Sejarah dan Perkembangan Komputer dari Masa ke masa serta Klasifikasinya

10 September 2022 23:17:30 Dibaca : 2945

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KE MASA SERTA KLASIFIKASINYA

     Di zaman sekarang yang hampir seluru ranah sudah dipenuhi dengan sistem digital, penggunaan komputer merupakan hal yang pasti tidak asing lagi bahkan sudah menjadi sesuatu yang sangat di wajibkan dalam usaha untuk mempermudah sebuah pekerjaan. Terutama untuk berbagai jasa berbasis operasi, manipulasi, dan konstruksi data. Tidak hanya sampai di situ, penggunaan komputer juga sudah sangat merata di berbagai bidang kehidupan dikarenakan dimasa sekarang ini hampir segala sesuatu dikerjakaan secara online terutama dimasa peralihan pandemi Covid-19 yang cukup membuat kita mau tidak mau harus beradaptasi dengan alat yang bisa mengakses dunia digital, salah satunya yaitu komputer. Dengan adanya bantuan komputer, segala bentuk aktivitas dapat di mobilisasi dengan mudah, membuat waktu usaha lebih efisien, dan menjadikan sebuah pekerjaan lebih terasa ringan.

Komputer dan Sejarah Awal Pembuatannya

     Secara umum komputer adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah data sesuai dengan prosedur yang sudah ditentukan. Komputer berasal dari bahasa Latin “computare” yang memiliki arti menghitung. Oleh karena itu, komputer lebih dominan digunakan sebagai alat untuk menghitung sesuai dengan rumus yang sudah ditentukan. Di masa sebelum masehi, penggunaan kata Computare ditujukan sebagai panggilan untuk orang-orangyang berprofesi sebagai ahli dalam perhitungan aritmatika (baik dengan maupun tanpa menggunakan alat bantu hitung konvensional). Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata computer mulai digunakan secara umum dalam bahasa Inggris pada tahun 1646. Waktu itu computer dipakai sebagai nama panggilan untuk menyebut "orang yangmenghitung' atau 'orang yang bertugas sebagai penghitung".Dari sini kita sudah dapat menyimpulkan bahwa "computer" awalnya bukan sebutan umum yang ditujukan pada perangkat elektronik seperti yang kita ketahui saat ini, melainkan lebih ditujukan sebagai sebutan untuk "manusia". Seiring dengan berjalannya waktu, kata "computer" tidak lagi digunakan sebagai nama panggilan sebuah profesi, dan secara berangsur-angsur mulai dialihkan sebagai sebutan untuk sebuah perangkat mesin yang dalam fungsinya digunakan sebagai alat bantu untuk menghitung.

(Gambar Abacus kuno)

     Sejarah terdahulu mencatat alat hitung yang menjadi cikal bakal komputer bernama abacus. Abacus adalah alat hitung kuno yang dipakai bangsa Romawi Kuno dan Yunani Kuno. Abacus dipakai dalam penghitungan sehari-hari layaknya kalkulator di masa sekarang. Abacus merupakan "Komputer Otomatis Pertama" hadir 5000 thn lalu di Cina dan masih digunakan hingga sekarang dan dipercaya sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian atau bola kecil geser yang diatur pada sebuah rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacuskehilangan popularitasnya. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukanperhitungan pajak.

(Gambar Alat Pascalin)

     Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan. Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya,alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. CharlesXavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian.

     Komputeruntuk pertama kali ditemukan pada 1822 oleh seorang ahli matematika asal Inggris, Charles Babbage. Mulanya, Babbage bermaksud untuk menciptakan sebuah mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka. Mesin tersebut kemudian ia beri nama "Difference Engine 0" dan digadang-gadang sebagai komputer pertama di dunia. Bentuk Difference Engine 0 sendiri sangat jauh berbeda dari kebanyakan model komputer modern saat ini.

(Gambar mesin "Diference Engine 0")

     Alat ini menjadi cikal bakal pembuatan sistem operasi secara manual serta di programkan langsung oleh manusia pada saat itu. Meski demikian, prinsip kerja yang dimiliki mesin tersebut sama seperti komputer modern, yakni mampu melakukan penghitungan angka alias komputasi. Hingga pada 1890, seorang penemu bernama Herman Hollerith merancang sebuah sistem kartu yang mampu menghitung hasil sensus AS yang dilakukan pada 1880. Berkat inovasi tersebut, Hollerith berhasil menghemat anggaran pemerintah sebanyak 5 juta dollar AS. Selanjutnya, Hollerith terus mengembangkan potensinya di ranah teknologi hingga akhirnya sukses mendirikan perusahaan komputer IBM. Perusahaan ini lah yang menjadi tonggak utama sejarah awal dalam perkembangan komputer modern hingga saat ini.

Klasifikasi Komputer

       A. Berdasarkan Data yang Diolah

  • Komputer Analog, Komputer ini merupakan komputer yang digunakan untuk menerima sinyal analog, biasanya digunakan untuk melakukan pengecekan untuk data yang tidak berbentuk angka, karena data yang didapatkan adalah data yang bersifat gelombang. Komputer ini biasanya digunakan untuk mempresentasikan suatu keadaan. Sebagai contoh, komputer ini digunakan untuk melakukan pengecekan suhu, penghitung aliran BBM pada SPBU, mengukur kekuatan cahaya, dan lain-lain. Komputer ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah.
  • Komputer Digital, Komputer ini merupakan komputer yang kebanyakan yang kita kenal. Data yang diterimanya adalah data yang sudah berupa data digital. Sedangkan fungsinya digunakan untuk mengolah data yang bersifat kuantitatif dalam bentuk angka, huruf, tanda baca dan lain-lain.
  • Komputer Hybrid, Merupakan komputer yang memiliki kemampuan dari komputer analog dan komputer digital. Komputer jenis ini diperuntukkan untuk pengolahan data yang sifatnya baik kuantitatif maupun kualitatif, dengan perkataan lain data kuantitatif yang diolah menghasilkan data kualitatifnya dan sebaliknya.

      B. Berdasarkan Penggunaannya

  • Komputer untuk Tujuan Khusus (Special Purpose Computer), Special purpose computer berarti komputer untuk keperluan khusus. Komputer ini dirancang hanya untuk menyelesaikan suatu masalah tertentu. Perangkat yang ada pada komputer ini, baik komponen input, output, pemroses serta softwarenya telah dirancang untuk keperluan tersebut. Biasanya software yang mengendalikan proses sudah berada langsung pada sistem. Contoh dari Special Purpose Computer ini adalah komputer yang digunakan untuk kasir pada supermarket.
  • Komputer untuk Tujuan Umum (General Purpose Computer), Merupakan komputer yang dibuat untuk keperluan secara umum, sehingga komputer tersebut dapat digunakan untuk mengerjakan berbagai macam pekerjaan sesuai dengan kemampuan dan usernya. Personal Computer merupakan salah satu contoh dari kategori ini.

      C. Berdasarkan Kapasitas dan Ukurannya

  • Komputer Kecil (Small Scale Computer), Komputer kecil, merupakan komputer yang memiliki kemampuan proses dalam jumlah kecil. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer desktop atau komputer pribadi yang umumnya digunakan oleh satu orang pada satu saat.
  • Komputer Menengah (Medium Computer), Komputer untuk skala menengah. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mini, yang biasanya melayani penggunanya pada dumb terminal.
  • Komputer Besar (Large Computer), Komputer untuk skala besar. Komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah komputer mainframe. Pada mesin tersebut dapat diakses beramairamai, dan sudah dilengkapi dengan perangkat dan software yang lengkap. Penggunaannya pun adalah untuk pengolahan perhitungan dengan kemampuan yang cukup rumit untuk diselesaikan oleh komputer medium dan small.

      D. Berdasarkan Generasinya

  • Komputer Generasi Pertama Menggunakan Tabung Vakum (1946-1959), Tahun 1946 merupakan tahun diciptakan komputer generasi pertama dengan menggunakan tabung vakum sebagai komponen dasar pembuatan. Tabung yang digunakan sebagai komponen dasar ini memang dikenal tidak efisien dibeberapa aspek karena cepat sekali panas ketika dipakai. Selain itu, komponen ini membutuhkan daya listrik sangat besar dalam pengoperasiannya. Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC) merupakan salah satu contoh komputer generasi yang pertama. Komputer generasi pertama diciptakan oleh J. Presper Eckert dan John Mauchly di University Of Pennsylvania. Mereka berdua membangun ENIAC dengan menggunakan 18.000 tabung vakum dengan ukuran 1800 kaki dan mempunyai berat yang mencapai sekitar 30 ton.Sejarah komputer generasi pertama ini menjadi digital elektronik yang dipakai untuk kebutuhan paling umum. Program ENIAC ini sudah di rancang pada tahun 1942 namun baru dimulai di tahun 1943 dan selesai pada tahun 1946.Bentuk program ENIAC memiliki ukuran sangat besar bahkan pada peletakkan program ini membutuhkan ruang seluas 500 m². ENIAC juga menggunakan 75.000 relay dan saklar, 18.000 tabung, 70.000 resistor, dan 10.000 kapasitor. Saat memulai pengoperasian, ENIAC membutuhkan daya listrik sangat besar, yaitu sekitar 140 kW. Dana yang dibutuhkan untuk membuat perangkat tersebut mencapai 1 juta dollar.

Ciri-ciri komputer generasi pertama:

    • Memiliki hardware yang jauh lebih besar serta membutuhkan ruang yang luas.
    • Interior design sistem operasi dibuat secara spesifik dan hanya dapat melakukan tugas tertentu.
    • Program hanya dapat dibuat memakai bahasa mesin.
    • Menggunakan silinder magnetic untuk menyimpan data.
    • Membutuhkan daya listrik sangat besar.
    • Butuh mesin pendingin karena cepat panas.
    • Kapasitas penyimpanan yang kecil.
    • Kinerjanya lambat.
    • Memakai konsep stored program dan menggunakan magnetic core storage sebagai memori utama.
    • Menggunakan tabung hampa sebagai sirkuit.
  • Komputer Generasi Kedua Menggunakan Transistor (1959-1965), Tahun 1959, komponen dasar untuk merancang komputer adalah teknologi transistor. Komponen ini dinilai jauh lebih efisien jika dibandingkan tabung vakum. Transistor mempunyai ukuran lebih kecil dibandingkan tabung vakum serta daya listrik yang diperlukan juga lebih kecil untuk pengoperasiannya. Biaya pembuatan juga jauh lebih terjangkau. Bahasa pemrograman telah diganti menggunakan bahasa Assembly dan bahasa simbolik. Dengan menggunakan bahasa pemrograman tersebut, programmer dapat memberikan instruksi dengan kata-kata. Mesin yang pertama kali menggunakan teknologi ini ialah super komputer. IBM juga telah membuat super komputer dengan nama Sprery-rand dan Stretch serta menjadikan komputer dengan nama LARC. Komputer ini dikembangkan di laboratorium menggunakan energi atom. Pada tahun 1965, hampir berbagai bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi dengan keuangan bisnis.

Ciri-ciri komputer generasi kedua:

    • Telah menggunakan operasi bahasa pemrogaman tingkat tinggi fortran dan cobol.
    • Kapasitas memori utama menggunakan magnetic core storage.
    • Menggunakan simpanan eksternal seperti magnetic tape dan magnetic disk.
    • Mampu memproses secara real time dan real sharing.
    • Ukuran fisik jauh lebih kecil dibanding komputer di generasi pertama.
    • Kinerjanya lebih cepat.
    • Daya listrik lebih kecil.
    • Pemakaian program ini tidak lagi terpaku pada aplikasi bisnis namun juga pada aplikasi teknik.
  • Sejarah Komputer Generasi Ketiga Integrated Circuit (1965-1971), Generasi Komputer ketiga dimulai pada tahun 1965 yang mana komputer dibuat menggunakan Integrated Circuit (ICs). Teknologi ini menggeser fungsi transistor sebagai komponen dasar komputer. Transistor masih tetap digunakan tapi ukurannya diperkecil. Beberapa transistor yang berukuran kecil tersebut dimasukkan di IC, bersamaan dengan resistor dan kapasitor. Komputer generasi ketiga menjadi komputer pertama yang membuat operator dapat berinteraksi menggunakan keyboard dan monitor dengan tampilan sistem operasi. Selain itu, komputer ini membutuhkan biaya lebih murah sehingga dapat dijangkau masyarakat umum. Dalam penggunaannya, transistor membuat kinerja komputer cepat panas sehingga komputer generasi kedua mulai ditinggalkan.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga:

    • Listrik yang digunakan lebih hemat.
    • Software lebih meningkat.
    • Harga makin terjangkau.
    • Kapasitas memori lebih besar.
    • Kecepatan menggunakan IC sehingga kinerja komputer lebih cepat.
    • Memiliki kecepatan 10.000 kali lebih cepat di banding generasi pertama.
    • Komputer dapat melakukan multiprocessing.
    • Komputer sudah menggunakan visual display mengeluarkan suara.
    • Menggunakan penyimpanan eksternal, seperti disket magnetic.
    • Mampu melakukan komunikasi dengan komputer lain.
  • Komputer Generasi Keempat Microprosesor (1971 - Sekarang), Komputer yang kita pakai sekarang merupakan komputer generasi keempat, yang mana dibuat dengan menggunakan komponen dasar bernama Microprosesor. Chip microprosesor memiliki ribuan transistor dan beberapa macam elemen sirkuit yang mana saling terhubung menjadi satu.Intel menjadi sebuah perusahaan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan chip microprosesor karena mereka berhasil menciptakan intel 4004 yang merupakan cikal bakal perkembangan komputer. Perusahaan dari Intel berhasil menggantikan perangkat komputer yang memiliki ukuran yang besar menjadi sangat kecil sehingga menjadikannya lebih efisien. Pada tahun 1971, IBM menciptakan komputer yang didesain khusus untuk kalangan rumahan. Sedangkan Apple mempublikasikan Macinthos untuk pertama kalinya pada tahun 1984, yaitu sebuah sistem operasi agar dapat dijalankan dari perangkat komputer. Banyak sekali kemajuan pesat yang terjadi pada generasi ini, seperti diciptakannya mouse, GUI (Graphical User Interface) hingga komputer jinjing yang disebut dengan laptop. Bahkan prosesor atau CPU pun mengalami perkembangan dari waktu ke waktu hingga sekarang.

Ciri-ciri komputer generasi keempat:

    • Dapat menggunakan LSI (Large Scale Integration).
    • Sudah memakai semikonduktor dan mikro processor yang berbentuk seperti chip untuk memorinya.
    • Dipasarkan pada sektor perorangan.
  • Komputer Generasi Kelima Artificial Intelligence (Sekarang - Masa Depan), Generasi kelima ini sebenarnya masih tahap pembangunan, yang mana generasi ini akan mempunyai teknologi yang dibuat berdasarkan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Dalam sejarah perkembangan komputer, pengembangan komputer generasi kelima ini bertujuan agar dapat menghasilkan perangkat komputer yang dapat merespon, menggunakan bahasa yang digunakan manusia, diharapkan dapat mempelajari lingkungan di sekitarnya, serta dapat menyesuaikan dirinya sendiri.

Ciri-ciri komputer generasi kelima:

    • Komputer masih menggunakan teknologi LSI namun akan banyak mengalami proses pengembangan.
    • Memiliki fitur yang terus berkembang setiap tahunnya.
    • Semakin cepat dalam pemrosesan informasi.
    • Komputer memiliki kemampuan untuk mendengar, berbicara, melihat, berbicara, dan bisa lebih canggih lagi. Bahkan dapat memberikan kesimpulan layaknya manusia.

       E. Berdasarkan Fungsi Kerjanya

  • Microcontroller, Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya pemroses (processing), Memori, Input, dan output. Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Jika dilihat dari harga, microcontroller ini harga umumnya lebih murah dibandingkan dengan komputer lainnya, karena perangkatnya relatif sederhana. Contoh alat ini di antaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.
  • Microcomputer. Komputer ini khususnya digunakan untuk singleuser, biasa disebut juga dengan komputer desktop atau komputer pribadi (personal computer). Komputer ini sudah dirancang sedemikian rupa untuk mampu berinteraksi dengan penggunanya. Penggunaanya sangat populer pada penggunaan di rumah, atau untuk menjalankan aplikasi bisnis.
  • Engineering Workstation, Komputer ini lebih berdaya guna apabila dibandingkan dengan komputer pribadi, umumnya komputer ini digunakan untuk menjalankan aplikasi yang dipakai oleh para ahli teknik dalam melakukan perhitungan dan penyelesaian pekerjaannya. Aplikasi yang digunakan lebih cenderung kepada software yang banyak melakukan berbagai perhitungan, baik secara tiga dimensi, maupun secara matematika lainnya. Contoh aplikasi yang digunakan untuk komputer golongan ini adalah CAD (computer aided design) yang digunakan untuk melakukan perancangan gambar teknik.
  • Minicomputer, Komputer ini umumnya digunakan untuk banyak pemakai (multyuser) pada saat yang bersamaan, dan time shared. Time shared ini artinya memungkinkan komputer tersebut untuk digunakan oleh beberapa pemakai sekaligus secara bersama-sama, dan komputer akan membagi-bagi waktunya bergantian untuk masing-masing pemakai. Tentunya penggantian waktu layanan ini tidak terlalu terasa bagi pemakai, mengingat pembagian waktunya dihitung dalam waktu yang sangat sempit, atau dalam satuan perseribu detik, tergantung sistem yang digunakan. Pelayanan pada penggunanya lebih dititikberatkan kepada proses, bukan terhadap interaksi pengguna komputer tersebut. Contoh komputer yang termasuk ke dalam golongan ini adalah IBM AS/400. Komputer ini lebih cenderung digunakan pada untuk suatu kelompok pengguna atau per departemen pada perusahaan besar.
  • Mainframe, Pada tahap awal mulainya era komputerisasi, mainframe merupakan satu-satunya komputer yang ada pada waktu itu. Mainframe ini dapat melayani ratusan penggunanya pada saat yang bersamaan. Komputer ini mirip dengan minicomputer namun lebih besar dan lebih mahal. Penggunaannya umumnya untuk pengolahan data dari suatu divisi atau perusahaan besar, yang membutuhkan pengolahan yang cukup berat.
  • Supercomputer, Super Computer adalah komputer tercepat, yang paling berdaya guna dan yang paling mahal. Kemampuan melakukan prosesnya lebih dari 64 juta perintah dalam 1 detik. Super komputer digunakan untuk pekerjaan-pekerjaan yang sangat rumit dan membutuhkan perhitungan matematika yang sangat sulit. Sebagai contoh super komputer digunakan untuk melakukan peramalan cuaca, penelitian energi nuklir, dan eksplorasi gas dan minyak bumi.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong