becak motor (bentor)

14 December 2016 20:10:33 Dibaca : 170

NAMA: Kadek Widiana
NIM : 291416100
Tugas Dasar-Dasar Jurnalistik

Becak Motor (Bentor)
Mungkin sudah banyak orang mengetahui tentang angkutan umum khas Gorontalo bagi khalayak di luar provinsi Gorontalo ini. Ya, angkutan umum ini biasa disebut dengan BENTOR yang merupakan singkatan dari becak motor. Bentor adalah nama sebuah kendaraan roda tiga yang kini populer di Sulawesi khususnya Gorontalo. Saya mengenal moda transportasi ini pertama kalinya pada bulan Juni 2016 di Gorontalo, tepatnya saat saya pertama kali datang ke Gorontalo. Menurut pengamatan saya, bentor ini adalah hasil perkawinan dari becak dan motor.
Bentor di Gorontalo sendiri bukan hanya sekedar paduan becak yang ditempeli motor. Akan tetapi, bentor adalah motor yang diganti kepalanya dengan becak yang dirancang dari besi yang lebih kuat, sehingga mampu memuat hingga tiga orang bahkan lebih dan juga barang-barang berat. Saat ini, kendaraan bentor menjadi terend di Gorontalo, bahkan menurut pengamatan saya, bentor merupakan kendaraan yang paling banyak di Gorontalo. Keberadaanya mampu menyaingi angkutan umum lainnya, karena rancangannya yang kuat maka jarak tempuhnya pun bisa sampai sangat jauh. Menurut beberapa penumpang bentor yang tinggal di Asrama Nusantara 1 Universitas Negeri Gorontalo, mereka lebih dominan menggunakan bentor untuk pergi ke tempat umum seperti kampus dan lain-lain, karena mudah memasuki akses yang sulit dimasuki oleh mobil angkot.
Kalau anda datang ke Gorontalo, maka sangat tepat bagi anda untuk menggunakan kendaraan ini, dan tentunya harganya pun murah meriah. Anda pun dapat merasakan sensasi hamparan angin yang langsung menerpa muka anda saat naik bentor seperti yang saya rasakan. anda bisa membawa barang yang cukup banyak di kendaraan ini. Dan belum komplit rasanya kalau berkunjung ke Gorontalo dan belum sempat naik bentor. Kendaraan inipun tidak sulit ditemukan. Ketika anda datang ke Gorontalo, anda cukup menggunakan bentor untuk keperluan anda baik jarak dekat maupun jarak jauh. Bahkan tengah malam sekalipun anda mudah menemukan kendaraan ini, karena pengemudinya hingga larut malam melayani penumpangnya.
Tapi perlu anda ketahui, bentor adalah salah satu kendaraan bermotor yang tidak memiliki sistem pengereman di roda depan, sistem pengeremannya hanya ada satu di roda bagian belakang bentor. Hal ini pasti menyulitkan saat pengendara melakukan pengereman yang tiba-tiba atau saat berhenti di turunan jalan. Hal ini membuat penumpang termasuk saya sendiri menjadi sedikit was-was. Karena jika terjadi tabrakan, otomatis penumpang akan menjadi orang yang paling dirugikan. Sebab seolah-olah penumpang dimanfaatkan menjadi tameng untuk kendaraan dan pengemudi di belakangnya.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll