Keindahan Pulau Papan

09 December 2016 10:53:10 Dibaca : 79

Kepulauan Togean terdiri dari 6 pulau besar dan pulau kecil yang jumlahnya mencapai 60 pulau. Kepulauan Togean terletak di kawasan Teluk Tomini yang menyimpan banyak kekayaan alam mengagumkan. Dikepulauan ini terdapat ratusan jenis terumbu karang, ikan, moluska, dan beberapa jenis hewan yang sudah mulai langka.
Salah satu tempat wisata yang menjadi tujuan utama wisatawan saat berwisata ke pulau togean adalah” Pulau Papan” mengapa demikian ? karena, pulau papan merupakan tempat wisata yang baru terkenal dalam waktu yang belum terlalu lama ini. Itu artinya tempat tersebut masih alami atau belum tersentuh oleh tangan-tangan nakal. Selain itu, untuk mengunjungi pulau tersebut sangat mudah, cukup dengan menggunakan alat transportasi laut, boat trip tradisional atau yang kita kenal dengan sebutan perahu.
Disepanjang perjalan mata wisatawan di manjakan dengan gugusan pulau-pulau kecil tak berpenghuni, pohon-pohon yang seolah melambai, hamparan pasir putih dan suara gemercik air yang merdu. Untuk sampai kesana memerlukan waktu sekitar 3 jam. Wisatawan pun dibuat terpesona oleh jembatan kayunya yang memiliki panjang 800 meter.
Rasakan saja sensasinya berjalan diatas jembatan kayu 800 meter dengan view yang amazing diatas lautan. Jembatan ini adalah satu-satunya penghubung dari pulau papan ke pulau “malenge” ujung, jembatan ini juga menjadi penyemangat anak-anak pulau papan untuk menuju sekolahnya yang terletak di pulau malenge ujung. Melewati jembatan ini kita dapat melihat beningnya air laut, banyaknya terumbu karang dengan laut yang berombak tenang dan dangkal. Pulau papan ini perpenghuni kurang lebih seratus kepala keluarga yang rata-rata bermata pencahariannya sebagai nelayan, rumah-rumah di sini juga menarik yang merupakan rumah panggung di atas laut dan warga-warga disini juga terbuka sama wisatawan yang datang. Bayangkan saja mereka selalu menyapa para wisatawan setiap melewati rumah mereka. Spot yang paling menarik di Pulau tersebut adalah “Puncak Batu Karang” yang terletak di tengah-tengah desa, dimana wisatawan dapat melihat keselurahan pulau papan dari atas. Yuk jalan-jalan ke Pulau Papan !!! tepatnya di Kepulauan Togean karena masih banyak lagi surga tersembunyi di Kepulauan Togean lho.
“Pulau Papan terletak di Kepulauan Togean Kab. Tojo Una-Una Provinsi Sulawesi Tengah Indonesia.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong