Mahasiswa Baru di Masa Pandemi

08 August 2021 01:49:10 Dibaca : 17

Awal tahun 2020 telah memberikan kesan yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya bagi dunia pendidikan di Indonesia. Kita dipaksa untuk beradaptasi dengan perubahan, khususnya dalam proses belajar mengajar. Memasuki tahun ajaran baru, suasana ini pun masih tetap terasa karena belum adanya hasil positif terhadap penanganan Covid-19. Oleh karenanya, hampir semua institusi pendidikan akhirnya kembali menyelenggarakan proses belajar mengajar dengan memanfaatkan teknologi digital.

Mahasiswa baru (maba) pun merasakan imbasnya. Boleh dikatakan bahwa tahun ini menjadi tahun ke dua bagi seluruh perguruan tinggi menyelenggarakan pengenalan kampus dan pelantikan maba secara daring. Hal ini pun dialami oleh maba Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Sebagai salah satu universitas Negeri tertua di Sulawesi, UNG sudah memiliki berbagai program yang dipersiapkan bagi mahasiswa baru. Tujuannya adalah untuk  memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa  baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri dan di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan/cintah tanah air dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus memotivasi mahasiswa menjadi generasi yang unggul berdaya saing sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studi di perguruan tinggi. program ini dirangkum di dalam kegiatan yang disebut dengan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB).

Rektor UNG, Dr.Ir.H.Eduart Wolok, ST, MT. mengemukakan bahwa di tengah  situasi pandemi saat ini, dunia pendidikan mau tidak mau harus mampu menyesuaikan ataupun beradabtasi dengan kondisi yang terjadi . Beliau menyadari menjalani kehidupan kampus secara jarak jauh tidak mudah dan menjadi tantangan besar yang harus dihadapi bersama. Beliau menghingbau kepada seluruh elemen dalam pelaksanaan kegiatan ini untuk tetap mematuhi ketentuan terkait dengan pelaksanaan kegiatan diera pandemi covid 19.

Proses penerapan pembelajaran  yang terkait materi dengan pendidikan terkini yakni pengenalan sistem pendidikan tinggi di indonesia, program mahasiswa kreatifitas dan inovatif, program membina mahasiswa melalui General Education, tidak lupa pula penerapan konsep kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka  (MBKM) pun turut diberikan guna mengembangkan wawasan mahasiswa yang mandiri dan siap berkarya.

Mahasiswa juga dapat mengikuti media-media,seperti website resmi UNG (www.ung.ac.id), website mengelola proses akademik (www.siat.ung.ac.id) situs berita resmi UNG News (ung.ac.id), dan berbagai media sosial resmi universitas yang tersedia. Manfaatnya untuk memantau perkembangan kampus dan membantu pertukaran informasi komunikasi.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong