STRATEGI MEDIA PEMASARAN ONLINE
STRATEGI MEDIA
Tugas Individu
Oleh :
Mohamad Agil Djusman Lahiya
(291418077)
Judul Jurnal: STRATEGI PEMASARAN MELALUI MEDIA SOSIAL DAN MINAT BELI MAHASISWA
Judul : STRATEGI PEMASARAN MEDIA SOSIAL
Volume : Vol 1, No 2 (2015)
Tahun : 2015
Penulis : Dewi Kurniawati, Nugraha Arifin
Reviewer : Mohamad Agil Djusman Lahiya
Tanggal Terbit Jurnal : September 2015
1. Latar Belakang
Pentingnya sebuah media menjadikan berbagai cara untuk menghasilkan cara beriklan yang baik. Pemahaman akan jenis media, efektivitas media, perencanaan media dan cara pemasangan media menentukan bagaimana sebuah iklan dapat tersampaikan secara komunikatif kepada khalayak/audience.
perkembangan zaman yang sudah semakin modern mendorong perubahan sistem, baik secara langsung maupun tidak langsung, seperti sistem perdagangan, cara bertransaksi dan sistem pemasaran. Bisnis dan perdagangan melalui internet semakin diminati dan berkembang cukup pesat. Produk kecantikan bertumbuh subur. Produsen berlomba-lomba menawarkan keunggulan produk seperti produk yang menawarkan kulit putih, mulus, bebas jerawat dan noda, selalu diburu konsumen. Persaingan bisnis semakin ketat apalagi kosmetik impor masuk ke Indonesia dengan menjanjikan kualitas dan harga terjangkau. Maka dari itu, saya tertarik untuk mengetahui: Pengaruh Sikap Pada Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Produk Kecantikan Melalui Instagram (Studi kasus pada konsumen terhadap minat beli melalui situs instagram).
2. Tujuan
Dengan melihat pokok permasalahan diatas maka, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji sikap konsumen khususnya para mahasiswa pada situs instagram terhadap minat beli dan untuk meningkatkan pemahaman terkait dengan strategi media
3. Metodologi
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional. Penelitian dilakukan untuk mengetahui tentang ada tidaknya dan kuat lemahnya hubungan variabel yang terkait dalam suatu objek atau subjek yang diteliti. Hubungan antarvariabel digunakan untuk mengetahui tingkat hubungan yang ada sehingga peneliti dapat mengembangkannya sesuai
dengan tujuan penelitian.
4. Hasil
Minat beli adalah tahap kecenderungan responden untuk bertindak sebelum keputusan membeli benar-benar dilaksanakan (Kotler, 2000: 55). Minat pembelian dapat menunjukkan seberapa besar kemungkinan bahwa individu akan membeli produk. Instensitas membeli atau minat beli merupakan suatu proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh konsumen sebelum mengadakan pembelian atas produk yang ditawarkan atau yang dibutuhkan oleh konsumen tersebut. Hal ini dapat diartikan bahwa semakin positif sikap mahasiswi dalam berbelanja produk kecantikan secara on line melalui isntagram maka akan memberikan pengaruh terhadap minat belanja pada media sosial instagram tersebut. Media sosial instagram saat ini semakin banyak digunakan konsumen untuk review suatu produk sehingga pertimbangan mengkonsumsi produk dan jasa akan dipengaruhi oleh media tersebut. Sikap positif mahasiswa ditentukan oleh testimoni percakapan yang terdapat dalam instagram tersebut. Percakapan atau conversation menjadi tolak ukur kinerja produk dalam media sosial karena melalui conversation yang positif dan banyak direkomendasikan untuk dibeli, maka akan membentuk sikap konsumen yang positif sehingga konsumen akan tertarik dengan merek tersebut dan membelinya. Sementara apabila conversation yang terpapar pada instagram tersebut negatif maka sikap mahasiswi juga akan negatif dan tentu saja testimoni tersebut dapat melemahkan merek dan bahkan mendorong orang lain untuk tidak membeli merek tersebut
5. Kesimpulan
Di zaman yang sudah sangat berkembang ini pemasaran tidak hanya dilakukan dengan memasang iklan di televisi, radio maupun media cetak, pemasaran juga dilakukan dengan menggunakan new media (internet) seiring dengan semakin canggihnya teknologi. Pemasaran online adalah pemasaran yang dilakukan melalui sistem komputer online interaktif, yang menghubungkan pembeli dan penjual secara elektronik dengan cara melaui website, blog atau media sosial seperti facebook dan twitter. Selain itu dampak positif dan negatif pemasaran media online harus di perhatikan agar pemasaran online yang telah disusn berjalan dengan lancar dan berhasil.
Sumber: http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika/article/view/200/162