Tugas Program Scilab (Komputasi dan Pemrograman)

18 November 2023 09:48:33 Dibaca : 129

Nama                       : Moh. Syahril Tungga

NIM                          : 411422059

Prodi/Kelas             : Pendidikan Matematika/A

Semester                 : III (Tiga)

Mata Kuliah             : Komputasi dan Pemrograman

Dosen Pengampu   : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd, M.Si

 

Teori

Scilab adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang dan dikembangkan untuk komputasi numerik serta untuk visualisasi data secara dua dimensi maupun tiga dimensi. Scilab juga merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi numerik. Scilab adalah suatu interpreter sehingga suatu kode program yang dibuat dapat dieksekusi secara langsung dan dilihat hasilnya tanpa harus melalui tahapan kompilasi.

Scilab adalah sebuah freeware yang dapat digunakan secara gratis untuk keperluan pribadi maupun komersial. Scilab tersedia dalam berbagai macam sistem operasi utama, seperti Windows (XP, Vista, 7, 8), Linux, serta MacOS X.

Scilab dapat dijalankan melalui menu Start atau melalui jalan-pintas Scilab yang terdapat pada dekstop. Setelah Scilab dijalankan maka beberapa saat kemudian pada layar komputer akan muncul sebuah jendela Scilab. Untuk mengakhiri penggunaan Scilab dapat digunakan perintah exit, melalui menu File Quit, atau dengan menekan tombol yang terdapat pada ujung kanan atas dari jendela Scilab.

 

Konsol Scilab (Scilab Console) merupakan bagian utama dari Jendela Scilab. Hampir sebagian besar interaksi antara kita dengan Scilab dilakukan melalui jendela konsol Scilab. Konsol Scilab adalah tempat untuk memasukkan semua perintah diberikan kepada Scilab.

Selain konsol Scilab, secara bawaan Scilab juga menampilkan beberapa jendela lainnya yaitu:

• Penjelajah File (file browser). Jendela ini dapat digunakan untuk memilih direktori kerja. Semua file yang ada pada direktori kerja akan ditampilkan pada jendela penjelajah file.

• Penjelajah variabel (variabel browser). Jendela ini menampilkan daftar dari semua variabel yang dihasilkan oleh statemen yang dijalankan pada jendela konsol Scilab.

• Riwayat perintah (command history). Jendela riwayat perintah berisi rekaman dari perintah atau statemen yang dijalankan pada jendela Scilab.

 Selain jendela-jendela yang telah disebutkan, masih terdapat tiga jendela lagi yaitu:

• Jendela bantuan. Jendela ini yang menampilkan penjelasan mengenai suatu fungsi, operator atau perintah yang terpasang di dalam Scilab. Jendela bantuan akan muncul jika kita jalankan perintah help atau apropos.

• SciNotes. SciNotes adalah sebuah program editor teks yang disediakan oleh Scilab untuk memudahkan pembuatan atau pengembangan sebuah skrip atau fungsi.

• Jendela grafik. Jendela ini digunakan untuk melakukan visualisasi terhadap suatu data atau sebuah fungsi matematika. Jendela grafik akan muncul apabila kita menjalankan perintah-perintah yang berkaitan dengan visualisasi grafik. 

 

Pembuatan String

Dalam banyak bahasa pemrograman, pembuatan string dilakukan dengan mendeklarasikan variabel dengan tipe data string dan kemudian memberikan nilai atau menginisialisasinya. Setiap bahasa memiliki sintaksis yang sedikit berbeda, tetapi umumnya, proses ini melibatkan penggunaan tanda kutip (ganda atau tunggal) untuk menandai awal dan akhir string.

 

Operasi Perbandingan

Operasi perbandingan adalah operasi matematika yang membandingkan dua nilai atau ekspresi dan menghasilkan nilai kebenaran (true atau false) sebagai hasilnya. Operasi ini sering digunakan dalam struktur kontrol seperti pernyataan if dan dalam evaluasi kondisi.

 

Input dan Output

1. Memasukkan Data dengan Fungsi Input

Penggunaan fungsi 'input' bergantung pada bahasa pemrograman yang Anda gunakan. Fungsi 'input' umumnya digunakan untuk menerima input dari pengguna melalui konsol atau antarmuka pengguna sederhana.

2. Menampilkan NIlai Variabel dengan Fungsi Disp

Fungsi 'disp' umumnya digunakan untuk menampilkan nilai variabel atau teks pada layar dalam berbagai lingkungan pemrograman, terutama dalam lingkungan yang mendukung MATLAB atau Scilab.

 

Perulangan dan Kondisional

Perulangan (looping) dan kondisional (pengkondisian) adalah struktur kontrol yang umum digunakan dalam pemrograman untuk mengatur alur eksekusi program. 

Perulangan (Looping):Perulangan digunakan untuk mengeksekusi serangkaian pernyataan atau blok kode berulang kali selama kondisi tertentu terpenuhi. Ada beberapa jenis perulangan, termasuk for, while, dan do-while.

Kondisional (Pengkondisian):Pengkondisian digunakan untuk membuat keputusan berdasarkan suatu kondisi. Pernyataan if, else, dan else if adalah bagian umum dari struktur pengkondisian.

 

Praktek 

1. Deret Bilangan Ganjil Negatif 

a). Bilangan Ganjil Positif 

b). Bilangan Ganjil Negatif

c). Bilangan Genap Positif

d). Bilangan Genap Negatif

2. Deret Bilangan Prima

3. Fungsi Bagi Dua

4. Olah Nilai 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong