Penulisan artikel

17 September 2017 16:16:34 Dibaca : 21

Membuat penulisan artikel yang baik dan benar di sertai dengan Contoh artikel

Penulisan artikel memang tidaklah mudah ada beberapa jenis dan langkah-langkah yang harus kita ketahui di dalam penulisan artikel yang baik dan benar, meliputi :

Jenis Artikel :

1. Artikel Praktis, mengangkat hal-hal ringan dengan penyajian yang ringan pula2. Artikel Analitis, artikil ini membutuhkan analisis secara logis dan ilmiah3. Artikel Umum, artikel ini prnsipnya sama dengan artikel analitis masalah yang di angkat cenderung umum.

Langkah- langkah penulisan artikel

1. Memilih topik atau gagasan secara cermat, topik yang di tulis tentu harus dapat diterima (disukai) oleh pihak redaksi yang berwenang agar dimuat dalam surat kabar atau majlahnya2. Mengetahui dan memahami pembaca, bagaimana mungkin seorang penulis akan menghasilkan karya tulis yang dapat di mengerti atau dipahami oleh pembaca, seandainya ia tidak meliki pengetahuan mengenai calon pembacanya. Padahal padahalpengetahuan terhadap calon pembacanya sangat menetukan penulisan yang sesuai karakteristik mereka: Usia, jenis kelamin, pendidikan,dan yang lainnya3. Mempelajari teknik penerbitan, artikel yang ditulis dan dikirim keredaksi suatu surat kabar atau majalah diharapkan bias diterima dengan baik oleh mereka.4. Menulis dengan Outline, outline dapat dikatakan sebagai pembuka dari tubuh mereka.5. Membuka tulisan dengan gaya yang menarik, lead dapat dikatakan sebagai pebuka dari tubuh berita .6. Menyatakan ide pokok secara eksplit, penulis yang terampil dan berpengalaman mengawali artikelnya dengan sesuatu yang menarik.7. Memberi ilustrasi yang segar dan menarik, penulis hendaknya menyertai ilustrasi yang relevan dengan gagasan atau permasalahan yang dikemukakan agar tulisannya lebih dipahami, berwarna, menyegarkan, dan menarik.8. Menggunakan Bahasa yang hidup dan segar, menggunakan kalimat yang tidak kaku, lancer dalam menyampaikan sesuatu, serta enak di baca.9. Menutup tulisan dengan paragraph yang kuat, agar pembaca menunjukan respon atau sikap tersebut seperti yang diharapkan penulis.10. Menyunting tulisan dengan teliti, potensi kesalahan selalu terbuka,bahkan bagi penulis yang terlatih dan berpengalaman.11. Membuat judul artikel, selain muatan/isinya yang ilmiah harus mempunyai judul yang menarik.Penjelasan di atas tentang penulisan artikel yang baik dan benar dikutib pada buku Public Relations Writing, diterbitkan oleh Sopian, S.Sos., M.I.K.

Saya Menuliskan artikel dengan menggunakan salah satu cara yang berada pada jenis artikel yaitu Artikel Praktis.

Contoh Artikel :

Bahaya Merokok Bagi Kesehatan

Banyak anak muda maupun orang tua mengonsumsi rokok, meskipun dikemasan rokok tersebut banyak terdapat dampak negative pada saat sedang merokok, bahkan akibat merokok yang ditulis pada kemasan rokok merupakan jenis dari penyakit yang berbahaya. Tetapi kebanyakan orang mengabaikannya, meskipun bahaya merokok benar adanyadan iklan rokokpun telah banyak disisipkan dengan pesan-pesan “MEROKOK DAPAT MEMBUNUHMU”.

Hormat saya

Adeliska Tinungki

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong