STRATEGI MEDIA PT ANGKASA PURA I , JURNAL ILMU KOMUNIKASI

04 February 2020 14:12:03 Dibaca : 1838

STRATEGI MEDIA

TUGAS INDIVIDU

Oleh :

Nadiah Maharani – 291418094

 

1.     Judul jurnal               : Strategi Media Relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I

                                           Gusti Ngurah Rai Dalam Peristiwa Gunung Agung 2017

2.     Judul                         : Jurnal E-Komunikasi

3.     Volume                      : VOL.6 NO.2

4.     Tahun                        : 2018

5.     Penulis                      : Indriani, Yustisia Ditya Sari, Titi Nur Vidyarini

6.     Reviewer                   : Nadiah Maharani

7.     Tanggal terbit jurnal   : -

8.     Hasil riview                :

·      Latar Belakang 

Indonesia merupakan negara yang berada di kawasan tropis yang dilalui garis khatulistiwa. Indonesia sendiri terkenal dengan puluhan ribu pulau dan memiliki ratusan Gunung berapi yang sampai saat ini masih aktif.Gunung Agung kembali meletus pada bulan November tahun 2017. Dampak yang ditimbulkan oleh meletusnya Gunung Agung pada tahun 2017 yaitu ditutupnya operasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai selama beberapa hari. Pada saat ini, teknologi semakin berkembang dengan pesat. Dengan perkembangan teknologi yang pesat tersebut, kemungkinan untuk mencari dan menerima informasi sangatlah mudah. Informasi tersebut akan mudah didapatkan dimanapun dan kapanpun. Tidak hanya informasi dari dalam negeri, kita juga dapat dengan mudah mengakses informasi dari seluruh dunia. Dengan mudahnya informasi yang diterima oleh masyarakat, kini opini publik tidak hanya dapat dibentuk melalui word to word.

·       Tujuan

PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan perusahaan pengelola Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Peristiwa Gunung Agung mengakibatkan krisis terhadap PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai yakni dengan ditutupnya operasional Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai. Pada saat krisis dibutuhkan strategi dalam penanganan media massa sehingga PT Angkasa Pura I (Persero) melakukan strategi media relations pada saat peristiwa Gunung Agung. Media relations bisa diartikan sebagai bagian dari Public Relations eksternal yang membina dan mengembangkan hubungan baik dengan media massa sebagai sarana komunikasi antara organisasi dengan publiknya untuk mencapai tujuan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi

media relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dalam peristiwa Gunung Agung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi media relations yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai dalam peristiwa Gunung Agung yakni dengan menyediakan fakta dan melakukan kordinasi dengan berbagai instansi, penyampaian informasi kepada media, dan penyediaan fasilitas media center untuk mendukung media.

·       Metodologi

Metode Konseptualisasi

Penelitian Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus yang artinya dalam penelitian ini yaitu dengan mengumpulkan data dan menganalisa suatu kasus tertentu dalam hal ini yaitu tentang bagaimana Strategi Media Relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam peristiwa Gunung Agung 2017 dengan menggunakan metode studi kasus.

 

Menurut Robert K. Yin (2011: 13) studi kasus adalah suatu inkuiri empiris yang menyelidiki fenomena di dalam konteks kehidupan nyata, bilamana batas-batas antara fenomena dan konteks tidak tampak secara tegas atau jelas dan menggunakan berbagai sumber atau multisumber bukti. Pada dasarnya penelitian jenis studi kasus bertujuan untuk mengetahui tentang sesuatu hal secara mendalam. Maka dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi kasus untuk meneliti sebuah kasus fenomena Strategi Media Relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam peristiwa Gunung Agung 2017.

 

Sasaran Penelitian

 

Sasaran penelitian ini adalah Strategi Media Relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai pada Peristiwa Meletusnya Gunung Agung 2017. Adapun yang menjadi sumber penelitian ini adalah Operational Manager, Communication and Legal Section Head PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai maupun staf yang berhubungan dengan media, wartawan media massa dan redaktur media massa.

 

Analisis Data

 

Analisis data dilakukan setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul dan dirasa cukup untuk mendukung penelitian. Namun apabila pada proses analisa terdapat data yang dirasa mendukung topik penelitian yang diangkat, tidak menutup kemungkinan data tersebut menjadi data tambahan. Dalam penelitian fenomena komunikasi strategi media relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara I Gusti Ngurah Rai dalam Peristiwa Gunung Agung 2017, teknik analisa data yang digunakan yaitu teknik analisa data kualitatif.

 

Analisis data dimulai dengan menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu wawancara, dokumen pribadi, dokumen resmi, gambar, foto dan sebagainya. Setelah dibaca, dipelajari, dan ditelaah, langkah berikutnya ialah mengadakan reduksi data yang dilakukan dengan jalan rangkuman yang inti, proses dengan pernyataan-pernyataan yang perlu dijaga sehingga tetap berada didalamnya. Langkah selanjutnya ialah menyusunnya dalam satuan-satuan. Satuan-satuan itu dikategorisasikan pada langkah berikutnya. Kategori-kategori itu dibuat sambil melakukan koding. Tahap akhir dari analisis data ini adalah mengadakan pemeriksaan keabsahan data. Setelah tahap ini mulailah tahap penafsiran data dalam mengelolah hasil sementara menjadi teori substansive dengan menggunakan metode tertentu (Moleong, 2007:247)

 

·       Kesimpulan

Humas atau Communication and Legal Section PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar

Udara I Gusti Ngurah Rai melakukan media relations pada saat terjadinya peristiwa

Gunung Agung dengan tujuan untuk mendapatkan publikasi dari media massa. PT

Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai kemudian melakukan

strategi media relations. Strategi diurunkan menjadi penyediaan fakta dan kordinasi

dengan pihak terkait, penyampaian informasi kepada media, dan penyediaan

fasilitas media center untuk mendukung media.

 

Untuk penelitian selanjutnya diharapkan untuk tidak hanya meneliti strategi media

relations yang dilakukan oleh Public Relations PT Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai namun dapat melakukan penelitian lainnya seperti evaluasi kegiatan media relations

9.     Sumber Jurnal Asli

 

http://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/8310/7504

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong