ARSIP BULANAN : March 2017

Public Speaking Sebagai Sarana Komunikasi

31 March 2017 13:20:45 Dibaca : 1315


PUBLIC SPEAKING SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI


Oleh: Rosita Ali, Reni Rahayu


Apakah public speaking termasuk sebagai sarana komunikasi? jawabanya “ya”. Mengapa termasuk sarana komunikasi? Karena dalam percakapan sudah mutlak memerlukan umpan balik. Dunia komunikasi terdiri dari komunikator, pesan, komunikan, semua ini akan berperan melalui saluran yang disebut komunikasi. Keberadaan public speaking yang berperan dalam komunikasi yaitu public speaker atau komunikator sebagai pembawa pesan dan mempunyai kemampuan menyampaikan gagasan yang ada dipikiranya kepada audiens. Pada kesempatan memberikan saran, mengkritik, memberikan suara, mewakili organisasi, dan memberikan keputusan maka tehnik public speaking sangatlah penting sama pentingnya dengan komunikasi individu-individu lainya yang efektif.


Public speaking sendiri mempunyai beberapa jenis kegiatan diantaranya yaitu Pidato (orasi), Presentasi, Khotbah, Memberikan Sambutan, Diskusi Publik dan Penutup . Setiap orang dapat menyampaikan pidato dengan baik bila mereka mengetahui dan mempraktekan Penyampaian, pengendalian dan penampilan pada saat berpidato. Tiga prinsip penyampaian pidato yakni yang pertama pelihara kontak visual, yang kedua kontak mental dengan khalayak, kontak yang ke tiga gunakan Lambang – Lambang Auditif ( Olah Vokal ) dan yang terakhir berbicara dengan seluruh kepribadian anda ( Olah Visual ). Dalam menyampaikan pidato selain memperhatikan penyampain pidato kita juga harus memperhatikan pengendalian pada saat berpidato, seperti keyakinan, sikap yang tegak, percaya diri, dan jangan menghindari tatapan atau pandangan mata dengan pendengar dan tak lupa kita juga harus meperhatikan penampilan pada saat penyampaian pidato, kita harus menggunakan pakaian yang rapi, wajah selalu senyum, sikap badan tagak dan santai, adanya keseimbangan gerak dan adanya keserasian dalam gerak.


Nah, ternyata public speaking juga termasuk dalam sarana komunikasi, yang di dalamnya pula terdapat Jenis-jenis kegiatan public speaking yang akan membantu kita untuk mengerti pada posisi mana kita berbicara dan dengan tujuan apa. Dengan menguasai kedua hal tersebut, seorang pemimpin akan mampu berbicara sesuai konteks, dalam menyebarkan nilai dan tujuan kepemimipinanya. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mampu menjadi public speaker yang tepat dalam kondisi yang tepat.

SITUS WEB:
http://www.kompasiana.com/salviakumara/public-speaking-adalah-sarana- komunikasi_54f772a2a333115a618b4579 di akses 26 maret 2017

http://romeltea.com/jenis-jenis-profesi-bidang-public-speaking/ di akses 26 maret 2017

http://yuliantiez.blogspot.co.id/2009/01/taukan-anda-cara-berpidato-yang-benar.html?m=1 di akses 28 maret 2017

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong