TRI RUKUN

05 February 2013 20:32:10 Dibaca : 155

Tri rukun merupakan sebuah nama Desa yang ada di Kecamatan Wonsari, Kabupaten Boalemo, Provinsi Gorontalo. Nama ini memiliki arti yang dimana berasal dari dua kata yakni tri dan rukun. tri artinya tiga dan rukun merupakan keharmonisan yang ada di Desa tersebut. Desa Tri Rukun ini memilii berbagai macam adat serta tradisi yang berbeda karena warga atau masyarakat yan ada di Desa ini berbeda suku serta Agana. Walaupun Desa ini memiliki tiga agama yang bebeda ari masyarakatanya yaitu beragama islam, hindu dan kristen, amun Desa ini sangatlah tentram serta haronis.

Masyarakat yang ada pada umumnya berprofesi sebagai petani dan sebagian kecil pegawai. Degan banyaknya penduduk yang menempati Desa ini sebagai petani, sehingga sebagian besar hasil tani yang dihasilkan seperti Padi, jagung, serta hasil kebun lainya. Tidak hanya itu, penduduk juga memnfaatkan hasil tani guna memenuhi kebutuhan sehari-hari, selain hasil sawah dan kebun, ereka juga berusaha encari hasil sampingan. hasil sampingan ini seperti pemnfaatan buah kelapa. Pohon kelapa banyak dimiliki oleh penduduksetempat terutama pada pekarangan rumah, nah dengan ini mereka emanfaatkan buah kelapa dan diolah dijadikan kopra, setelah itu mereka jual guna sebagai hasil sapingan.

Penduduk di Desa tri rukun ini masih menggunakan sistem gotong royong, karena ini merupakan kebiasaan turun temurun untuk saling mebantu. walaupun berbeda agama maupun suku, mereka saling menghargai dan meghormati satu sama lain. Nah, inilah keberadaan serta kebiasaan yang ada di Desa tri rukun.

Blogroll

  • Masih Kosong