interchange and e-mail.
Tofler yang di kutip oleh Yusufhadi Miarso (2004) menggambarkan perkembangan teknologi sebagai revolusi yang berlangsung dalam tiga gelomban, yaitu: (1) timbul dalam bentuk teknologi pertanian yang berlangsung ribuan tahun, (2) teknologi industry yang berlangsung hanya dalam masa 300 tahun, (3) merupakan revolusi teknologi elektronik dan informatik, yang berlangsung hanya dalam kurun waktu puluhan yahun saja.
Istilah internet di perkenalkan dalam sebuuah paper mengenai TCP/IP kemudian di lakukan pengembangan sebuah protocol jaringan yang kemudian di kenal dengan nama TCP/IP yang di kembangkan oleh grup dari DARPA, 1981 Nation Science Foundation menembangkan Backbone yang di sebut CSNET dengan kapasita 6 Kbps untuk setiap istitusi dalam pemerintah. Kemudian pada tahun 1986 IETF mengembangkan sebuah server yang berfungsi sebagai alat koordinasi di antara : DARPA, ARPANET, DDN dan Internet Gateway.
Bahkan perkembangan selanjutnya menyampaikan pesan yang tidak lagi memakai kabel melainkan dengan pancaran frekuensi dan bahkan kehadiran satelit. Sehingga proses komunikasi sehingga proses komunikasi tidak hanya melibatkan antarpersonal melainkan sudah melibatkan individu yang lebih luas.


4. Komunikasi Interaktif
Merupakan era yang paling kontemporer di mana telekomunikasi terjadi antara dua media yang berbeda dan di fasilitasi dengan keberadaan computer. Rogers mencatat era ini berawal dari di temukannya ENIAC, sebutan untuk perangkat computer sederhana yang memiliki lebih dari 18.000 tabung hampa udara di universitas Pennylvania. Sepertiga abad kemudian penemuan sederhana ini menghasilkan perangkat yang lebih kecil, lebih canggih dan lebih fleksibel dalam penggunaannya.
Teknologi interatif yang ada saat ini telah mengubah hubungan antara konsumen dengan pihak perusahaan. Terdapat lima contoh spesifik dari teknologi nteraktif yang di gunakan oleh penjual. Para penjual telah menemukan cara untuk menyesuaikan teknologi ini dengan strategi pemasaran yang berfokus pada keuntungan konsumen. Cross dan Smith menyebutkan teknologi yang memfasilitasi konsumen dan pemasar ini antara lain kartu magnetic, system respon suara interaktif, bulletin elektronik, internet dan fax on demand
Pemasaran interaktif ini pada praktiknya dapat menyeimbangkan skala keuntungan antara pemasar dengan konsumen di mana pemasaran konvensional skala keuntungan lebih berat kepada pemasar. Keuntungan dari teknologi interaktif ini antara lain kecepatan akses data dan informasi. Pemasaran interaktif dan direct marketing mengusung system komunikasi dua arah. Dengan interaksi dengan knsmen, maka pemasaran bias mendapatkan informasi yang di butuhkan untuk menentukan target dan segmantasi pasar.
Selain itu konsumen juga mendapat keuntungan dari meningkatnya kecepatan interaksi. Mereka akan memperoleh informasi secara langsung dari penjual atau dari konsumen lain melalui forum diskusii dan email mengenai barang atau jasa yang ingin di konsumsi.

 

Sumber : http://rootrobot.blogspot.co.id/2010/10/empat-era-komunikasi-era-komunikasi.html

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong