STRATEGI MEDIA PEMASARAN
Nama : Noval Daud
Nim : 291418015
Kelas : A Semester 4
Mata Kuliah : Strategi media
Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik
Junal strategi media pemasaran di Instagram
Dewi Untari1 , Dewi Endah Fajariana2 1Politeknik Kridatama Email:dew11untari@gmail.com 2STKIP Panca Sakti Email: dewiendah.feupm@gmail.com
Volume 2 No. 2 September 2018 P-ISSN 2550-0805 E-ISSN 2550-0791 http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta
Widya Cipta, Volume 2 No. 2 September 2018
PROFIL PENULIS Dewi Untari, SE., MM Pengajar di Politeknik Kridatama Bandung Lulusan S2 Universitas Winaya Mukti Lulusan tahun 2014 Dewi Endah Fajariana, S.Pd. M.Pd Pengajar di STKIP Panca Sakti Lulusan S2 Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang Lulusan Tahun 2011
PENDAHULUAN :
Penggunaan media baru seperti smartphone semakin berkembang pesat, pengguna smartphone di Indonesia sekitar 100 juta pengguna smartphone aktif pada tahun 2018 menjadikan Indonesia sebagai Negara dengan populasi pengguna smartphone terbesar keempat di dunia setelah China, India dan Amerika Serikat karena dengan smartphone, manusia dapat mengakses semua informasi yang ingin diperoleh termasuk belanja online. Umumnya, masyarakat modern memanfaatkan smartphone sebagai media untuk melakukan kegiatan sehari-hari termasuk belanja kebutuhan sehari-hari dengan cara mendownload aplikasi dari smartphone. Aplikasiaplikasi yang tersedia di smartphone sangat beragam tergantung dari kebutuhan masyarakat itu sendiri.Masyarakat, mayoritas memanfaatkan aplikasi transportasi online, belanja online dan media sosial.Instagram merupakan salah satumedia sosial yang memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis. Sampai saat ini, Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna dan setiap harinya sekitar 60 juta foto dibagikan dan dapat memberikan 1,6 milyar likes. Instagram merupakan aplikasi yang paling popular yang bergunauntuk membagikan foto dan video. Media sosial Instagram di ketahui telah banyak ada di sekitar kita.Segala kalangan masyarakat pun bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini.Adapun perbedaan dengan penjual dari mulut ke mulut yang tidak menggunakan aplikasi untuk mencari pembeli hanya bermodal tawaran saja.Ini menjadi salah satu alasan mengapa Instagram memiliki berbagai manfaat untuk para pebisnis guna membangun dan mengembangkan brand suatu bisnis. Dilihat dari hasil penjualan periode pertama dapat dinilai cukup baik meskipun masih jauh seperti yang diharapkan. Subur Batik mengharapkan omset penjualan batik seperti batik-batik yang lain dengan omset tinggi, jadi tidak akan bisa dihindari masalah-masalah yang dihadapi oleh pemilik akun Subur Batik ini, sebagai berikut:Masih banyak masyarakat yang belum mengenal produk Subur Batik; Memerlukan biaya promosi yang tinggi; Laba/ keuntungan yang masih Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram(Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik) 272 Dewi Untari, Dewi Endah Fajariana dibawah harapan pebisnisBerawal dari masalahmasalah di atas, Subur Batik memerlukan strategi pemasaran yang tepat untuk mempromosikan batiknya.Berikut data hasil penjualan subur batik sebelum menggunakan media sosial instagram:
Pengertian Strategi PemasaranMaka dari itu, Subur Batik menggunakan media sosial sebagai strategi pemasaran batiknya.Strategi pemasaran tersebut sejalan dengan pendapat Dan Zarella (2010), media sosial marketing adalah strategi kegiatan pemasaran menggunakan situs-situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan sebagainya. Media sosial merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mempromosikan produk barang dan jasa yang kita miliki melalui internet marketing. Caranya mudah sederhana tetapi memiliki efek yang luar biasa
Strategi Pemasaran pada dasarnya adalah suatu rencana yang menyeluruh serta terpadu dan menyatu dibidang pemasaran barang dan jasa.Dengan perkataan lainnya strategi pemasaran itu adalah serangkaian tujuan dan sasaran kebijakan, serta aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran barang dan jasa.Strategi Pemasaran adalah wujud rencana yang terarah dibidang pemasaran, untuk memproleh suatu hasil yang optimal. Strategi pemasaran menurut Kotler (2000:93) mengatakan bahwa.“Strategi pemasaran adalah logika pemasaran dan berdasarkan itu unit bisnis diharapkan untuk mencapai sasaran-sasaran pemasaran, strategi pemasaran terdiri dari pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran dari perusahaan”.
Media Sosial Kaplan dan Haenlin (2010) mendifinisikan Media Sosial adalah suatu grup aplikasi berbasis internet yang menggunkan ideologi dan tehnologi Web 2.0, dimana pengguna dapat membuat atau bertukar informasi pada aplikasi tersebut.Beberapa media sosial yang sangat digemari dan memiliki jutaan pengguna di Indonesia adalah Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, Blog, dan lainnya. Sosial media memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dengan jutaan pengguna lainnya (Williams dkk. 2012). Bagi para pemasar hal ini merupakan suatu potensi dan kesempatan yang sangat besar untuk digunakan sebagai salah satu alat komunikasi pemasaran.Sosial media memungkinkan berbagi informasi antara pengguna menjadi lebih mudah (Akrimi dan Khemakem. 2012). Dengan potensi yang besar dan telah banyak digunakan oleh perusahaan besar akan terdapat pertanyaan yang menjadi topik pada kajian ini, yaitu apa saja antecedants dan consequences para pemasar menggunakan media sosial sebagai alat komunikasi pemasaran.
Media Sosial Marketing
Menurut Drury Veby Zilfania, (2014: 17) menyebutkan bahwa penggunaan social media sudah mulai sering digunakan dalam pemasaran, komunikasi publik, kantor atau departemen yang berhubungan langsung dengan konsumen atau stakeholder. Dalam bisnis juga social media adalah salah satu saluran yang mendukung komunikasi dalam memasarkan barang dagangan secara cepat dan menguntungkan dibandingkan dengan menjual langsung ke pasar.Penggabungan social media dengan pemasaran adalah untuk mendukung kinerja pemasaran seiring perkembangan teknologi dan informasi. Social media marketing adalah sebagai sebuah proses yang memberdayakan individu dan perusahaan untuk mempromosikan website mereka, produk atau layanan online dan melalui saluran sosial untuk berkomunikasi dengan sebuah komunitas yang jauh lebih besar yang tidak mungkin tersedia melalui saluran periklanan tradisional. Dikutip dari jurnal As’ad, H. AbuRumman (2014) social media marketing adalah salah satu pemasaran strategi yang di gunakan oleh pembisnis untuk menjadi bagian dari suatu jaringan dengan orangorang melalui internet atau online. Dan menurut Dan Zarella (2010), Social media marketing adalah strategi kegiatan pemasaran menggunakan situs – situs media sosial seperti Facebook, Twitter, Youtube dan sebagainya. Media sosial merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mempromosikan produk barang dan jasa yang kita miliki melalui internet marketing. Caranya mudah sederhana tetapi memiliki efek yang luar biasa.
Menurut Singh (2010) dalam jurnal As'ad, H. AbuRumman yang berjudul The Impact of Social Media Marketing on Brand Equity: An Empirical Study on Mobile Service Providers in Jordan (2014) , Social media marketing memiliki beberapa dimensi, yaitu sebagai berikut:
1. Online Communities Dimana suatu perusahaan atau bisnis dapat menggunakan social media untuk membangun suatu komunitas untuk produk atau bisnis yang di tawarkan.Dimana suatu kelompok tersebut dapat menciptakan loyalitas dan mendorong terjadinya bisnis development.
2. Interaction Melalui facebook dan twitter dapat memberikan suatu notif kepada seluruh follower atau suatu subjek dengan cepat dan terus menerus. (Berselli, Burger, & Close, 2012).Dengan menggunakan jaringan sosial dapat menciptakaninteraksi dengan menggunakan broadcasting yang up-to-date, dan konsumen dapat dengan mudah mendapatkan informasi. (Fischer & Reuber, 2011)
3. Sharing of Content Dimensi yang di gunakan sebagai media pertukaran informasi, mendistribusi, dan mendapatkan konten melalui social media, contoh: seperti newletter, fitur pesan, dan sebagainya.
4. Accessibilit Social media dapat di akses dengan mudah dengan biaya yang relatif murah bahkan tidak mengeluarkan uang dalam penggunaannya.pengetahuan untuk mengakses situs tersebut. (Taprial & Kanwar, 2012)
5. Credibility Mengenai bagaimanakah suatu perusahaan untuk membuat dan menyampaikan pesan dengan jelas kepada konsumen, membangun kredibilitas mengenai apa yang di aktakan perusahaan dan berusaha untuk membangun hubungan emosional dengan target pasar, memotivasi terjadinya pembelian dan mendorong terjadinya loyalitas konsumen. Selain itu social media merupakan suatu platform dalam untuk suatu bisnis dan dapat berhubungan dengan konsumen secara langsung dalam skala yang besar dan meningkatkan kepercayaan serta menanggapi saran atau kritik dari konsumen.(Taprial & Kanwar, 2012)
Pengertian Instagram
Pengertian Instagram: Instagram berasal dari kata “instan” atau “insta”, seperti kamera polaroid yang dulu lebih dikenal dengan “foto instan” (Pengertian instagram, 2012, dalam http://.id.wikipedia.org./wiki/instagram, diakses pada tanggal 04 Januari 2016). Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara instan dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata “gram” berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegram adalah untuk mengirimkan informasi kepada orang lain dengan cepat.
Pemanfaatan Instagram
Pemanfaatan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (2003: 711) yang menyebutkan bahwa “pemanfaatan mengandung arti yaitu proses, cara, dan perbuatan memanfaatkan sesuatu untuk kepentingan sendiri”. Sedangkan media sosial menurut Philip Kotler dan Kevin Keller (2012:568), adalah sarana bagi konsumen untuk berbagi informasi teks, gambar, audio, dan video dengan satu sama lain dan dengan perusahaan danterlibat langsung dalam mempromosikan subur batik. Yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah pemilik subur batik cabang Bandung, operator sosial media sekaligus marketing dan konsumen subur batik.Dengan jumlah informan sebanyak 5 informan. Berikut rincian informan penggunaan sosial media instagram sebagai strategi pemasaran subur batik 1 pemilik cabang Bandung, 1 operator sosial media sekaligus marketing dan 3 konsumen subur batik.
Media Sosial Instagram
Instagram yang merupakan sebuah aplikasi berbagi gambar kini telah berkembang menjadi salah satu alat pemasaran yang paling efektif dalam menjual produk subur batik.Efektivitas ini tak lepas dari gambar yang di bagikan melalui akun Instagram tersebut. Kekuatan visual dianggap lebih mempunyai daya tarik untuk membawa konsumen melakukankonversi dibandingkan dengan cara lainnya.Dengan modal akun Instagram, subur batik bisa meraih omzet ±jutaanrupiah dengan tahapantahapan penjualan melalui media sosial sebagai berikut:
1. Fiturbaru Instagram,
yakni InstaStory yang bisa membantu seller untuk berinteraksi dengan calon konsumen secara langsung. Karena biasanya, konsumen memang cenderung mencari online shop yang memberi pelayanan terbaik, selalu merespon komentar atau pesan dan menjalin hubungan baik dengan konsumen. Adanya fitur Instagram tersebut sangat membantu seller untuk memahami keinginan konsumen. InstaStory juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bekerja sama dengan brand lain atau influencer.
2. Produk subur batik
dipromosikan dengan menggunakan foto selebgram yang menggunakan batik dari subur batik, otomatis masyarakat akan banyak melihat produk, mengingat jumlah followersyang di miliki oleh selebgram @daniel_darryan12 sebanyak 107K dan dikenal banyak orang.Masyarakat yang tertarik juga akan mencari tahu online shop yang menjual produk tersebut, dengan klik akun online shop yang di tag di foto dan kemungkinan followerssubur batik juga akan bertambah sehingga brand subur batik akan banyak dikenal oleh masyarakat.
KESIMPULAN
Kesimpulan dari penelitian ini adalah meningkatnya hasil penjualan sebelum mengunakan instagram subur batik dalam satu bulan hanya menjual 70 kain batik dengan keuntungn Rp 10.000 untuk 1 buah kain batik maka dalam satu bulan subur batik hanya mendapat keuntungan sebesar Rp 700.000. Setelah mengunakan penjualan melalui media sosial instagram akun subur batik mengalami peningkatan dilihat dari tabel dalam satu bulan subur batik dapat menjual 200 sampai 500 kain batik. Karena media sosial merupakan salah satu cara yang ampuh untuk mempromosikan produk barang dan jasa melalui internet marketing. Caranya mudah sederhana tetapi memiliki efek yang luar biasa.Dengan 700 juta pengguna aktif setiap bulannya, kekuatan dan jangkauan Instagram memang tidak dapat disangkal.Instagram memang dimulai sebagai aplikasi foto sederhana. Tetapi sekarang, Instagram telah mengalami banyak perubahan dan menjadi sebuah platform yang memungkinkan pengguna membangun identitas visual bisnis mereka. Penting untuk diingat bahwa pengguna Instagram menghargai konten berkualitas tinggi. Foto dan video yang memberi audiens informasi menarik dengan cara baru dan unik. Dengan mengoptimalkan konten subur batik yang berisi tulisan nada menghibur hingga mendorong keterlibatan pelanggan.Mungkin ide untuk menciptakan dan mengelola platform yang menangkap identitas visual merek subur batik terdengar mengintimidasi pada awalnya. Namun akan membuat Instagram menyenangkan dan mudah.
Akrimi, Y., & Khemakem, R. 2012. What Drive Customers to Spread The Word in Social Media. Journal of Marketing Research and Case Studies.
As'ad, H. Abu-Rumman. 2014. The Impact of Social Media marketing on Brand Equity: An Empirical Stuqy on Mobile Service Providers in Jordan. Journal Society of Interdiciplinary BusinessResearch Vol. 3 No. 1 ISSN: 2304- 1013;2304-1269.
Atmoko, Bambang Dwi. 2012 Instagram Handbook. Jakarta:
Media Kita Basu Swastha DH, 2002. Pengantar Bisnis Modern.Edisi 3.Yogyakarta : Liberty. Djaslim Saladin dan Yevis Oesman, 2003.Manajemen Pemasaran :
Analisis, Perencanaa, Pelaksanaan dan Pengendalian.Bandung : Linda Karya