Unsur-unsur tetap dan tidak tetap dalam PKK

18 September 2017 14:02:12 Dibaca : 495

Oleh: Febry Jordy Anes dan Ravaela Dzulhilma F.

Sebelum kita membahas tentang unsur-unsur tetap dan tidak tetap dalam PKK, apakah kalian sudah tau apa itu PKK? PKK yaitu pola-pola kendali komunikasi, PKK terdiri dari banyak strategi komunikasi. Strategi-strategi tersebut mengalami proses uji coba yang sederhana. Apa bila strategi itu berhasil, maka akan dipertahankan untuk digunakan selanjutnya.


PKK terdiri dari kumpulan yang perinci dan unsur-unsur yang tetap dan tidak tetap, berikut penjelasan unsur-unsur tidak tetap: 1. Semua orang perlu atau membutuhkan respon yang diinginkan dari pihak lain 2. Para komunikator saling bergantung kepada satu sama lain untuk mendapatkan respon seperti tersebut diatas 3. Prosedur-prosedur untuk mendapatkakan jawaban yang diinginkan dipelajari dalam situasi sosial, penerimaannya bergantung kepada keberhasilan mereka dalam memperoleh jawaban-jawaban yang diinginkan 4. Perilaku-perilaku dari orang yang mengendalikan dan yang memberi respon membentuk hubungan saling ketergantungan secara transaksional.


PKK juga memiliki unsur-unsur yang tidak tetap atau bisa berubah, adalah sebagai berikut: 1. Prosedur-prosedur kendali yang spesifikasi ialah diberi imbalan dan diterima 2. Tipe-tipe orang yang dihubungkan dengan perilaku-perilaku yang diberi imbalan 3. Situasi-situasi yang memerlukan perilaku-perilaku tertentu dan memberikan imbalan-imbalan tertentu.
Jadi dalam melakukan Komunikasi Antar Pribadi kita harus memperhatikan unsur-unsur tetap dan tidak tetap dalm PKK agar bisa terjadi komunikasi yang baik.

 

Dikutip dari buku TEORI KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI oleh Prof. Dr. Muhammad Budyatna, M.A. Dr. Leila Mona Ganiem, M.Si.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong