Mau tahu format penulisan buku ajar? Klik artikel ini!

17 September 2017 21:14:41 Dibaca : 23

Format Penulisan Buku Ajar

Oleh:

Moh. Adi Efendi Hasan & Friska Krismawati Rahayu Monintja

Format penulisan buku ajar dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian luar dan bagian dalam. Secara umum, bagian luar buku ajar hampir sama dengan bagian luar buku referensi atau monograf.
Pembeda utamanya adalah pada bagian batang tubuh, di mana setiap Bab dan sub Bab Buku ajar disesuaikan dengan RPS mata kuliah. Di samping itu, terdapat dinamika kelas yang dibuat dalam buku ajar. Format standar penulisan buku ajar adalah sebagai berikut:


I. Bagian Luar Buku
1. Cover Depan
a. Judul Utama
b. Sub Judul/ Anak Judul

Ini dapat dijadikan pembeda dengan buku lain untuk keperluan peningkatan pasar buku. Mengingat akan menulis Buku Ajar, judul utama buku biasanya memiliki konotasi kuat dengan mata kuliah yang diampu.
Berhubung mata kuliah di satu program studi biasanya juga ada pada prodi atau perguruan tinggi yang lain, pemberian anak judul menjadi strategi yang menunjukkan pembeda buku yang ditulis dengan buku sejenis pada umumnya.
c. Nama Penulis
d. Nama Penerbit (jika akan diterbitkan)


2. Punggung Buku
a. Judul Utama
b. Nama Penulis
c. Nama Penerbit


3. Cover Belakang
a. Judul Utama
b. Anak Judul
c. Nama dan Tentang Penulis
d. Sinopsis
e. Nama dan Alamat Penerbit
f. Nomor ISBN
g. Untuk tingkatan apa buku ini ditulis (misal: pemula, menengah untuk komputer)
Dalam praktiknya, bagian luar buku akan melibatkan penerbit dalam memutuskan bentuk dan isi bagian luar buku. Karena disamping aspek isi dan format, terdapat juga aspek pasar yang harus dipertimbangkan sebelum buku diterbitkan.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong