Seni dalam Kehidupan Manusia

27 February 2013 10:19:38 Dibaca : 164

Seni...

Dalam benak kita sudah terbayang bahwa seni adalah sebuah keindahan yang ada dalam diri manusia. Seni dapat diartikan sebagai hasil karya sesorang yang ditampilkan dalam media dan diwujudkan dalam keindahan, jika kehidupan manusia tidak memiliki keindahan diibaratkan sebagai pohon yang telah mati. Menurut Ki Hajar Dewantara, seni merupakan perbuatan manusia yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah sehinga dapat menggerakkan jiwanya. Berdasarkan penelitian para ahli menyatakan seni/karya seni sudah ada sejak 60.000 tahun yang lampau.

Ada beberapa macam unusr seni yaitu: seni rupa, seni terapan, seni musik, seni tari, seni lukis.

Fungsi dan Manfaat dari Seni

Seni memliki manfaat bukan hanya pada manusia tetapi juga makhluk lain seperti tumbuhan danhewan. Contohnya saja seni musik, bagi manusia musik dapat menyehatkan jantung,meningkatkan fungsi otak, menghilangkan stress, meningkatkan kreatifitas, meningkatkanproduksi hormon, dll. Bahkan menurut Dedekusn (nama panggilan di blognya) yangmenyebutkan bahwa musik klasik dapat dikhususkan untuk kesehatan janin dalam kanungan,ibumenyusui, bayi yang baru lahir, meningkatkan kecerdasan anak, relaksasi, dll.

Manusia sepanjang hidupnya tidak bisa dipisahkan dengan seni sebab seni adalah bagian darikehidupan manusia yang sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya.Suatu karya seni dapat berfungsi baik secara individual bagi penciptanya dan penikmatnya,maupun secara sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi Individual Senia. Fungsi individual seni untuk memenuhi kebutuhan rohaniSetiap individu pasti memiliki emosi dan tuntutan emosi itu perlu disalurkan supaya tidak terjadimenjadi beban bagi dirinya. Bagi seorang seniman emosi itu dapat disalurkan melalui kegiatanseni, seperti melukis mematung dan lain-lain. Karena seni adalah suatu kegiatan yangmelibatkan ekspresi yang mendalam, dan mengekspresikan perasaan merupakan kegiatanrohaniahSedangkan bagi individu-individu lain yang bukan seniman seni dapat berfungsi pula untuk

Blogroll

  • Masih Kosong