Feature Mengembangkan Cerita Human Interest

01 December 2016 20:08:47 Dibaca : 83

SURGA TERSEMBUNYI DI KEPULAUAN TOGEAN

Suatu pagi yang indah ditemani sunrise yang bersinar cerah, tepatnya sehari sesudah lebaran Idhul Fitri tahun 2015 lalu. Saya dan sahabat-sahabat saya pergi mengunjungi sebuah pulau yang penuh dengan keasrian, Pulau itu diberi nama “Pulau Papan”. Untuk sampai kepulau itu kami menggunakan alat transportasi laut, boat trip tradisoanal atau yang sering disebut “perahu”. Perahu berwarna biru muda itu bersandar tepat dipojok kanan pelabuhan wakai lengkap dengan sang pengemudi yg memakai kaos oblong berwarna hitam dengan warna rambut yang agak kecoklatan.

Kami pun mulai menaiki perahu tersebut dengan teratur dan duduk saling berhadapan antara satu sama lain. 5 menit kemudian sang pengemudi mengangkat jangkarnya dan mulai menghidupkan mesinnya, kami pun lepas landas. Disepanjang perjalan kami di manjakan dengan gugusan pulau-pulau kecil tak berpenghuni, pohon-pohon yang seolah melambai, hamparan pasir putih dan suara gemercik air yang merdu. Suasana pun semakin meriah disaat salah satu sahabat kami memainkan gitarnya kami pun menyanyi bersama dengan tambahan suara musik alami. Tanpa terasa 3 jam telah berlau tibalah kami di pulau nan asri itu, pengemudi pun melemparkan jangkarnya ke laut dan kami pun turun secara perlahan-lahan berhubung jembatan pelabuhnya agak sedikit lapuk. Setelah melewatinya kamipun mulai berjalan sambil selfie-selfia ria bersama mengelilingi pulau tersebut, kami dibuat terpesona oleh jembatan kayunya yang memiliki panjang 800 meter.

Rasakan saja sensasinya berjalan diatas jembatan kayu 800 meter dengan view yang amazing diatas lautan. Jembatan ini adalah satu-satunya penghubung dari pulau papan ke pulau “malenge” ujung, jembatan ini juga menjadi penyemangat anak-anak pulau papan untuk menuju sekolahnya yang terletak di pulau malenge ujung. Melewati jembatan ini kita dapat melihat beningnya air laut, banyaknya terumbu karang dengan laut yang berombak tenang dan dangkal. Pulau papan ini perpenghuni kurang lebih seratus kepala keluarga yang rata-rata bermata pencahariannya sebagai nelayan, rumah-rumah di sini juga menarik yang merupakan rumah panggung di atas laut dan warga-warga disini juga terbuka sama pengunjung yang datang. Bayangin aja mereka selalu menyapa kami setiap kami lewatin rumah mereka. Kami pun pergi ke spot yang paling menarik dimana kita bisa melihat keselurahan pulau papan yaitu “Puncak Batu Karang” yang terletak ditengah-tengah desa. Salah seorang dari kami berminat untuk snorkling tepat didepan pelabuhan pulau papan. Senja pun tiba, Setelah semua aktivitas selesai kami duduk di atas jembatan sambil mengayun-ngayunkan kaki tak lupa pula untuk foto-foto juga lagian tidak gampang lho nemuin background yang secantik ini.

Kepulauan Togean terdiri dari 6 pulau besar dan pulau kecil yang jumlahnya mencapai 60 pulau. Kepulauan Togean terletak di kawasan Teluk Tomini yang menyimpan banyak kekayaan alam mengagumkan. Dikepulauan ini terdapat ratusan jenis terumbu karang, ikan, moluska, dan beberapa jenis hewan yang sudah mulai langka.
Yuk jalan-jalan ke Pulau Papan !!! tepatnya di Kepulauan Togean karena masih banyak lagi surga tersembunyi di Kep. Togean lho.
“Pulau Papan terletak di Kepulauan Togean Kab. Tojo Una-Una Prov. Sulawesi Tengah Indonesia”

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong