Assalamualaikum Bissmillahirrohmannirrohim Tugas Selesai:)

04 February 2020 11:53:33 Dibaca : 1822

STRATEGI MEDIA

 

REVIEW  JURNAL ILMIAH TENTANG TEORI YANG BERKAITAN DENGAN STRATEGI MEDIA

 

 

1.     Judul jurnal                  : Jurnal Imiah Manajemen Ubhara

 

2.     Judul                             : Kegiatan Press Tour Sebagai Strategi Media Relations

 

3.     Volume                          : Volume 6 No. 1

 

4.     Tahun                            : 2019

 

5.     Penulis                           : Titin Suhartini, Kadek Maria Elvira

 

6.     Riviewer                        : Meydi Ayu Lestari Zees

 

7.     Tanggal terbit jurnal    : 15 April 2019

 

 

PENDAHULUAN

Kegiatan press tour didalam PT. Pos Indonesia yang dilakukan oleh praktisi public relations (PR) tidak mengunjungi tempat wisata, namun press tour yang dilakukan oleh praktisi PR merupakan kegiatan yang mengundang para media untuk memberikan informasi yang terbaru akan PT. Pos Indonesia. Press tour merupakan cara untuk PR mendekatkan diri dengan media terutama para jurnalis. Press tour rutin diselenggarakan disetiap tahun tetapi terkadang dua kali dalam setahun, tergantung adanya perubahan yang ingin ditunjukkan pada media. Press tour akan diselenggarakan jika memang adanya suatu perubahan dan perkembangan yang baru. Kegiatan press tour PT. Pos Indonesia tidak sekedar jalan – jalan saja melainkan adanya pesan yang ditunjukkan pada media sehingga media dapat memberitakan informasi yang terbaru mengenai perusahaan. Didalam kegiatan press tour adanya suatu strategi yang membuat kegiatan tersebut berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan perusahaan. Strategi yang membuat para media merasa nyaman dan dapat meningkatkan citra perusahaan. Tujuan dari press tour PT. Pos Indonesia adalah salah satu bagian dari media relations dan menyampaikan informasi atau perkembangan terbaru mengenai perusahaan. Didalam kegiatan press tour adanya penyampaian informasi yang terbaru akan perusahaan dan diberitahukan kepada media dengan tujuan release akan dimuat oleh media sehingga sampai pada sasaran utama yaitu

publik. Dengan adanya penyebaran informasi yang dilakukan oleh pihak media dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap PT. Pos Indonesia. Pada tahun 2016 PT. Pos Indonesia Bandung menyelenggarakan kegiatan Press Tour Launching Kantor Processing Center dan dihadiri oleh 35 media, media tersebut merupakan media cetak, elektronik maupun online tetapi media terbanyak yang hadir adalah media cetak dan media online. Kegiatan press tour ini diselenggarakan di Jalan Soekarno Hatta No.558 bertempat di kantor Processing Center Pos Indonesia yang berada di Kota Bandung. DarI kegiatan press tour ini adanya suatu perubahan dari kantor Processing Center Pos Indonesia dalam peningkatan standarisasi pos menjadi standar internasional. Dari hasil benchmark yangdilakukan oleh tim operasi dan bisnis dimana kantor Processing Center Indonesia yang berada di Kota Bandung sebagai pusat jasa pengiriman logistik maka harus adanya suatu perubahan dengan standar internasional. Strategi dari media relations PT. Pos Indonesia Bandung adalah mengkombinasikan kegiatan media relations secara formal dan informal, walaupun PR Pos Indonesia lebih menyukai informal karena dianggap lebih bisa mengakrabkan dari pihak PR dan para media, selain itu PR dan pihak media mengenal baik satu sama lain secara pribadi dan tentunya memiliki contact person. Kegiatan media relations akan membawa efek yang sangat besar apabila dilakukan dengan menggunakan strategi yang tepat. Kegiatan media relations PT. Pos Indonesia adalah suatu kegiatan yang dibuat oleh perusahaan dan melibatkan pihak dari media massa. Kegiatan media relations PT. Pos Indonesia terdapat dua kegiatan diantaranya kegiatan formal dan informal. Didalam kegiatan media relations formal meliputi media visit, press release, press tour dan kegiatan media relations informal diantaranya kuliner bersama, olahraga bersama, dll.PT. Pos Indonesia merupakan sebuah badan usaha milik negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang jasa pelayanan dan pengiriman pos  Sebagai jasa pelayanan dan pengiriman yang sudah lama ada di Indonesia dan sudah dikenal oleh publiknya tidak membuat PT. Pos Indonesia merasa tenang dikarenakan saat ini banyaknya jasa pelayanan atau pengiriman lain yang ada di Indonesia dan tentunya membuat PT. Pos Indonesia membuat berbagai strategi, salah satunya yaitu strategi media relations yang dapat meningkatkan atau membantu terciptanya citra positif dari publiknya. SalaH satu strategi yang dibuat oleh praktisi PR, antara lain kegiatan media relations. Adanya praktisi PR di dalam PT. Pos Indonesia yang bertugas dalam meningkatkan, memelihara, dan menciptakan citra yang positif dimata publiknya. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi media relations yang dilakukan oleh PR PT. Pos Indonesia melalui kegiatan press tour dalam menciptakan citra positif. Sehingga penelitian ini bertujuan mengkaji dampak positif press tour sebagai strategi media relations.

 

METODE PENELITIAN

 

Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian kualitatif, seorang peneliti menjadi instrument kunci dan peneliti terlibat sepenuhnya dalam kegiatan informan kunci yaitu praktisi public relations PT. Pos Indonesia yang menjadi subjek penelitian dan sumber informasi. Dalam penelitian kualitatif metode yang biasanya dimanfaatkan adalah wawancara pengamatan, dan pemanfaatan dokumen. Menurut Danim, penelitian kualitatif berangkat dari ilmu-ilmu perilaku dan ilmu-ilmu sosial. Esensinya adalah sebagai sebuah metode pemahaman atas interaksinya dengan lingkungan. Peneliti kualitatif percaya bahwa kebenaran adalah dinamis dan dapat ditemukan hanya melalui penelaahan terhadap orang-orang dalam interaksinya dengan situasi sosial kesejahteraan. (Ardianto, 2014) Peneliti melakukan penelitian ini dengan kondisi yang alamiah dan peneliti berperan sebagai instrumen kunci dengan bantuan informan kunci dalam mengumpulkan data – data yang ada di lapangan. Peneliti menggunakan metode kualitatif untuk menggali informasi sedalam mungkin yakni dengan melakukan wawancara langsung dengan para narasumber sehingga mendapatkan jawaban yang alamiah atau benar-benar murni tanpa rekayasa.

 

 

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

Strategi media relations PT. Pos Indonesia melalui kegiatan press tour

 

Strategi media relations PT. Pos Indonesia melalui kegiatan press tour dalam menciptakan citra positif adalah dengan memberikan pelayanan yang baik kepada media, strategi yang dilakukan dengan kerja sama yang baik dalam menyediakan bahan informasi dan setelah kegiatan press tour dilakukan PR PT. Pos Indonesia melakukan penilaian agar mengetahui sejauh mana keberhasilan dari kegiatan yang telah

dilakukan. Menurut Jefkins ada beberapa hal yang harus diperhatikan praktisi atau institusi PR dalam menyelenggarakan media relations adalah memahami dan melayani media dengan memahami bagaimana cara kerja media serta siapa khalayak dari media itu. Seorang PR juga harus melayani media. Maksudnya, seorang PR harus menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh media. (Darmastuti, 2012) Berdasarkan data yang peneliti temukan dilapangan, ada beberapa cara yang dilakukan dalam membuat strategi pelayanan agar media yang hadir merasa nyaman. PR PT. Pos Indonesia memahami media seperti yang dilakukan dalam strategi pelayanan yaitu tepat waktu dalam pelaksanaan kegiatan press tour, dimana PR PT. Pos Indonesia mengetahui bahwa para media memiliki banyak agenda lainnya. Dalam melayani media di kegiatan press tour, PR PT. Pos Indonesia pun meyediakan informasi yang dibutuhkan oleh media seperti hal nya release yang diberikan untuk para media yang hadir dan juga para media diperbolehkan secara bebas dalam meliput dan wawancara dengan sumber informasi terkait.

 

Menurut Ardianto, seorang PR juga harus memikirkan fasilitas yang harus disediakan bagi pekerja-pekerja media. Tujuannya adalah pekerja media merasa nyaman dalam bekerja (Darmastuti, 2012). Peneliti mendapatkan data dilapangan bahwa PR PT. Pos Indonesia memberikan berbagai fasilitas kepada para media yang hadir dengan tujuan agar media merasa nyaman, fasilitas tersebut merupakan goodybag yang berisikan produk dari Pos Indonesia, biaya transport dan juga di sediakannya makanan untuk berbuka puasa. Kegiatan press tour diadakan di Kota Bandung dan pada saat bulan puasa, maka kegiatan press tour di mix dengan acara buka puasa bersama dengan pihak media.

Bulan Ramadhan dijadikan sebagai moment silahturahmi agar tetap menjalin hubungan baik dengan para media. Sama halnya dengan hukum, dalam media juga diberlakukan kode etik. Dalam proses berkomunikasi dengan para media bersifat normatif, dimana PR PT. Pos Indonesia berpegang teguh pada norma atau aturan sesuai dengan kode etik jurnalis dan tentunya tidak melanggar kode etik jurnalis tersebut. Strategi dalam menyediakan bahan informasi bagi para media yang hadir berhasil dilakukan oleh PR PT. Pos Indonesia, sehingga tercapainya tujuan dari kegiatan media relations. Adapun tujuan dari kegiatan media relations PT. Pos Indonesia yakni menjalin hubungan yang baik dengan media dan meningkatkan citra perusahaan dimata publik. Dari segala pemberitaan yang positif terhadap perusahaan akan membentuk citra PT. Pos Indonesia, untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan media massa yang memberitakan segala informasi mengenai kegiatan perusahaan.

 

 

SUMBER:https://mail.google.com/mail/u/1/#inbox/FMfcgxwGDDnRwJTtbjnVlvRfFwMKtFdF?projector=1&messagePartId=0.1

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong