YUSMANTO K. HUDO_41421058

 

Apakah  LaTeX itu?

LaTeX adalah bahasa markup atau sistem penyiapan dokumen untuk peranti lunak TeX. Tex merupakan program komputer yang digunakan untuk membuat typesetting suatu dokumen, atau membuat formula matematika. LaTeX memungkinkan penulis/penggunanya untuk melakukan typesetting dan mencetak hasil kerjanya dalam bentuk tipografi yang terbaik. Oleh karenanya LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademisi, dan profesional lainnya.

Cara menggunakan latex dapat di akses akses secara offline maupun online. Penggunaan LaTex secara online menginstal perangkat softward di computer. Selain itu LaTex dapat di kunjungi secara online melalui situs www.overleaf.com. Cara untuk mengakses everlef, dapat dijelaskan sebagai  berikut:

  1. Pada browser ketikan overleaf atau bisa langsung ketik situs https://www.overleaf.com/ maka otomatis langsung masuk pada LaTex online.
  2. Masuk menggunakan akun e-mail,kemudian langsung masuk pada laman LaTex
  3. Kemudian masuk pada menu New Project kemudian Blank Project maka akan muncul menu Nama Project,
  4. Kemudian masukan nama project yang diinginkan

 

Dalam dokumentasi LaTeX, kod denotasi adalah yang penting dan terkadang menentukan jenis dokumen yang akan dihasilkan, satu atau banyak kolom, teks biasa atau teks yang lebih terstruktur, warna, dan jenis tulisan. Semua kode LaTeX dimulai dengan “\”.

Contohnya, jika Anda ingin membuat sebuah dokumen LaTex yang sederhana, berikut ini adalah kerangka dokumen yang dapat Anda gunakan:

Dalam membuat dokumen ada banyak hal yang harus di perhatikan. Hal – hal yang harus  tersebut seperti:

1.     Membuat Judul Dokumen

Dalam membuat judul dokumen perlu adanya perintah \title.

 

 

2.     Menentukan Margin, Ukuran huruf dan kertas, Jenis Dokumen

 

 

3.     Membuat paragraph

Perintahnya yaitu: \paragraph{}

           

4.     Memisahkan Baris dan Membuat halaman baru

Perintahnya yaitu : \newline, \linebreak, dan \newpage

 

5.     Pembuatan List Dan Item

   Perintahnya yaitu : \begin{enumerate}, \begin{itimize}

 

6. penggunaan rata kiri dan rata kanan serta center

Perintahnya yaitu :

  1. Rata kiri : \begin{flushleft}

Contoh:

 

 

b. Rata kanan:\begin{flushright}

Contoh:

 

 

Center :\begin{center}

Contoh:

 

7. pembuatan catatan kaki 

Perintahnya: footnote{}

Contohnya:

 

 

8. penulisan apa adanya

Penulisan apa adany artinya apa yang kita tulis meskipun menggunakkan sintax akan muncul sesuai apa yang di tulis. Perintahnya : \begin{verbatim}

berikut ini adalah contoh penulisan apa adanya :

 

 

 Jika di konversi dalam PDF akan menjadi:

 

8. pembuatan tabel

Perintahnya: \begin{tabular}, \begin{center}

Contohnya:

 

10. mengubah bentuk dan ukuran huruf

Perintahnya :

Ukuran huruf kecil :\textsc{}, Huruf besar : \begin{large}, Huruf lebih besar lagi : \begin{huge}, Huruf miring : \textit{}, Huruf tebal : \textbf{}, Garis bawah : \underline{}

Contohnya:

 

 

 

 

 

 

 

UNG – 12 Mahasiswa Berprestasi yang merupakan perwakilan dari seluruh Fakultas di Universitas Negeri Gorontalo (UNG), akan bersaing satu sama lain melalui ajang Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) di Tingkat Universitas Ketua Panitia, Muchtar mengungkap, dalam ajang mawapres kali ini akan dilakukan penilaian mencakup 3 hal, yakni terkait portofolio capaian unggulan dan prestasi masing-masing Mahasiswa baik itu ditingkat Nasional maupun Regional.

4.678 MABA Ikuti Pelatihan TIK Online

05 August 2021 19:25:35 Dibaca : 7

UNG – Sebanyak 4.678 mahasiswa baru angkatan 2021 yang telah teregistrasi di Universitas Negeri Gorontalo mengikuti pelatihan teknologi informasi dan komunikasi (PELTIK) sejak tanggal 2 hingga 9 Agustus.

Menurut Kepalat UPT TIK, Salahudin Olii, ST,MT, tradisi pelatihan TIK untuk mahasiswa baru telah dilakukan sejak tahun 2010 dan di tahun 2020 dan 2021 proses pelaksanaannya secara daring menggunakan platform aplikasi SekolahRakyst UNG.

“Pada pelatihan ini dibagi dalam 101 kelas dan setiap kelas mengikuti 4 pertemuan daring.

UNG Kembali Torehkan Prestasi Di Tingkat Nasional

05 August 2021 19:12:44 Dibaca : 5

UNG—Keberhasilan Universitas Negeri Gorontalo mengantar 11 kelompok Organisasi Kemahasiswaan untuk memperoleh hibah Program Holistik Pemberdayaan Desa (PHP2D) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi menjadi pencapaian membanggakan di tahun 2021.

Selain menjadi pencapaian terbesar dengan meloloskan 11 Ormawa,UNG juga masuk dalam peringkat 3 Nasional perguruan tinggi penerima bantuan program PHP2D 2021.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong