SOSIAL MEDIA (SOSMED)

06 March 2013 16:30:38 Dibaca : 674 Kategori : Materi Rusunawa

SOSIAL MEDIA (SOSMED)

Ahmad Fadhli, SE, M.Si

Staf Pengajar Jurusan Agribisnis

Fakultas Pertanian

Universitas Negeri Gorontalo

 

LATAR BELAKANG

UUD 1945 Pasal 28F

Setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi

dan lingkungan sosialnya, serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan,

mengolah, dan menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

 

Internet Sang Pendatar Dunia

1. WWW

  • HTML, Browser, Web-based Application

2. Software Revolution

  • Collaboration, Connecting People

3. Opensourcing

  • Opensource, Blogging, Wikipedia

4. Informing

  • Google, Yahoo, MSN

5. Outsourcing

  • India dan kekuatan IT-nya

Mark ZuckerbergMark Zuckerberg, mahasiswa universitas Harvard yang menemukan Facebook

sebagai satu platform jaringan sosial bagi remaja di perguruan tinggi ketika dia baru berusia 19

tahun. Facebook kini merupakan situs web jaringan sosial terbesar kedua setelah MySpace.

Facebook terus tumbuh hari demi hari, dengan jutaan pengguna baru yang terus mendaftar

setiap bulan!

 

Steve Chen dan Chad Hurley Para pencipta dari situs web “berbagi video online”, YouTube..

Mereka mendirikan YouTube pada 2005 ketika Chad berusia 28 tahun dan Steve 27 tahun

YouTube kemudian diakuisisi oleh Google dengan nilai $1.65 milyar.

 

Jejaring social

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya

adalah individu atau organisasi) yang diikat dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti

nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll.

 

Jejaring sosial adalah struktur sosial yang terdiri dari elemen-elemen individual atau

organisasi. Jejaring ini menunjukkan jalan dimana mereka berhubungan karena kesamaan

sosialitas, mulai dari mereka yang dikenal sehari-hari sampai dengan keluarga.

Istilah ini diperkenalkan oleh profesor J.A. Barnes di tahun 1954.

Layanan Jejaring Sosial

Banyak layanan jejaring sosial berbasiskan web yang menyediakan kumpulan cara yang

beragam bagi pengguna untuk dapat berinteraksi seperti chat, messaging, email, video, chat

suara, share file, blog, diskusi grup, dan lain-lain.

Umumnya jejaring sosial memberikan layanan untuk membuat biodata dirinya. Pengguna dapat

meng-upload foto dirinya dan dapat menjadi teman dengan pengguna lainnya.

Beberapa jejaring sosial memiliki fitur tambahan seperti pembuatan grup untuk dapat saling

sharing didalamnya.

Jejaring Sosial, Pisau Bermata Dua

Jejaring sosial, sebuah istilah yang diperkenalkan oleh Profesor J.A Barnes di tahun 1954, kali ini

kerap menjadi perbincangan dikarenakan dampaknya yang meluas:positif maupun negatif

Jaringan sosial dapat beroperasi di banyak tingkatan mulai dari individu, keluarga hingga negara.

Menurut penelitian akademik

 Jaringan ini memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah bagi

seseorang maupun organisasi, bahkan derajat keberhasilan individu dalam mencapai tujuannya.

Dengan perkembangan teknologi, berbagai situs bermunculan, situs komunitas/jaringan sosial

sebuah fenomena internet yang mewakili generasi muda.

Situs-situs ini awalnya sering digunakan untuk mencari jodoh. Namun pada perkembangannya

digunakan untuk mencari teman. Salah satu jenis situs seperti ini yang populer adalah di

Indonesia Friendster (juga merupakan yang pertama) dan Myspace serta facebook.

Munculnya jejaring sosial versi maya ini, mempengaruhi relasi manusia. Situs komunitas diatas di

buat untuk memenuhi keinginan individu untuk berkomunikasi tanpa ada batasan waktu dan

ruang. Tak jarang jejaring sosial kerap berpotensi mempengaruhi pola berpikir seseorang dan

membentuk kepribadian individu.

Jejaring sosial maya yang semula digunakan sebatas menjalin ikatan diantara teman, sahabat

dan keluarga, kini bermetamorfosa menjadi gerakan sosial baru.

Solidaritas kebersamaan pun terbangun seketika lewat situs jejaring ini ketika Jakarta

diguncang bom, bencana (Sumatera Barat), sosial (cth koin cinta Bilqis, koin untuk Prita).

Berbagai aksi simpati dan solidaritas ini pun cepat terjalin lewat jejaring sosial maya. Tidak

hanya itu, situs jejaring ini juga bisa menjadi media politik alternatif. Hal ini terlihat dari

dukungan aksi solidaritas terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tidak hanya garang di wadah digital saja dengan dukungan kurang lebih 1 juta pengguna

Facebook. Akan tetapi, jejaring maya ini pula tampil nyata dalam aksi di Bundaran HI.

 Kekuatan era digital ini menjelma menjadi kekuatan riil, dimana setiap individu memiliki kekuatan

penuh untuk menyuarakan ide atau gagasannya sendiri. Akan tetapi media ini juga kerap

mengundang kontroversi.

 

Berkembangnya situs jejaring sosial sebagai tren komunikasi masyarakat modern, perlu disikapi

dengan jernih. Khususnya bagi anak-anak, dikhawatirkan dapat terpengaruh negatif dengan

arus informasi yang sangat bebas dalam situs jejaring sosial. Banyak korban anak-anak

khususnya perempuan yang hilang akibat kenalan di facebook. Selain itu pula media situs

jejaring ini juga tidak bebas murni. Karena banyak kasus yang berkaitan dengan pernyataan

pribadi yang kerap dianggap mengundang SARAN. Selain itu juga banyak perusahaan yang

menganggap situs jejaring sebagai momok. Beberapa perusahaan berusaha memblokir situs

jejaring, karena mempengaruhi produktifitas kerja para karyawan. Kita tidak bisa menyalahkan

teknologi, karena seiring berkembangnya zaman pasti memiliki risiko yang harus dikenali. Baik

buruknya situs jejaring tergantung dari kearifan dari pengguna untuk menggunakannya secara

positif.

Layanan jejaring sosial yang populer di Indonesia dan memilki jumlah pengguna yang lumayan

banyak, antara lain:

1. Friendster

Friendster, adalah sebuah situs web jaringan sosial dimana seorang pengguna akan membuat

identitas maya dan kemudian mengisi data dirinya untuk kemudian mendapatkan account di

friendster. Dalam friendster, kita juga dapat melihat teman dari teman kita, selain melihat teman

kita sendiri.  Fitur yang disediakan friendster yaitu menampilkan foto, profil, testimonial atau

komentar serta blog. Friendster berfungsi sebagai alat berkomunikasi atau sebagai pengganti

email.

2. Myspace

Myspace hampir mirip dengan friendster. Hanya fiturnya jauh lebih lengkap. Myspace sangat

populer di Eropa dan Amerika sedangkan di Indonesia penggunaannya masih kurang

dibandingkan dengan friendster.

3. Facebook

Facebook juga mirip dengan friendster dan myspace, yang membedakannya dan membuatnya

lebih menarik adalah aplikasi-aplikasi yang disediakan oleh facebook dan aplikasi-aplikasi yang

dapat dibuat sendiri. Lewat aplikasi itu kita bisa lebih akrab dengan teman-teman kita. Karena

bisa digunakan untuk sarana berinteraksi. Selain itu ada fitur chat yang sangat mudah

digunakan.

Blog

Merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan

(yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali

dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama),

meskipun tidak selamanya demikian.

Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik

dan tujuan dari si pengguna blog tersebut

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam

sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh

beberapa penulis.

 

Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti

menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para

pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun

demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

 

Komunitas Blogger

Komunitas blogger adalah sebuah ikatan yang terbentuk dari para bloggerberdasarkan

kesamaan-kesamaan tertentu, seperti kesamaan asal daerah, kesamaan kampus, kesamaan

hobi, dan sebagainya.

Para blogger yang tergabung dalam komunitas-komunitas blogger tersebut biasanya sering

mengadakan kegiatan-kegiatan bersama-sama seperti kopi darat.

Untuk bisa bergabung di komunitas blogger, biasanya ada semacam syarat atau aturan yang

harus dipenuhi untuk bisa masuk di komunitas tersebut, misalkan berasal dari daerah tertentu.

Jenis-jenis blog, a.l.:

Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian

seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.

Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang

keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.

Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-

keterangan tentang perjalanan/traveling.

Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.

Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.

Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka Dsb.

Resiko kejahatan

Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya,

ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang

terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri

identitas, mata-mata, dan lain sebagainya.

Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini

berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan

ditangkap.

Percakapan di Internet (Chatting)

Percakapan di Internet (Inggris: Internet chat atau online chat) mengacu kepada segala

bentuk komunikasi menggunakan Internet, tetapi secara spesifik mengacu kepada percakapan

berbasis teks antara dua/lebih orang pengguna Internet.

Contoh:

Yahoo! Messenger (sering disingkat "Y!M" atau "YM") merupakan program pengirimpesaninstan

populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat

diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan

Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail.

Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat

sebuah e-mail.