SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI MASA KEMASA

11 September 2022 18:19:36 Dibaca : 617
  • Pengertian Komputer

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut data yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

  • Sejarah Perkembangan Komputer

1. Perkembangan komputer era sebelum tahun 1940

perkembangan komputer era sebelum tahun 1940 yang pertama muncul adalah ABACUS, abacus muncul sekitar 500 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Kedua munculnya KALKULATOR RODA NUMERIK 1, Pada tahun 1642 Blaise Pascal  yang pada waktu itu berumur 18 tahun menemukan kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan. Kemudian pada tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalkan. Dan yang terakhir Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

2. Perkembangan komputer era setelah tahun 1940

Perkembangan komputer di masa ini ada lima (5) generasi berikut penjelasannya :

Komputer Generasi Pertama : Perkembangan komputer  pada masa ini adalah Electronic Numerical Integrator And Computer (ENIAC),yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania.Terdiri dari 18.000 tabung vakum,70.000 resistor,dan 5 juta titik solder,Komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW.Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dan John W. Mauchly (1907-1980),ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu.Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data. 

Komputer Generasi Kedua : Pada awal tahun 1960-an,mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis,di Universitas,dan di pemerintahan.Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan Komputer pada saat ini: printer,penyimpanan dalam disket,memory,sistem operasi,dan program.Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.Pada tahun 1965,hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan.

Komputer Generasi Ketiga : Pada masa ini Para ilmuwan berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut semikonduktor.Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang berfungsi untuk memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

Komputer Generasi Keempat : Pada masa ini Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil,dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop),atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop).

Komputer Generasi Kelima sampai Sekarang : imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karyaArthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima.Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia,menggunakan masukan visual,dan belajar dari pengalamannya sendiri. Banyak kemajuan di bidang disain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima.Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel,yang akan menggantikan model von Neumann.Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak.Kemajuan lain adalah Teknologi Superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun,yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. 

Universitas Negeri Gorontalo Kampus Bersejarah

19 September 2020 10:21:04 Dibaca : 19

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo yang berdiri pada 1 September 1963. Awalnya kampus ini adalah junior college yang masih menjadi bagian dari FKIP UNIVERSITAS SULAWESI UTARA TENGAH.

Selama lebih dari 50 tahun, universitas ini telah mengalami enam kali perubahan nama dan tujuh kali pergantian pimpinan. Mulai dari berstatus sebagai cabang FKIP IKIP Yogyakarta cabang Manado sampai diresmikan sebagai Universitas Negeri Gorontalo oleh presiden Megawati pada tahun 2004.

 

Universitas Negeri Gorontalo Wisudakan 1286 Mahasiswa

19 September 2020 10:07:07 Dibaca : 14

Universitas Negeri Gorontalo kembali melakukan wisuda mahasiswa sebanyak 1286 mahasiswa. Pengukuhan para lulusan itu dilaksanakan di Auditorium UNG Kamis (27/2/2020) oleh Rektor Eduart Wolok melalui prosesi wisuda program doktor, magister, profesi, diploma dan sarjana.

"Setiap tahun UNG memberikan kemajuan yang luar biasa, hari ini yang diwisuda sebanyak 1286. Ini menandakan bahwa UNG ini lebih maju"

 

Universitas Sebagai Kampus Peradaban

19 September 2020 09:33:48 Dibaca : 16

Universitas Negeri Gorontalo mempunyai moto sebagai kampus peradaban untuk mewujudkannya, kampus ini membuka pintu untuk berbagai upaya pengembangan manusia, termasuk melalui riset dan penelitian.

Program-program yang dilakukan untuk menghadirkan konsep kampus peradaban, yaitu:

  1. Mendorong jurusan atau programram studi untuk mandiri, dan
  2. Kreatif dan inovatif tanpa meninggalkan akar budaya lokal.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong