ARSIP BULANAN : December 2016

Resume Proposal Bisnis "Happy Laundry"

13 December 2016 06:11:27 Dibaca : 117

Nama : Andriano Ahmad

Kelas : A (Ilmu Komunikasi)

Tugas : Komunikasi Bisnis (Resume Proposal Bisnis)

 


"Happy Laundry"

Dewasa ini, kepraktisan seakan menjadi sesuatu yang dicari. Semua orang ingin semua dalam hiduppnya menjadi serba praktis. Misalnya saja dalam urusan mencuci pakaian sendiri. Kesibukan yang sangat padat dan tidak adanya waktu membuat seseorang tidak memiliki waktu yang cukup luang untuk mencuci pakaiannya sendiri. Alhasil, orang-orang yang sangat sibuk tersebut mencari solusinya dengan cara yang praktis yaitu membawa cucian kotor mereka ke laundry. Bisnis laundry saat ini dikatakan sangat potensial terutama di daerah-daerah yang dekat dengan area kos-kosan para mahasiswa ataupun dekat perumahan yang para penghuninya kebanyakkan berprofesi sebagai pegawai kantoran yang sudah tentu sangat sibuk bekerja. Misalnya saja kos-kosan Wisma 88 yang berada dekat dengan lingkungan kampus Universitas Negeri Gorontalo sangat berpotensi untuk mendirikan usaha laundry di area tersebut. Selain rata-rata para penghuninya adalah mahasiswa yang terbilang dari keluarga yang berkecukupan, kesibukan mahasiswa di kampus pun membuat mereka menjadi tidak punya waktu untuk mencuci pakaiannya sendiri. Melihat peluang tersebut, saya pun mendapatkan inspirasi untuk membangun sebuah usaha laundry yaitu “Happy Laundry”. Latar belakang pemilihan usaha laundry bukan hanya karena adanya peluang untuk berbisnis, akan tetapi karena melihat fenomena masyarakat khususnya mahasiswa yang sekarang ini lebih memilih menyerahkan urusan mencuci pakaian kepada jasa laundry seakan sudah menjadi gaya hidup yang berkembang diantara mereka.

 Adapun visi Happy Laundry adalah menjadikan laundry ini sebagai usaha terkenal dengan pelayanannya yang baik. Sedangkan untuk misinya yaitu mengutamakan kualitas dalam pelayanan, memberikan kepuasan terhadap pelanggan, mengembangkan inovasi dalam pelayanan, serta mengembangkan usaha di beberapa tempat strategis lainnya agar dapat memperbesar usaha ini. Target pasar dari Happy Laundry ini dilihat dari adanya pergesaran gaya hidup orang-orang yang super sibuk dengan berbagai aktivitasnya. Misalnya saja, mahasiswa atau pegawai kantoran. Di Happy Laundy juga tidak hanya menyediakan fasilitas cuci dan setrika pakain, tetapi juga menyediakn jasa cuci dan sertrika non pakaian. Selain itu kelebihan mencuci di Happy Laudry yaitu sebelum mencuci dan mengeringkan pakaian selalu dilakukakan dengan metode pencuncian yang baik misalnya menggunakan sabun yang bermutu baik dengan deterjen yang dapat membunuh kuman dan kotoran-kotoran di pakaian. Selain itu, di Happy Laundry juga menggunakan cairan pelicin pakaian agar hasil setrika lebih bagus dan rapi serta wangi yang tahan lama. Di Happy Laundry juga kami menyediakan fasilitas antar jemput kain kotor sehinnga memudahkan para konsumen. Layanan ini hanya dikenakan tariff Rp.2000 saja. Tidak ketinggalan juga kami selalu memberikan inovasi-inovasi terbaru dalam bisnis kami ini, yaitu dengan memberikan fasilitas kupon kepada konsumen. Setiap 1 kupon akan didapatkan apabila konsumen mencuci di usaha laundry kami. Apabila kupon tersebut mencapai 10 kupon, maka konsumen dapat menukarnya dengan gratis 1 kali pencucian di laundry kami.

 Nantinya usaha kami ini akan melakukan strategi promosi agar lebih dikenal oleh masyarakat umum yaitu dengan mempromosika menggunakan berbagai macam media promosi yang ada. Salah satunya media lisan, yaitu dari mulut ke mulut. Metode ini adalah metode yang paling sederhana namun memiliki efektifitas penyampain pesannnya yang cukup siginifikan. Media lainnya yang akan kami gunakan yaitu dengan mengguakan media promosi lainnya seperti menyebarkan selebaran atau brosur, media banner, koran lokal, media radio, serta tidak lupa juga memanfaatkan media sosial.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong