Sejarah dan Perkembangan Komputer & Algoritma

04 September 2023 19:46:18 Dibaca : 154

Nama : Moh. Syahril Tungga

NIM : 411422059

Kelas / Prodi : A / Pend. Matematika

Mata Kuliah : Komputasi dan Pemrograman

Dosen Pengampuh : Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd, M.Si

 

Sejarah Perkembangan Komputer 

1. Sejarah Komputer Generasi Pertama

Pada tahun 1946, komputer dikembangkan berjenis tabung vakum sebagai komponen utama. Beratnya sekitar 30 ton. Namun tidak efisien membutuhkan banyak tenaga dan panas yang berlebihan. Generasi pertama ini menggunakan bahasa mesin hanya dapat dipahami oleh komputer itu sendiri. Input menggunakan pita kertas dan kartu punch. Keluaran berupa printer. Saat itu, dibutuhkan biaya sekitar Rp 1 juta untuk mendapatkannya.

Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

• Prosesnya tidak cepat

• Umur simpan kecil

• Pendingin diperlukan karena suhu naik tajam

• Ukuran perangkat keras sangat besar sehingga menempati banyak ruang.

Selama ini, perkembangan komputer generasi pertama dimulai. Komputer generasi 1 menggunakan tabung vakum untuk sirkuitnya dan drum magnetik untuk penggunaan penyimpanan memorinya. Tabung vakum digunakan untuk memperkuat sinyal dengan mengontrol pergerakan elektron di ruang buang. Komputer generasi 1 sangat sulit digunakan dan sangat mahal. UNIVAC dan ENIAC merupakan contoh dari komputer generasi 1 yang digunakan dalam Sensus AS. Sejarah komputer generasi pertama sangat awal mulanya terbentuk komputer.

2. Sejarah Komputer Generasi Kedua

Sebuah generasi tabung terjadi. Oleh karena itu, telah digantikan oleh teknologi transistor sebagai komponen utama yang sangat menuntut. Mulai digunakan antara tahun 1959 dan 1965. Beberapa kelebihan yang dimilikinya adalah ukurannya yang kecil, tidak terlalu panas, dan tingkat kegagalan yang minimal. Generasi ini tidak lagi menggunakan bahasa mesin seperti dulu. Digantikan oleh bahasa FORTRAN dan COBOL. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa komputer transistor lebih unggul dari tabung vakum.

Fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

• Proses operasinya cepat

• Kembangkan memori skor magnetik sebagai memori utama

• Penggunaan program diarahkan tidak hanya untuk manajemen bisnis, tetapi juga untuk teknis.

• Dapat menjalankan proses berbagi waktu nyata dan dunia nyata

• Memiliki Bahasa pemrograman tinggi

Program tersimpan di dalam komputer dan pemrograman bahasanya yang tertanam di dalamnya sangat fleksibilitas komputer. Fleksibilitas ini mempengaruhi kinerja dengan biaya yang sesuai untuk penggunaan bisnis. Konsep ini memungkinkan komputer untuk mencetak faktur pembelian konsumen, melakukan desain produk, dan menghitung gaji. Pada titik ini, beberapa bahasa pemrograman akan terus ditampilkan. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) menjadi semakin umum. Bahasa pemrograman ini menggantikan bahasa mesin yang kompleks dengan kata, kalimat, dan rumus matematika yang mudah dipahami manusia. Ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengelola komputer Anda. Banyak profesi baru yang terus bermunculan (programmer, analis sistem, insinyur komputer). Industri perangkat lunak juga mulai berkembang dan terus mengembangkan komputer generasi kedua ini.

3. Sejarah Komputer Generasi Ketiga

Sejarah komputer generasi ke 3 memiliki bentuk transistor kecil dan ditempatkan pada IC beserta beberapa resistor dan kapasitor.Dikembangkan pertama kalinya oleh ahli listrik Jack Kilby. Keuntungannya adalah cepat dan lebih efisien. Ini juga merupakan komputer pertama yang menggunakan layar monitor dan keyboard. Pengalaman kemajuan dibandingkan dengan penggunaan kertas sebelum . Karena harganya cukup murah. Jadi pada saat itu, orang mampu membelinya.

Fungsi-fungsinya adalah sebagai berikut:

• Kapasitas penyimpanan lebih besar

• Gunakan terminal tampilan visual yang dapat menghasilkan suara

• Media penyimpanan berkapasitas besar

• Performanya tinggi karena menggunakan IC.

• Pembaruan perangkat lunak

Contoh dari komputer generasi ketiga merupakan PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370

4. Sejarah Komputer Generasi Keempat

Sejarah komputer generasi ke 4 Pertama kali diproduksi oleh IBM pada tahun 1971. Kemudian, pada tahun 1984, Apple memperkenalkan Macintosh ke pasar. Sejarah komputer dan perkembangan selanjutnya telah memasuki era mikroprosesor. Hal ini masih digunakan oleh beberapa orang Indonesia hari ini.

Internet lahir dengan generasi mikroprosesor ini. Tampilan monitor akan tetap menggunakan satu warna (hijau). Chip juga telah dikembangkan sebagai memori komputer. Seiring waktu, para ahli mencoba menyelesaikan sesuatu yang belum ada. Dengan kata lain, ini kompatibel dengan PC. Karena itulah muncul istilah PC pada generasi ini. Perangkat ini dirancang untuk individu dan mudah dibawa kemana-mana. Itu adalah laptop. Contoh komputer generasi ke-4 ini antara lain IBM Pentium II, Apple II, IBM 370, dan IBM PC/386. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan komputer pribadi (PC) untuk penggunaan di mana saja. Jumlah PC yang digunakan meningkat dari 3 juta pada tahun 1981 menjadi 5,6 juta pada tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 66 juta PC digunakan. Komputer terus berkembang menjadi ukuran yang kecil, seperti komputer yang duduk di atas meja kamu (desktop), komputer yang dapat masukkan ke dalam saku (laptop), dan bahkan komputer yang dapat ambil (palmtop).

IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh di pasar komputer. Apple Macintosh menjadi viral karena mempopulerkan sistem grafis pada komputer berbasis teks sementara pesaing mereka masih menggunakannya. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan perangkat mouse. Saat ini, kita mengetahui evolusi IBM yang kompatibel dengan penggunaan CPU: IBM PC / 486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (rentang CPU Intel). Selain itu, saya tahu AMD k6, Athlon dan sebagainya. Semua ini termasuk dalam komputer generasi ke-4.

Ketika komputer menjadi lebih luas di tempat kerja, cara-cara baru untuk mengeluarkan potensi mereka terus dikembangkan. Komputer ini dapat terhubung ke jaringan bersama dengan komputer yang lebih kecil dan lebih kuat untuk menggunakan memori, perangkat lunak, dan informasi bersama-sama atau berkomunikasi satu sama lain. Jaringan komputer memungkinkan Anda untuk membentuk kolaborasi elektronik dan melakukan tugas pada satu komputer. Pengkabelan langsung (juga dikenal sebagai jaringan area lokal atau LAN) atau kabel telepon dapat membuat jaringan ini menjadi sangat besar.

5. Sejarah Komputer Generasi Kelima

Sejarah komputer generasi 5 memiliki perkembangan komputer terbaru adalah munculnya teknologi yang disebut AI. Ini mempunyai kecerdasan buatan untuk membantu melakukan input lebih sangat baik. Dengan teknologi ini, kamu tetap dapat memasuki bahasa yang kamu gunakan sehari-hari, beradaptasi dengan situasi, dan mengenal lingkungan kamu. Banyak pengembang sudah start memakai komputer masa depan. Pengembangan oleh Intel dan Microsoft diprakarsai oleh Bill Gates, pelopor standar perangkat keras dan perangkat lunak di seluruh dunia. Itu dibentuk oleh munculnya smartphone, tablet, netbook dan banyak lagi. Juga disebut LSI (Large Scale Integration) yang memampatkan ribuan mikroprosesor. Yang terbaru adalah Pentium Four dari Intel Corporation. Meskipun komputer generasi ini berukuran kecil dan sederhana.

Pengembangan oleh Intel dan Microsoft diprakarsai oleh Bill Gates, pelopor standar perangkat keras dan perangkat lunak di seluruh dunia. Itu dibentuk oleh munculnya smartphone, tablet, netbook dan banyak lagi. Juga disebut LSI (Large Scale Integration) yang memampatkan ribuan mikroprosesor. Yang terbaru adalah Pentium Four dari Intel Corporation. Meskipun komputer generasi ini berukuran kecil dan sederhana.

 

Sejarah Perkembangan Logaritma 

Algoritma adalah langkah-langkah atau instruksi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah atau tugas komputasi. Sejarah algoritma dapat dirunut kembali ke zaman kuno, tetapi berikut adalah beberapa poin penting dalam perkembangan sejarah algoritma :

1. Zaman Kuno

Konsep dasar algoritma sudah ada sejak zaman kuno, terutama di kalangan matematikawan seperti Euclid dan Archimedes yang mengembangkan algoritma untuk menyelesaikan masalah matematika seperti perhitungan geometri dan perbandingan bilangan prima.

2. Abad Pertengahan

Pada Abad Pertengahan, matematikawan Muslim seperti Al-Khwarizmi berperan penting dalam mengembangkan algoritma untuk menyelesaikan persamaan linier, yang mengilhami istilah “algoritma” dari nama beliau.

3. Abad Ke-19 .

4. Charles Babbage, seorang ilmuwan komputer awal, merancang mesin perhitungan mekanik yang dapat dianggap sebagai pendahulu komputer modern. Babbage juga merancang algoritma untuk mesin-mesin ini.

5. Abad Ke-20

Dengan perkembangan komputer elektronik, algoritma menjadi lebih kompleks dan beragam. Penemuan komputer digital dan bahasa pemrograman memungkinkan pembuatan algoritma yang lebih efisien dan fleksibel.

6. Era Modern

Algoritma terus berkembang dengan pesat seiring perkembangan teknologi komputer. Algoritma kini digunakan dalam berbagai bidang, termasuk ilmu komputer, kecerdasan buatan, dan analisis data.

Algoritma merupakan dasar dari hampir semua aspek teknologi komputer saat ini, dan pengembangan algoritma terus berlanjut untuk mengatasi tantangan baru dalam pemrosesan data dan komputasi.

1. Apa Yang Dimaksud Dengan Algoritma?

Jawab :

Algoritma adalah urutan langkah-langkah terstruktur yang dirancang untuk menyelesaikan masalah atau melakukan tugas tertentu. Ini adalah panduan atau resep yang digunakan dalam komputasi dan matematika untuk menjalankan operasi tertentu dengan tujuan menghasilkan hasil yang diinginkan. Algoritma biasanya digunakan dalam pemrograman komputer untuk menginstruksikan komputer tentang cara melakukan tugas tertentu.

2. Apa Yang Dimaksud Dengan Program?

Jawab :

Program adalah serangkaian instruksi yang ditulis dalam bahasa pemrograman untuk memberikan petunjuk kepada komputer atau perangkat lunak tentang apa yang harus dilakukan. Program-program ini dapat digunakan untuk melakukan berbagai tugas, seperti mengolah data, menjalankan perhitungan, mengendalikan perangkat keras, atau memberikan interaksi kepada pengguna melalui antarmuka grafis. Program komputer dapat berupa aplikasi desktop, aplikasi web, perangkat lunak sistem, atau bahkan script kecil yang melakukan tugas tertentu. Mereka merupakan dasar dari semua perangkat lunak komputer yang ada.

3. Sebutkan dan Jelaskan 2 Macam Kelompok Besar Program Komputer?

Jawab :

Ada dua kelompok besar program komputer yang umum, yaitu:

1. Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software):

Deskripsi: Perangkat lunak aplikasi adalah program-program yang dirancang untuk melakukan tugas-tugas khusus yang bermanfaat bagi pengguna. Mereka dibuat dengan tujuan tertentu, seperti pengolahan kata, pengeditan gambar, permainan komputer, aplikasi produktivitas, perangkat lunak akuntansi, dan banyak lagi. Perangkat lunak ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan berbagai industri dan keperluan pribadi.

2. Perangkat Lunak Sistem (System Software)

Deskripsi : Ini adalah jenis perangkat lunak yang mengelola sumber daya perangkat keras dan menyediakan layanan dasar untuk komputer. Perangkat lunak sistem mencakup sistem operasi, yang merupakan perangkat lunak inti yang mengontrol dan mengkoordinasikan aktivitas komputer. Sistem operasi seperti Windows, macOS, dan Linux memungkinkan komputer untuk menjalankan program, mengelola file, dan berinteraksi dengan perangkat keras. Driver perangkat keras juga merupakan bagian dari perangkat lunak sistem, menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi.

4. Apa Yang Dimaksud Dengan Bahasa Pemrograman dan Programmer?

Jawab :

1. Bahasa Pemrograman (Programming Language)

Bahasa pemrograman adalah set aturan dan sintaks yang digunakan oleh programmer untuk menulis kode komputer. Ini adalah cara untuk berkomunikasi dengan komputer dan menginstruksikannya melakukan tugas tertentu. Bahasa pemrograman bisa menjadi beragam, termasuk Python, Java, C++, dan banyak lagi. Setiap bahasa pemrograman memiliki aturan dan struktur yang berbeda, serta tingkat abstraksi yang berbeda, yang memungkinkan programmer untuk mengekspresikan ide dan algoritma dalam kode yang dapat dimengerti oleh komputer.

2. Programmer (Pemrogram)

Programmer adalah individu yang menggunakan bahasa pemrograman untuk menulis kode komputer. Mereka adalah orang yang merancang, mengembangkan, dan memelihara perangkat lunak. Programmer dapat memiliki berbagai tingkat keahlian dan fokus, mulai dari pemrogram pemula hingga pemrogram berpengalaman dalam bidang seperti pengembangan web, kecerdasan buatan, pengembangan permainan, dan banyak lagi. Tugas programmer meliputi menulis kode, menguji perangkat lunak, memecahkan masalah, dan memastikan bahwa perangkat lunak yang mereka buat berfungsi sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang diberikan.

5. Sebutkan dan Jelaskan Bahasa Pemrograman Berdasarkan Fungsi Kerja Pada Mesin Komputer?

Jawab :

Bahasa pemrograman dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi kerjanya pada mesin komputer menjadi beberapa kategori utama:

1. Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi (High-Level Programming Languages) : Bahasa pemrograman tingkat tinggi adalah bahasa yang dirancang dengan tingkat abstraksi yang tinggi dari bahasa mesin komputer. Mereka lebih mudah dipahami oleh manusia dan menyediakan cara yang lebih intuitif untuk mengekspresikan algoritma. Contoh bahasa pemrograman tingkat tinggi meliputi Python, Java, C++, dan Ruby. Program dalam bahasa ini lebih mudah ditulis, dibaca, dan dimodifikasi oleh programmer.

2. Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah (Mid-Level Programming Languages): Bahasa pemrograman tingkat menengah memiliki tingkat abstraksi yang sedang antara bahasa pemrograman tingkat tinggi dan bahasa mesin. Mereka memberikan sejumlah kontrol yang lebih tinggi daripada bahasa mesin tetapi lebih mendekati perangkat keras daripada bahasa tingkat tinggi. Contoh bahasa ini termasuk C dan Pascal. Mereka sering digunakan untuk pengembangan sistem, perangkat keras, dan perangkat lunak tingkat rendah.

3. Bahasa Pemrograman Tingkat Rendah (Low-Level Programming Languages): Bahasa pemrograman tingkat rendah lebih mendekati bahasa mesin komputer yang sebenarnya. Mereka memberikan kontrol yang sangat tinggi terhadap perangkat keras komputer, tetapi juga lebih sulit dipahami dan digunakan oleh manusia. Contoh bahasa ini adalah Assembly Language, yang memungkinkan programmer untuk bekerja secara langsung dengan instruksi mesin dan alamat memori. Bahasa ini umumnya digunakan dalam pengembangan perangkat keras atau perangkat lunak yang sangat spesifik.

4. Bahasa Pemrograman Tingkat Mesin (Machine-Level Programming Languages): Bahasa ini adalah bahasa pemrograman yang paling mendekati bahasa mesin komputer yang sebenarnya. Mereka menggambarkan instruksi mesin dalam bentuk teks atau biner yang hanya dapat dipahami oleh komputer. Bahasa ini jarang digunakan oleh programmer manusia secara langsung, kecuali dalam pengembangan perangkat keras atau saat bekerja dengan arsitektur komputer yang sangat rendah.

6. Sebutkan dan Jelaskan 3 Konsep Penyelesaian Masalah Dengan Program Komputer?

Jawab :

Terdapat beberapa konsep utama dalam penyelesaian masalah dengan program komputer. Berikut adalah tiga konsep penting:

1. Algoritma

 Algoritma adalah urutan langkah-langkah yang terdefinisi dengan baik yang digunakan untuk menyelesaikan masalah atau tugas tertentu. Algoritma merupakan panduan atau rencana yang memberi tahu komputer apa yang memberi tahu komputer apa yang harus dilakukan. Membuat algoritma yang efisien dan efektif adalah langkah awal dalam penyelesaian masalah dengan program komputer. Algoritma harus jelas, terurut, dan dapat dijalankan dengan benar untuk menghasilkan hasil yang diinginkan.

2. Pemrograman

Setelah algoritma dibuat, langkah selanjutnya adalah menerjemahkan algoritma tersebut menjadi kode pemrograman yang dapat dimengerti oleh komputer. Ini melibatkan penggunaan bahasa pemrograman yang tepat, sintaksis yang benar, dan logika pemrograman yang baik. Programmer harus memahami bahasa pemrograman yang mereka gunakan dan menggunakannya untuk mengimplementasikan algoritma dengan benar.

3. Pemecahan Masalah

Pemecahan masalah adalah kemampuan untuk menganalisis masalah, mengidentifikasi solusi potensial, dan mengimplementasikan solusi tersebut dengan menggunakan program komputer. Ini melibatkan pemahaman mendalam tentang masalah yang ingin dipecahkan, merancang algoritma yang sesuai, dan menyelesaikannya melalui pemrograman. Selama proses ini, mungkin diperlukan pemecahan masalah iteratif, pengujian, dan penyesuaian untuk mencapai solusi yang efektif.

7. Sebutkan dan Jelaskan 3 Alasan Menggunakan Algoritma?

Jawab :

Menggunakan algoritma dalam pemrograman dan pemecahan masalah memiliki beberapa alasan penting:

1. Kemudahan Pemahaman: Algoritma menyediakan panduan langkah-demi-langkah yang jelas untuk menyelesaikan masalah. Mereka membuat pemecahan masalah lebih mudah dipahami oleh manusia karena menguraikan proses menjadi langkah-langkah yang terorganisir. Dengan menggunakan algoritma, pemrogram dan pemecah masalah dapat dengan lebih mudah berkomunikasi, berkolaborasi, dan memahami solusi yang diusulkan.

2. Konsistensi dan Replikabilitas: Algoritma yang benar-benar didefinisikan dan didokumentasikan memastikan bahwa solusi dapat direplikasi dengan konsistensi. Hal ini berarti jika seseorang mengikuti algoritma yang sama, mereka akan mendapatkan hasil yang identik. Ini sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak dan pemecahan masalah yang konsisten, memungkinkan validasi dan pengujian yang lebih baik.

3. Penyelesaian Masalah: Algoritma adalah alat penting dalam pemecahan masalah dalam berbagai bidang, termasuk ilmu komputer, matematika, dan sains. Mereka membantu kita untuk merancang solusi yang sistematis dan dapat diandalkan untuk berbagai tantangan.

8. Sebutkan Manfaat Dari Menggunakan Algoritma?

Jawab :

1. Membantu memecahkan masalah secara logis dan sistematis.

2. Mempermudah proses editing program karena kita bisa melakukannya dalam satu modul saja tanpa harus mengubah modul lainnya.

3. Jika terjadi kesalahan, algoritma dapat membantu menemukannya berkat alur kerja yang jelas.

4. Memfasilitasi penyederhanaan program yang kompleks dan besar.

5. Untuk memudahkan membuat program untuk masalah tertentu.

6. Agar dapat melakukan pendekatan top-down dan divide and conquer.

7. Untuk memudahkan membuat program yang lebih jelas dan terstruktur sehingga lebih mudah dipahami dan dikembangkan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong