ARSIP BULANAN : August 2021

PERJALANAN MENJADI MAHASISWA

16 August 2021 14:12:36 Dibaca : 31

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Perkenalkan Saya Abd. Wahid Kadir,Biasa Di Panggil Agil. Saya Lahir Di Gorontalo Pada Tanggal 9 Januari 2003. Saya Akan Sedikit Menceritakan Pengalaman Saya Ketika Masuk Perguruan Tinggi Universitas Negeri Gorontalo

Pertama Kali Saya Masuk Kuliah Di UNG Jujur Terbilang Cukup Menyenangkan Dan Juga Cukup Merepotkan,Dengan Proses Masuk Yang Cukup Rumit Itu, Membuat Saya Sedikit Kesulitan Dan Banyak Beban Pikiran. Ya Mau Bagaimana Lagi Sejak Saya Lulus SMA Jalur Corona Dan Di Terima Di UNG Jalur SNMPTN, Membuat Saya Tidak Dapat Mengekspresikan Perasaan Saya Yang Sebenarnya. Saya Berpikir Ya Alhamdulillah Lolos Jalur SN,Tapi Ya Bagaimana Ya Saya Heran Kenapa Bisa Begitu, Padahal Saya Tidak Melakukan Hal Hal Yang Penting Selama Daring Di Masa Pandemi, Belum Lagi Saya Belum Begitu Tau Tentang Dunia Perkuliahan.

Terlepas Dari Semua Itu,Saya Sangat Bersyukur Dan Merasa Bangga Dapat Di Terima Menjadi Mahasiswa Di Universitas Negeri Gorontalo Sesuai Dengan Jurusan Pilihan Saya,Terlebih Lagi Melalui Jalur SN. Akhirnya Saya Bisa Kuliah Dan Menjadi Seorang Mahasiswa, Ya Mau Gimana Lagi 12 Tahun Sekolah Masa Tidak Kuliah.

Dunia Perkuliahan Mungkin Sangat Berbeda Dengan Dunia Persekolahan, Bukan Berbeda Juga, Istilahnya Seperti SD SMP SMA Terus Universitas Kayak Level Easy Medium Hard Dan Very Hard. Maksudnya Jenjang/Dunia Perkuliahan Sistemnya Sudah Di Atas Dunia Persekolahan, Baik Dari Lingkungan, Pembelajaran, Dan Masih Banyak Lagi.

Awal Pertama Masuk Kuliah Bagi Saya Atau Menurut Saya Suasananya Terbilang Cukup Canggung, Tapi Lama Kelamaan Mungkin Bisa Terbiasa,Membiasakan/Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan Perkuliahan Walaupun Saya Tau Kalau Seluruh Kegiatan Sampai Sekarang Masih Dilakukan Secara Daring. Jadi Ya Sedikit Susah, Semua Serba Media Sosial, Mau Kenalan Saja Lewat Chat.

Yang Saya Rasakan Selama PELTIK, Alhamdulillah Cukup Menyenangkan,Dengan Sistem Informasi Internet Yang Mudah Di Akses Serta Tugas Tugas Pelatihan Yang Tidak Begitu Susah Dan Mudah Di Pahami,Memberikan Ilmu Baru Bagi Saya Dalam Mengakses Situs Milik UNG.Dan Yang Paling Saya Tidak Sangka, Setiap MABA Di Buatkan Akun Gmail UNG, Yang Dimana Sudah Di Bekali Dengan Fitur Fitur Yang Tidak Ada Di Akun Gmail Biasa, Jadi Membuat Saya Senang Dan Bersyukur, Alhamdulillah Di Berikan Kemudahan Dalam Proses Perkuliahan, Salah Satunya Storage GDrive Yang Tidak Terbatas.

 Setelah Saya Mengikuti PELTIK Kurang Lebih Seminggu Lamanya,Akhirnya Saya Mengikuti PKKMB UNG 2021 Yang Diselenggarakan Selama 5 Hari, Yaitu Mulai Tanggal 11-13 Agustus Oleh Pengurus Kampus UNG,Tanggal 14 Agustus Oleh Pengurus Tingkat Fakultas,Dan Pada Hari Ini,Hari Kelima Tanggal 16 Agustus Di Selenggarakan Oleh Pengurus Tingkat Jurusan. Yang Saya Rasakan Selama Mengikuti PKKMB Lumayan Terbilang Cukup Menyenangkan Bagi Saya, Walaupun Agak Membuat Saya Sedikit Bosan Dan Lelah. Tetapi Di Samping Semua Itu Banyak Sekali Hal Baru,Ilmu Baru Dan Motivasi Untuk Menjadi Mahasiswa Yang Pantas Dan Lebih Baik Di Perguruan Tinggi.

 

Universitas Negeri Gorontalo Masuk Ranking Dunia?

04 August 2021 15:24:39 Dibaca : 30

Menurut Indostudent, pada tahun 2016 Universitas Negeri Gorontalo termasuk 10 universitas terbaik di kawasan Indonesia Timur.

Untuk di tingkat nasional, UNG juga tidak kalah bersaing dan masuk dalam kategori 100 universitas terbaik. Berdasarkan data 4International Colleges and Universities, tahun 2016 UNG menempati ranking 72 dari 411 universitas yang terdaftar resmi di Indonesia.

Bukan Hanya Itu, Kampus negeri di Provinsi Gorontalo ini juga menempati ranking 1558 di dunia. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggaan, karena universitas lain di wilayah Indonesia Timur seperti Universitas Tadulako, Universitas Hassanudin dan Universitas Sam Ratulangi berada pada peringkat 2000-an di tingkat dunia.

Universitas Yang Di Kembangkan Atas Dasar "Wider Mandate"

04 August 2021 15:04:01 Dibaca : 19

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan universitas yang dikembangkan atas dasar perluasan mandate (Wider Mandate) dari IKIP Negeri Gorontalo. Keberadaan Universitas Negeri Gorontalo dimulai dari :

1. Junior College FKIP Universitas Sulawesi Utara-Tengah (UNSULUTTENG) Manado di Gorontalo berdasarkan keputusan pejabat Rektor UNSULUTTENG Nomor 1313/II/E/63 tanggal 22 Juni 1963,

2. Cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963,

3. IKIP Manado Cabang Gorontalo berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 114 tahun 1965 tanggal 18 juni 1965,

4. FKIP UNSRAT Manado di Gorontalo berdasarkan Keppres nomor 70 tahun 1982 tanggal 7 september 1982

5. STKIP Gorontalo berdasarkan Kepres RI nomor 9 tahun 1993 tanggal 16 januari 1993,

6. IKIP Negeri Gorontalo berdasarkan Kepres RI nomor 19 tahun 2001 tanggal 5 februari 2001

Perubahan IKIP Negeri Gorontalo menjadi Universitas Negeri Gorontalo ditetapkan dengan Surat Keputusan Presiden RI nomor 54 tahun 2004 tanggal 23 Juli 2004. Hari lahir UNG ditetapkan sama dengan lahirnya cabang FKIP UNSULUTTENG di Gorontalo yaitu tanggal 1 September 1963 sebagaimana dinyatakan dalam surat kepurusan menteri PTIP nomor 67 tahun 1963 tanggal 11 Juli 1963.

POTRET SINGKAT UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

04 August 2021 14:48:29 Dibaca : 29

Universitas Negeri Gorontalo(UNG) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang terletak di Provinsi Gorontalo,Tepatnya Berada Di Kota Gorontalo.

Universitas Negeri Gorontalo sendiri didirikan sejak tanggal 1 September 1963 dan beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 6 Kota Gorontalo.

Selain Itu, Universitas Negeri Gorontalo Saat Ini Terdiri Dari 10 Fakultas, Di Antaranya :

  • Fakultas Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)
  • Fakultas Ilmu Sosial
  • Fakultas Sastra Dan Budaya
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Ilmu Olahraga Dan Kesehatan
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Hukum 
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong