PROPOSAL KOMUNIKASI BISNIS (UAS)

13 December 2016 20:56:04 Dibaca : 169

Kristik Gorontalo Shoop

Disusun oleh
Elvina Mohammad
Pimpinan & manager

Jalan Satsuit Tubun, Kelurahan Tenda kec.hulonthalangi
No.Telepon (0435) 348172
Alamat E-mail Gorontalo_KristikShoop@ymail.com

BAB 1
PENDAHULUAN

• Ringkasan Eksekutif
Kerajinan khas daerah Gorontalo yang dikenal oleh masyarakat dengan nama kerajinan KRISTIK atau teknik menyulam kain dengan berbagai macam pola. Mengingat, di zaman modern seperti saat ini, masyarakat lebih cenderung memilih karya-karya siap pakai dari daerah lain, tanpa mengetahui proses pembuatan, serta lebih mencintai karya daerah lain dari pada hasil karya daerah sendiri. Tujuan utama saya memperkenalkan kembali kerajinan KRISTIK ini agar masyarakat lebih mengenalkarya-karya yang lahir dari daerahnya sendiri, karena mengingat keadaan masyarakat saat ini, khususnya para remaja yang sudah tidak mengenal lagi keunikan-keunikan, serta karya-karya yang lahir dari daerah sendiri. Untuk itu saya sangat berharap, dengan saya perkenalkan kembali kerajinan KRISTIK ini, masyarakat lebih mencintai karya daerah sendiri dan bisa memperkenalkan kerajinan kristik tersebut kedaerah lainnya.

• Latar Belakang usaha
Gorontalo, merupakan daerah yang memiliki beberapa macam kerajinan khas yang sangat unik dan menarik,salah satunya : Kristik. Kerajinan yang dahulunya menjadi salah satu ciri khas daerah gorontalo ini , kini mulai memudar dengan adanya perkembangan terkhnologi yang sudah semakin canggih. Tak dapat dipungkiri lagi, perkembangan iptek telah mampu memengaruhi para remaja untuk tidak lagi mengenal kerajinan khas daerahnya masing-masing.

Remaja saat ini , lebih memilih menggunakan bahan siap pakai, daripada mengetahui proses pembuatannya. Dengan alasan, bahan siap pakai lebih mudah di gunakan, dibandingkan dengan menggunakan bahan-bahan mentah yang harus di olah lagi, hingga menjadi bahan siap pakai. Untuk itu, perlu adanya perubahan terhadap penilaian tersebut. Karena jika dibiarkan maka dalam beberapa tahun kedepan, anak cucu kita nanti tak akan mengenal lagi apa saja keunikan-keunikan yang lahir dari daerahnya sendiri.

• Deskripsi Usaha
Usaha ini bergerak di bidang penyulaman. Dimana kristik akan disulam dengan bentuk silang atau (X) pada setiap 3 bulang.

• Detail produk atau layanan
Produk ini berbahan dasar kain, dengan jenis kain berlubang kecil

• Manajemen
a. Planning
Usaha ini bertujuan untuk mengembangkan kembali minat akan kerajinan khas daerah, memperkenalkan kembali bahwa gorontalo memiliki kerajinan kristik, serta menggali kembali semangat belajar anak-anak sekolahan terhadap seni dan budaya, selain itu strategi yang akan di lakukan ialah mengadakan pameran dimana pengunjung tidak hanya, melihat karya-karya yang di hasilkan, melainkan juga bisa mempraktekkan bagaimana cara membuat kristik, selain itu usaha ini nantinya akan mengarah pada anak-anak sekolahan dan ibu-ibu rumah tangga. Untuk anak-anak sekolahan strategi yang akan dilakukan ialah : dengan memanfaatkan jemis pelajaran seni dan budaya. Dan untuk ibu-ibu rumah tangga, strategi yang akan di lakukan ialah : mengadakan kursus kecil-kecilan di sebuah rumah kecil.

b. Organizing (Pengorganisasian)
Dalam pengorgnisasian setiap individu telah memiliki tugas masing-masing. Dimana ada yang bertugas membeli bahan-bahan yang dibutuhkan dan ada pula yang bertugas memeriksa kelengkapan bahan-bahan. Selain ada yang bertugas secara individu, ada juga yang dibagi dalam setiap kelompok, dimana setiap kelompok pun memiliki tugas masing-masing.

c. Directing (Fungsi Pengarahan)
Para ekerja usaha ini akan di berikan bimbingan pada setiap minggunya, dan memberikan tunjangan atau upah di luar gaji, hal tersebut bertujuan agar pekerja merasa senang dan akan melayani para pelanggan dengan baik, serta adanya kedekatan antara direktur dengan bawahan.
Dan, dalam fungsi pengarahan haruslah setiap karyawan di berikan penjelasan secara detail akan tugas yang harus dilakukan, agar nantinya tidak akan menyebabkan kesalah fahaman antar sesama pekerja

d. Controlling (Fungsi Pengendalian / Pengawasan)
Pada tahap ini akan dilakukan evaluasi kerja, dan mengevaluasi apakah target yang di harapkan telah dicapai, selain itu mengoreksi jika ditemukan adanya kesalahan dalam kerja, dan yang paling utama selalu mencari solusi atau jalan keluar bagi setiap masalah yang dihadapi.
• Pasar
Target pasar usaha ini ialah anak-anak sekolahan, dan ibu-ibu rumah tangga. Namun yang lebih di utamakan ialah anak sekolahan. Strategi yang akan dilakukan pun dengan cara menjadikan praktek pembuatan kristik sebagai salah satu pelajaran, dimana anak-anak bisa belajar sambil bermain.

• Kompetisi
Jika adanya kompetisi dalam hal usaha ini, akan lebih baik. Karena secara terang-terangan telah banyak yang meminati. Dan jika terjadi kompetisi secara besar-besaraan maka, perusahaan kerajinan ini akan lebih mengembagkan hal-hal baru, namun masih dengan tekhnik penyulaman.

• Tim pelaksana
Tim pelaksana usaha tersebut ialah: direktur bersama para pekerja.

• Target usaha
Visi dan misi
Visi
‘memperkenalkan kembali kerajinan kristik tersebut, buka hanya pada masyarakat gorontalo, melainkan hingga ke daerah lain’.
Misi
• Mengutamakan jenis kain yang berkualitas baik
• Meningkatkan semangat belajar pada masyarakat
• Melahirkan dan lebih mengembangkan karya-karya dengan lebih baik.

• Permohonan/tujuan & maksud dari pinjaman
kristik Gorontalo Shoop
KERAJINAN KHAS DAERAH ANDA
jalan.satsuit tubun kelurahan tenda, kecamatan hulonthalangi, kota gorontalo
No.Telepon (0435) 348172
Alamat E-mail Gorontalo_KristikShoop@ymail.com

Nomor : 22 / B / GORONTALO / V / 2016
Lampiran : 1 lembar
Hal : permohonan ijin tempat dan fasilitas
Kepada Yth
Kepala Desa kecamatan Hulonthalangi
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur kami panjatkan ke-hadrat Allah Subhana Huwa Ta’ala yangtelah melimpahkan rahmat, Taufiq dan hidayah-Nya kepada kita.
Sehubungan dengan akan diadakannya kursus kerajinan kristik, , di kecamatan hulonthalangi, yang insya Allah akan dilaksanakan pada :
Hari/Tanggal : Rabu, 14 desember 2016
Waktu : 09.00 s/d selesai
Peserta : ibu-ibu rumah tangga
Dengan ini panitia pengajar kursus kerajinan kec. Hulonthalangi sehubungan dengan kegiatan yang kami selenggarakan tersebut, dengan segala kerendahan hati memohon kepada bapak/ibu berkenan memberikan izin kepada kami untuk menggunakan halaman kantor desa, ruang metting, fasilitas dan MCK untuk digunakan sampai dengan selesainya kegitan yang dimaksud

Demikian surat permohonan ini kami sampaikan, dengan harapan terkabulnya keinginan kami.
Direktur Utama Manager Sekretaris

Elvina mohammad,Lc Hesty Djafar Silvie Luciana Mohammad,SH
• Rangkuman

Usaha ini akan di kembangkan lagi di daerah gorontalo, agar kita selaku masyarakat gorontalo bisa lebih mengenal daerah kita. Hingga hal tersebut akan berdampak pada anak cucu kita nantinya. Dan usaha ini akan lebih diperkenalkan lagi pada seluruh daerah di indonesia, dengan cara-cara atau metode pelaksaan yang telah disusun sebelumnya.

BAB II
DATA FINANSIAL
• Sumber dan kebutuhan pendanaan usaha
Sumber dana berasal dari gubernur gorontalo, dinas kebudayaan dan pariwisata provinsi gorontalo

• Daftar kebutuhan peralatan

Kain Kristik (Berlubang)

jarum Kristik

benang Berwarna

Tananan Kain

Ruang lingkup usaha
Target pasar untuk kerajinan kristik ini dilihat dari semakin berkembangnya perkembangan iptek, yang dengannya dapat menghapuskan nilai-nilai kerajinan khas suatu daerah, juga mengingat gaya hidup para remaja yang dalam istilahnya semakin (gaul), hingga tak jarang melupakan hasil karya daerah sendiri.

Di jaman yang sudah semakin modern, para remaja jangankan untuk mengenal keunikan-keunikan daerahnya, bahkan untuk berbicara menggunakan bahasa daerah masing-masing merasa malu, karena di anggap rendahan.

Untuk itu, sasaran atau target dari usaha kerajinan kristik ini ialah, Masyarakat gorontalo sendiri, yang di domisili oleh : Anak-anak sekolahan dan ibu-ibu rumaah tangga.

Barang dan Jasa yang dibutuhkan
Kerajinan kristik ini tidak hanya digunakan sebagai hiasan dinding, melainkan juga sebagai souvernir pernikahan, atau buah tangan.
a. Barang yang dibutuhkan
1. Kain kristik ( kain berlubang )
2. Jarum kristik
3. Tatanan kain
4. Benang berwarna
b. Jasa yang dihasilkan
1. Tenaga pengajar pembuatan kristik,
2. Antar jemput
Setiap pesanan yang jarak tempuhnya lumaian jauh, kami menyediakan jasa antar, jika ingin pesanannya kami antarakan langsung, dan jasa jemput jika barang-barang yang diperlukan disediakan sendiri oleh pembeli.

a. keunikan dan manfaat
• Keunikan
1. pola dan ukuran disesuaikan dengan keinginan pelanggan
2. dengan berbagai macam Varian warna pada pola
3. kerajinan bisa di order dalam kurun waktu 1x24 jam.
• Manfaat
1. Sebagai souvernir pernikahan
2. Buah tangan bagi yang ingin pulang kampung
3. Hiasan dinding, baik di rumah maupun di mana saja
Tekhnik meningkatkan penjualan
Dengan kembali memanfaatkan media, penjualan bisa dilakukan dengan cara mempromosikan melalui beberapa jenis media sosial, dan bisa juga dengan cara mengsosialisasikan dan membuka kursus-kursus khusus pembuatan kerajinan tersebut. Selain itu strategi yang aka dilakukan ialah : pameran kerajianan dan media sosial
BAGIAN III
DATA PENDUKUNG
• Rincian harga layanan produk

jenis
ukuran
pola
harga

biasa
5 – 10 R
sederhana
Rp. 500.000,00

Super unik
20 – 50 R
Cantik
Rp. 1.000.000,00

GAMBAR PRODUK

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong