Review Microsoft Word, Excel, Powerpoint.
Microsoft word adalah perangkat lunak atau aplikasi pengolah kata yang diluncurkan sebagai produk untuk meningkatkan pasar Microsoft dalam bisnis paket perangkat lunak produktivitas kantor. Dengan Microsoft Word kita bisa melakukan berbagai kegiatan dalam hal tulis-menulis. Beberapa manfaat dan juga kegunaan Microsoft Word, sebagai berikut:
1. Membuat dokumen
Kegunaan utama dari Word adalah membuat dokumen. Word membantu penggunanya untuk membuat dokumen yang rapi, tertata, sesuai keinginan penggunanya. Dokumen bisa berupa laporan, tugas sekolah maupun kuliah, formulir, tabel, hingga bentuk cerita.
2. Mengoreksi kata
Sebagai aplikasi pengolah kata, Word memiliki fitur koreksi kata-kata dalam berbagai bahasa untuk menghindari salah penulisan maupun ejaan. Word juga bisa mengubah satu kata yang sama pada seluruh dokumen secara bersama-sama dan juga menemukan suatu kata secara cepat.
3. Membuka dan membuat berbagai format dokumen
Seiring dengan berjalannya waktu, Word tidak hanya membuka file format .docx saja, melainkan sudah dapat membuka dan membuat file dengan ekstensi yang lebih beragam, seperti .dot, .html, .pdf, .txt, .wpd, .xml, dan .xps.
Berikut ini adalah tampilan dari beberapa tab beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word 2007:
A. Home
Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan editing serta clipboard.
B. Insert
Tab ini digunakan untuk memasukkan instruksi-instruksi ke dalam dokumen. Menu insert terdiri dari : Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
C. Draw
Tab menu draw atau drawing pada microsoft word adalah sebuah fitur untuk membuat dokumen bergambar, maupun ilustrasi buku. Terdapat 4 group, dalam menu draw microsoft word meliputi: Tools, Pens, Convert, dan Insert yang ber-fungsi sebagai alat dalam menggambar secara digital.
Dikutip dari Buku Pintar Microsoft Excel (2009) oleh Osdirwan Osman, Microsoft Excel adalah program aplikasi dari Microsoft yang digunakan untuk mengolah angka. Penyajian serta pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan secara cepat dan akurat untuk keperluan informasi kuantitatif, seperti angka, tabel atau grafik. Excel memiliki bentuk lembaran dengan tabel yang besar atau sering disebut spreadsheet. Fungsi utama dari Microsoft Excel adalah pengolahan daya yang bersifat numerik atau angka.
Beberapa fungsi spesifik dari Microsoft Excel yaitu:
1. Pembuatan daftar nilai dan daftar hadir
2. Melakukan operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan mencari rata-rata
3. Untuk membuat daftar laporan keuangan
4. Perhitungan kurs mata uang
5. Untuk membuat penyajian data lebih tepat, rapi serta akurat
6. Melakukan perhitungan secara otomatis dengan menggunakan rumus serta logika
7. Pembuatan grafik serta tabel, diagram batang, diagram garis, serta diagram lingkaran
8. Membantu penyelesaian soal logika dan matematika
Beberapa tab yang ada pada Microsoft Excel:
A. Formulas
Formula merupakan menu inti dari aplikasi Ms. Excel yang berfungsi untuk melakukan perhitungan-perhitungan dalam suatu cells atau range.
B. Data
Secara umum, fungsi menu Data adalah untuk melakukan pengolahan data yang diambil dari data eksternal. Ini merupakan salah satu keunggulan MS. Excel karena mampu mensinkronkan data dari workbook lain.
C. Review
7 Fungsi Review pada Microsoft Excel1. Memeriksa tata bahasa dokumen yang sedang dibuat, meliputi kesalahan pengetikan (typo), kata baku, dan menampilkan statistik jumlah penggunaan formula, cell maupun tabel.2. Meninjau lembar kerja dengan menampilkan pemicu yang menyebabkan kesalahan dokumen seperti perintah Merge, atau Sheet tanpa nama.3. Mencari penjelasan berupa pengertian atau gambar dari text yang diseleksi.4. Menerjemahakan dokumen dengan otomatis secara online tanpa harus keluar dari software excel.5. Menambahkan catatan pada cell.6. Mengatur privasi sheet, maupun dokumen dengan passowrd, dan mengunci range agar tidak bisa diedit.7. Menyembunyikan cell atau range tertentu agar tidak muncul saat dicetak.
Microsoft Powerpoint adalah sebuah program aplikasi microsoft office yang berguna sebagai media presentasi dengan menggunakan beberapa slide.Aplikasi ini sangat digemari dan banyak digunakan dari berbagai kalangan, baik itu pelajar, perkantoran dan bisnis, pendidik, dan trainer.Kehadiran powerpoint membuat sebuah presentasi berjalan lebih mudah dengan dukungan fitur yang sangat menarik dan canggih. Fitur template/desain juga akan mempecantik sebuah presentasi powerpoint.
Kegunaan atau fungsi dari ms powerpoint adalah sebagai berikut :1. Sarana untuk mempermudah sebuah presentasi.2. Membuat sebuah presentasi berbentuk softcopy sehingga dapat diakses oleh berbagai perangkat komputer.3. Membuat presentasi dalam bentuk slide yang menarik dan cantik dengan dukungan fitur audio, video, gambar dan animasi serta template/desain yang akan dipergunakan.4. Mempermudah dalam membuat, mengatur dan mencetak berbagai slide.
Beberapa tab yang ada pada Microsoft Powerpoint:
A. Transitions
Transitions berfungsi untuk memainkan transisi di slide presentasi yang sudah dibuat.
B. Animations
Animations pada aplikasi PowerPoint berfungsi untuk memberi dan mengatur efek animasi pada objek yang telah dimasukkan kedalam slide presentasi.
C. Slide Show
Slide Show adalah menu yang terdapat pada power point yang memiliki fungsi utama untuk mengatur tampilan slide presentasi, seperti pada slide ke berapa dimulai presentasi, hingga susunan atau urutan slide presentasi.
Pengalaman PKKMB 2022
Pengalaman PKKMB saya sangat mengesankan, Karena saya mendapatkan banyak ilmu disana. Mulai dari hari pertama yaitu PKKMB Universitas sampai hari ketiga. Di hari ketiga PKKMB kita diberi materi oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. Di hari keempat kita sudah di Fakultas masing-masing. Saya di Fakultas Ilmu Sosial. Pada hari kelima yaitu hari terakhir kita sudah di Jurusan masing-masing, saya di Jurusan Ilmu Komunikasi. Haha Hoho