Tugas Strategi Media

04 February 2020 09:51:39 Dibaca : 3880

Judul Jurnal : Jurnal Manajemen Bisnis

Judul : Strategi Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer

Melalui Media Sosial Instagram

Volume : Volume 15, No. 2.

Tahun : 2018 

Penulis : Made Resta Handika, Agus Fredy Maradona, Gede Sri Darma

Riviewer : Sahriyanto Usman

Tanggal terbit jurnal : 2 Mei 2018 

Resume :

Pendahuluan 

 Perkembangnya teknologi informasi dan komunikasi di era modern, banyak dimanfaatkan orang sebagai media untuk mempromosikan produk-produk hasil ciptaan mereka. Semakin banyaknya orang yang dapat mengakses internet proses pemasaran pun semakin mudah dilakukan dan tentunya hal ini memberikan keuntungan tersendiri kepada para produsen karena biaya yang dikeluarkan untuk proses promosi lebih murah dibandingkan dengan menggunakan media cetak.

 Contohnya pada bisnis kuliner. Melihat banyaknya para pengguna internet, berbagai cara baru untuk memasarkan dan mempromosikan bisnis mereka sudah menggunakan media sosial. Dalam hal ini adalah instagram. Seiring berjalannya waktu beberapa orang sudah menyadari bahwa instagram itu bisa dimanfaatkan sebagai media untuk memasarkan suatu produknya, maka dari itu untuk lebih menyempurnakan Instagram itu sebagai media pemasaran harus didukung dengan teori marketing mix, digital dan internet marketing, teori ini sangat diperlukan dan wajib agar pemilik restoran tau bagaimana untuk memulai menggunakan intagram sebagai media marketing. Instagram marketing harus didukung dengan adanya pengarih dari influencer. Influencer adalah orang yang dapat memberikan pengaruh terhadap masyarakat. Contohnya selebritis, blogger, youtuber, atau seorang public figure. Kolaborasi yang dilakukan antara pebisnis kuliner dengan influencer ini tentunya akan sangat membantu.

 

Metode penelitian

 Jenis penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder dengan menggunakan desain penelitian Kualitatif. Populasi yang akan digunakan oleh peneliti adalah Owner The Night Market Café & Co-Working Space dan Pengunjung The Night Market Café & Co- Working Space yang sesuai dengan tujuan dan manfaat penelitian. Pertimbangan yang dimaksud berupa pemahaman terhadap masalah yang diteliti serta dianggap paling tahu

mengenai hal yang peneliti harapkan. Jumlah informan pada penelitian ini berjumlah 9 orang (3 Owner dan 6 Pengunjung). Sampel yang akan didapatkan dengan menggunakan Teknik purposive sampling dimana pengambilan sampel/informan yang didasarkan pada pertimbangan tertentu sesuai dengan tujuan dan manfaat penelitian. Pertimbangan yang dimaksud berupa pemahaman terhadap masalah yang diteliti serta dianggap paling tahu mengenai hal yang peneliti harapkan. Tehnik pengumpulan data dapat dilakukan dengan cara interview (wawancara), kuesioner (angket), observasi (pengamatan), dan gabungan dari ketiganya, Secara langsung dari responden yang terpilih sebagai sampel, dimana meliputi data identitas responden.

 

Hasil penelitian

 Hasil penelitian yang didapatkan dari sisi Owner The Night Market Café & Co-Working Space adalah informan 1 ini sudah menerapkan marketing mix dengan baik dan sudah memikirkan strategi untuk jangka pendek dan jangka panjang untuk The Night Market Café & Co-Working Space kedepannya. The Night Market Café & Co-Working Space tidak hanya menggunakan satu pendekatan, informan mengkombinasikan beberapa pendekatan baik konvensional maupun digital, dan baru-baru ini informan mulai mengembangkan strateginya lagi dengan memanfaatkan marketing mix yang dikolaboprasikan dengan dunia digital. Alhasil memberikan dampak yang sangat positif terhadap The Night Market Café & Co-Working Space, jika informan tidak melakukan strategi ini tentu The Night Market Café & Co-Working Space akan terkalahkan oleh jaman dan berakhir tutup. Setelah menjalankan strateegi tersebut informan mulai memaanfaatkan Influencer untuk lebih meningkatkan penjualan dan mempromosikan The Night Market Café & Co-Working Space ke kalangan public. Influencer yang digunakan dari luar kota hingga dalam kota.

 Hasil penelitian dari sisi pengunjung The Night Market Café & Co-Working Space yaitu dari informan 2 sampai 7 memberikan hasil yang sama pada pertanyaan mereka mengetahui The Night Market Café & Co-Working Space ini dari Instagram. Alasan informan mau berkunjung ke The Night Market Café & Co-Working Space adalah dikarenakan faktor tempat diurutan pertama lalu influencer, promosi dan pproduk. Terakhir informan tetap akan berkunjung kembali dikarenakan informan sudah nyaman dengan suasana tempatnya yang membuat mereka untuk berkunjung kembali dan The Night Market Café & Co-Working Space ini selalu berinovasi dalam makanannya sehinga membuat informan untuk sselalu berkunjung kembali.

 

Pembahasan 

 Owner dari The Night Market Café & Co-working Space yaitu The Night Market Café & Co-working Space ini sudah menggunakan jasa influencer sebegai strategi untuk mempromosikan bisnis mereka. Mereka sudah sangat memanfaatkan media sosial untuk kegiatan marketing, dalam hal ini adalah instgram. Hal ini sesuai dengan teori yang dikemukakan oleh Gunelius, (2011). “Social media marketing bentuk pemasaran langsung atau tidak langsung untuk membangun kesadaran, dan tindakan untuk sesuatu merek, bisnis, orang, atau badan lain dan dilakukan dengan menggunakan alat-alat dari web sosial.”

 Alasan mereka menggunakan influencer dalam mempromosikan bisnis mereka dikarenakan secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh dalam pembelian produk. Alasan lain mereka menggunakan influencer ini dikarenakan biaya. Dalam proses promosi itu membutuhkan biaya yang sangat banyak. Tetapi seiring perkembangan zaman dengan hadirnya instagram ini bisa lebih menghemat biaya dan tentunya akan langsung kepada konsumen.

 

Kesimpulan

 Strategi pemasaran The Night Market Café & Co-working Space beralih dari cara konvensional ke Instagram marketing karena didasari oleh kemajuan teknologi yang saat ini konsumen lebih condong menggunakan sosial media khususnya Instagram. Selain itu dengan menggunakan sosial media instagram lebih murah biaya promosinya.

 

Link Naskah Jurnal

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong