Hasil Pengujian korelasi Menggunakan Aplikasi RStudio
Data yang digunakan dalam pengujian korelasi ini diambil dari skripsi yang sudah ada yaitu skripsi yang berjudul "Analisis Korelasi Kemampuan Verbal dan Konsentrasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika Kelas X SMK Negeri 2 Palopo". Pengujian ini dilakukan untuk melihat adanya korelasi antara Kemampuan Verbal dan Konsentrasi Siswa dalam Pembelajaran Matematika menggunakan aplikasi RStudio.
Berdasarkan gambar di atas dapat dijelaskan :
- Nilai korelasi (cor) : Nilai korelasi yang diperoleh adalah 0.1888 yang menunjukkan korelasi hampir mendekati nol antara nilai tes dan angket. Ini menunjukkan bahwa hampir tidak ada hubungan antara nilai tes dan angket. Artinya, hasil pada tes tidak banyak berpengaruh atau tidak berkaitan langsung dengan hasil pada angket.
- Nilai p-value: p-value yang diperoleh adalah 0.07808, lebih besar dari tingkat signifikansi umum yang biasanya dipakai (0.05). Ini berarti hasil korelasi tidak signifikan secara statistik. Dengan kata lain, tidak memiliki bukti yang cukup untuk menyimpulkan bahwa ada korelasi nyata antara kedua variabel tersebut
- Interval Kepercayaan: Interval kepercayaan 95% untuk korelasi berada antara -0.021 dan 0.383. Karena interval ini mencakup nol, ini juga menguatkan bahwa tidak ada korelasi yang signifikan antara Skor tes dan Skor angket.
- Hipotesis Alternatif: Hipotesis alternatif dalam pengujian ini adalah bahwa korelasi sebenarnya tidak sama dengan nol atau ada korelasi. Namun, karena p-value tinggi dan korelasi sangat rendah, kita menolak hipotesis alternatif dan menerima hipotesis nol yang menyatakan tidak adanya korelasi.
Sehingga dapat disimpulkan tidak ada hubungan signifikan antara Kemampuan Verbal dan Konsentrasi Siswa karena nilai korelasi rendah dan p-value tinggi mendukung hipotesis nol yang menyatakan bahwa tidak ada korelasi nyata antara kedua variabel.
Namun, hasil pengujian menggunakan RStudio berbeda dengan hasil menggunakan SPSS V.21 pada skripsi yang datanya saya ambil. Hasil pada skripsi menunjukkan memiliki hubungan yang cukup antara Kemampuan Verbal dan Konsentrasi Siswa. Maka jika pembaca menemukan kesalahan dalam pengujian menggunakan aplikasi RStudio maka pembaca dapat menyampaikan kesalahan atau saran dikolom komentar.
terima kasih.
KOMPUTASI DAN PEMPROGRAMAN
Nama : Baiti Nuralimah Tombokan
NIM : 411422070
Kelas : A (Semester 3)
Prodi : Pendidikan Matematika
Mata Kuliah : Komputasi dan Pemograman
Dosen : Agusyarif Rezka Nuha, S.pd., M.Si
SCILAB
1. Pengertian Scilab
Scilab adalah paket komputasi numerik lintas platform gratis dan open source serta bahasa pemrograman berorientasi numerik tingkat tinggi. Ini dapat digunakan untuk pemrosesan sinyal, analisis statistik, peningkatan citra, simulasi aliran, optimisasi dan pemodelan numerik, simulasi sistem dinamis eksplisit dan implisit, dan manipulasi simbolis.
2. Bahasa pemprograman
Scilab adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang berorientasi numerik. Bahasa ini menyediakan lingkungan pemrograman yang diinterpretasikan yang menggunakan matriks sebagai tipe data utama. Memecahkan banyak masalah numerik dalam lebih sedikit baris kode daripada solusi serupa menggunakan bahasa tradisional seperti Fortran, C, atau C++ dengan menggunakan komputasi berbasis matriks, pengetikan dinamis, dan manajemen memori otomatis dapat dinyatakan karena memungkinkan pengguna membuat model dengan cepat untuk berbagai masalah matematika.
PRAKTEK
1. Deret Bilangan Genap dan Ganjil
2. Deret Bilangan Prima
3. Fungsi Bagi Dua
4. Mengecek Nilai Akhir Siswa
SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER DAN ALGORITMA
Nama : Baiti Nuralimah TombokanNim: 411422070Kelas / Prodi: A / Pendidikan MatematikaMata Kuliah: Komputasi dan PemogramanDosen Pengampu: Agusyarif Rezka Nuha, S.Pd, M.Si
1. Komputer
Sejarah komputer melibatkan perkembangan panjang dari perangkat mekanikal sederhana hingga mesin canggih yang kita miliki saat ini. Berikut adalah titik-titik penting dalam sejarah dan perkembangan komputer:
1) Zaman Pra-Komputer:
- Abakus (sekitar 3000 SM): Alat hitung mekanikal pertama yang digunakan untuk melakukan perhitungan dasar.
- Mesin Analitik Charles Babbage (1837): Desain mesin pertama yang dapat dianggap sebagai komputer mekanikal pertama. Mesin ini memiliki unit pemrosesan dan penyimpanan.
2) Komputer Generasi Pertama:
- ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer) tahun 1945: Komputer elektronik pertama yang dapat diprogram. Ini sangat besar dan digunakan untuk perhitungan ilmiah.
3) Komputer Generasi Kedua:
- Transistor (akhir 1940-an): Penemuan transistor menggantikan tabung vakum dan memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, lebih efisien, dan lebih andal.
- IBM 360 (1964): Seri komputer ini populer dan digunakan di berbagai industri.
4) Komputer Generasi Ketiga:
- Mikroprosesor (awal 1970-an): Penemuan mikroprosesor memungkinkan komputer menjadi lebih kecil, lebih terjangkau, dan berdaya rendah.
5) Komputer Generasi Keempat:
- Personal Computer (PC) (akhir 1970-an - awal 1980-an): Kemunculan PC seperti IBM PC membawa komputasi ke rumah dan bisnis kecil.
6) Komputer Generasi Kelima (Kemungkinan):
- Komputasi Kuantum dan Kecerdasan Buatan (AI): Seiring perkembangan teknologi, komputer kuantum dan AI semakin menjadi perhatian utama dalam dunia komputasi.
2. Logaritma
Algoritma adalah langkah-langkah terstruktur yang digunakan dalam pemrosesan data komputer. Algoritma telah ada sejak lama dan berkembang seiring waktu. Contoh algoritma awal termasuk algoritma penjumlahan atau perkalian sederhana. Dalam perkembangannya, algoritma semakin kompleks, seperti algoritma pengurutan (seperti algoritma QuickSort dan MergeSort) dan algoritma kecerdasan buatan (seperti algoritma pembelajaran mesin).
Sejarah dan perkembangan algoritma telah berlangsung selama ribuan tahun, dimulai dari zaman kuno hingga era modern. Berikut adalah tinjauan singkat:
1) Zaman Kuno:
- Algoritma pertama yang tercatat adalah algoritma untuk menjalankan operasi matematika dasar, seperti penjumlahan dan perkalian, yang digunakan oleh peradaban kuno seperti Mesir dan Babilonia.
2) Abad Pertengahan:
- Pada Abad Pertengahan, matematikawan Muslim seperti Al-Khwarizmi berperan penting dalam pengembangan algoritma, termasuk algoritma penyelesaian persamaan linear, yang memberikan nama kepada kata "algoritma."
3) Abad Pencerahan:
- Matematikawan Eropa seperti Euler dan Gauss menyumbangkan berbagai algoritma dalam matematika dan statistik.
4) Abad 20:
- Algoritma Turing (1936): Alan Turing mengembangkan mesin Turing, yang menjadi dasar untuk komputer modern. Dia juga memperkenalkan konsep mesin Universal Turing, yang dapat menjalankan berbagai algoritma.
5) Era Komputasi Modern:
- Algoritma Sorting: Pengembangan algoritma pengurutan seperti QuickSort, MergeSort, dan BubbleSort untuk mengurutkan data dengan cepat.
- Algoritma Pencarian: Algoritma pencarian seperti Binary Search dan Linear Search untuk mencari data dalam kumpulan data.
- Algoritma Kecerdasan Buatan: Pengembangan algoritma kecerdasan buatan untuk tugas seperti pembelajaran mesin, jaringan saraf tiruan, dan pengenalan pola.
6) Era Digital:
- Algoritma untuk Grafik Komputer: Pengembangan algoritma untuk rendering grafik komputer dan permainan video.
- Algoritma Pengoptimalan: Penggunaan algoritma untuk mengoptimalkan berbagai masalah dalam logistik, manufaktur, dan lainnya.
7) Algoritma Kontemporer:
- Algoritma Big Data: Pengembangan algoritma untuk mengelola dan menganalisis data besar.
- Algoritma Kriptografi: Pengembangan algoritma untuk menjaga keamanan data dan komunikasi.
Perkembangan teknologi informasi dan komputasi terus mendorong inovasi dalam algoritma. Algoritma menjadi dasar utama dalam pemrosesan data, komputasi tingkat tinggi, dan berbagai aplikasi teknologi informasi modern.
Latihan Soal :
1. Apa yang dimaksud dengan logaritma?
Jawab:
Logaritma adalah konsep matematika yang berhubungan dengan eksponen dan perpangkatan. Dalam matematika, logaritma digunakan untuk memecahkan masalah perkalian, pembagian, dan perpangkatan yang melibatkan bilangan-bilangan eksponensial. Secara khusus, logaritma mengukur eksponen yang diperlukan untuk menghasilkan suatu bilangan tertentu dari bilangan dasar yang dinyatakan dalam bentuk persamaan.
Dalam notasi matematika, logaritma dari bilangan x terhadap dasar a biasanya dinyatakan sebagai “logaritma basis a dari x” dan ditulis sebagai berikut:
Log a(x)
Di sini:
- “x” adalah bilangan yang ingin kita cari logaritmanya.
- “a” adalah dasar logaritma.
- “log a(x)” adalah hasil dari operasi logaritma dan merupakan eksponen yang diperlukan untuk mendapatkan x dari pangkat a.
Logaritma memiliki berbagai aplikasi dalam matematika, ilmu pengetahuan, dan teknologi, termasuk dalam perhitungan kompleks, teori probabilitas, kalkulus, pemodelan pertumbuhan populasi, dan banyak lagi. Logaritma juga digunakan dalam pengolahan sinyal, analisis data, dan berbagai bidang ilmu lainnya.
2. Apa yang dimaksud dengan program?
Jawab:
Program adalah serangkaian instruksi atau perintah yang ditulis dalam bahasa pemrograman untuk menginstruksikan komputer atau perangkat lainnya untuk menjalankan tugas atau fungsi tertentu. Program-program ini dapat berupa perangkat lunak (software) yang dijalankan pada komputer atau perangkat seluler, atau perangkat keras (hardware) yang diatur untuk melakukan operasi tertentu.
Program komputer terdiri dari kumpulan instruksi yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu. Instruksi-instruksi ini dapat mencakup operasi matematika, pengolahan data, logika pengambilan keputusan, dan banyak lagi. Program-program ini digunakan untuk berbagai tujuan, seperti:
- Aplikasi Perangkat Lunak: Program-program ini mencakup berbagai aplikasi yang digunakan untuk tujuan tertentu, seperti pengolah kata, spreadsheet, peramban web, permainan, dan banyak lagi.
- Sistem Operasi: Program yang mengendalikan operasi dasar komputer, mengelola perangkat keras, dan memberikan antarmuka antara pengguna dan komputer.
- Perangkat Embedded: Program-program yang tersemat dalam perangkat keras tertentu, seperti perangkat pintar, mobil, perangkat medis, dan lain-lain.
- Skrip dan Scripting: Program kecil yang digunakan untuk mengotomatisasi tugas atau mengendalikan aplikasi tertentu, seringkali digunakan dalam administrasi sistem.
- Aplikasi Kecerdasan Buatan (AI): Program yang menggunakan algoritma pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan untuk membuat komputer mampu mengambil keputusan berdasarkan data dan pola.
Program komputer ditulis oleh pemrogram menggunakan bahasa pemrograman yang sesuai. Kemudian, program tersebut dapat dikompilasi atau dieksekusi oleh komputer sesuai dengan aturan dan sintaksis yang ditentukan oleh bahasa pemrograman tersebut. Program adalah inti dari semua perangkat lunak dan teknologi yang kita gunakan sehari-hari, dan mereka memainkan peran penting dalam mengotomatisasi tugas-tugas dan memungkinkan komputer melakukan berbagai fungsi yang berguna.
3. Sebutkan dan jelaskan dua macam kelompok besar program komputer!
Jawab:
Program komputer dapat dikelompokkan menjadi dua kelompok besar berdasarkan jenis tugas yang mereka lakuka
1) Perangkat Lunak Aplikasi (Application Software):
Perangkat lunak aplikasi adalah program-program yang dirancang untuk menjalankan tugas-tugas spesifik sesuai dengan kebutuhan pengguna. Mereka memiliki tujuan tertentu, seperti pengolah kata, spreadsheet, peramban web, permainan, aplikasi desain grafis, dan sebagainya.
Contoh :
- Microsoft Word: Sebuah aplikasi pengolah kata yang digunakan untuk membuat, mengedit, dan memformat dokumen teks.
- Adobe Photoshop: Aplikasi desain grafis yang digunakan untuk mengedit dan membuat gambar dan grafik.
- Mozilla Firefox: Peramban web yang digunakan untuk menjelajahi internet dan mengakses situs web.
Fungsi :
Perangkat lunak aplikasi dirancang untuk memenuhi kebutuhan pengguna akhir dalam berbagai bidang, termasuk produktivitas, hiburan, komunikasi, dan banyak lagi.
2) Perangkat Lunak Sistem (System Software):
Perangkat lunak sistem adalah program-program yang mengelola sumber daya komputer, mengkoordinasikan operasi dasar, dan memberikan antarmuka antara perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi. Mereka biasanya beroperasi di latar belakang dan tidak berinteraksi langsung dengan pengguna.
Contoh:
- Sistem Operasi (seperti Windows, macOS, Linux): Bertanggung jawab atas pengelolaan perangkat keras, manajemen file, dan memberikan antarmuka pengguna untuk menjalankan aplikasi.
- Driver Perangkat Keras: Program yang menghubungkan perangkat keras, seperti printer atau kartu grafis, dengan sistem operasi.
- Utilitas Sistem: Program-program seperti antivirus, pemulihan data, dan manajemen tugas yang membantu pengguna menjaga dan mengelola sistem mereka.
Fungsi:
Perangkat lunak sistem memberikan dasar operasional bagi komputer, memastikan perangkat keras berfungsi dengan baik, dan menyediakan lingkungan yang diperlukan untuk menjalankan perangkat lunak aplikasi.
Kedua kelompok besar program komputer ini bekerja bersama untuk membuat komputer dan perangkat lunaknya beroperasi dengan efisien. Perangkat lunak aplikasi memberikan fungsi spesifik kepada pengguna, sementara perangkat lunak sistem mengelola sumber daya dan memastikan sistem berjalan dengan baik.
4. Apa yang dimaksud dengan bahasa pemrograman dan programmer?
Jawab:
1) Bahasa Pemrograman:
Bahasa pemrograman adalah sistem komunikasi yang digunakan oleh programmer untuk memberikan instruksi kepada komputer. Ini adalah set aturan dan sintaksis yang memungkinkan programmer untuk menulis kode yang dapat dipahami oleh komputer. Dengan menggunakan bahasa pemrograman, programmer dapat mengembangkan perangkat lunak, aplikasi, dan sistem yang beragam. Setiap bahasa pemrograman memiliki karakteristik dan kegunaan yang berbeda.
Contoh bahasa pemrograman termasuk Python, Java, C++, JavaScript, Ruby, dan banyak lainnya. Setiap bahasa memiliki aturan dan struktur sintaksis yang berbeda, serta fitur-fitur unik yang membuatnya cocok untuk jenis tugas tertentu.
2) Programmer:
Programmer adalah seseorang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menulis, menguji, dan memelihara kode komputer menggunakan bahasa pemrograman. Mereka adalah individu yang merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan perangkat lunak dan aplikasi komputer. Programmer juga bertanggung jawab untuk memecahkan masalah, mengoptimalkan kode, dan memastikan bahwa program berfungsi sesuai dengan kebutuhan.
Peran seorang programmer dapat sangat bervariasi, mulai dari pengembang perangkat lunak aplikasi hingga pengembang perangkat keras, ilmuwan data, dan ahli keamanan komputer. Mereka sering bekerja sama dengan tim pengembangan untuk menciptakan solusi teknologi yang inovatif dan bermanfaat. Keahlian pemrograman adalah elemen kunci dalam dunia teknologi informasi dan berperan penting dalam menghasilkan perangkat lunak dan sistem yang digunakan secara luas di berbagai industri.
5. Sebutkan dan jelaskan bahasa pemrograman berdasarkan fungsi kerja pada mesin komputer!
Jawab:
Bahasa pemrograman dapat dikelompokkan berdasarkan fungsinya dalam mesin komputer. Berikut beberapa jenis bahasa pemrograman berdasarkan fungsinya:
1) Bahasa Mesin (Machine Language):
Bahasa mesin adalah bahasa pemrograman paling rendah yang digunakan oleh komputer secara langsung. Ini terdiri dari kode biner (0 dan 1) yang sesuai dengan instruksi-instruksi perangkat keras komputer.
Fungsi:
Bahasa mesin adalah bahasa yang paling dekat dengan bahasa mesin fisik komputer. Instruksi-instruksi dalam bahasa mesin langsung dijalankan oleh CPU. Ini sangat sulit untuk dipahami oleh manusia dan hanya digunakan pada level tingkat bawah dalam pemrograman.
2) Bahasa Perakitan (Assembly Language):
Bahasa perakitan adalah bahasa pemrograman yang menggunakan mnemonik dan simbol-simbol untuk merepresentasikan instruksi-instruksi dalam bahasa mesin. Ini lebih mudah dimengerti oleh manusia daripada bahasa mesin.
Fungsi:
Bahasa perakitan membantu programmer berinteraksi lebih baik dengan perangkat keras komputer. Ini digunakan untuk pengembangan perangkat keras, pemrograman tertanam (embedded), dan dalam situasi di mana kecepatan eksekusi sangat penting.
3) Bahasa Tingkat Rendah (Low-Level Language):
Bahasa tingkat rendah adalah bahasa pemrograman yang lebih dekat dengan bahasa mesin daripada bahasa pemrograman tingkat tinggi. Ini termasuk bahasa seperti C dan C++.
Fungsi:
Bahasa tingkat rendah memberikan kontrol yang lebih besar atas perangkat keras dan memungkinkan programmer untuk melakukan manipulasi yang lebih langsung terhadap memori dan perangkat keras. Mereka sering digunakan untuk pengembangan sistem operasi dan perangkat keras.
4) Bahasa Tingkat Tinggi (High-Level Language):
Bahasa tingkat tinggi adalah bahasa pemrograman yang lebih abstrak dan lebih mudah dimengerti oleh manusia. Ini termasuk bahasa seperti Python, Java, C#, dan JavaScript.
Fungsi:
Bahasa tingkat tinggi menyediakan abstraksi yang tinggi dari perangkat keras komputer, membuatnya lebih mudah bagi programmer untuk mengembangkan perangkat lunak kompleks tanpa perlu terlalu mendalam pada detail perangkat keras. Mereka cocok untuk pengembangan aplikasi, perangkat lunak bisnis, dan berbagai jenis pengembangan perangkat lunak.
Pilihan bahasa pemrograman bergantung pada kebutuhan proyek, tingkat kontrol yang diperlukan, dan bahasa yang paling sesuai dengan tujuan pengembangan. Semakin tinggi tingkat bahasa pemrograman, semakin mudah bagi programmer untuk berinteraksi dengan perangkat keras, tetapi sering kali dengan pengorbanan sebagian kontrol langsung atas perangkat keras tersebut.
6. Sebutkan dan jelaskan tiga konsep penyelesaian masalah dengan program komputer!
Jawab:
1) Algoritma
Algoritma adalah langkah-langkah yang terstruktur untuk menyelesaikan masalah. Dalam pemrograman, algoritma adalah rencana yang detail dan terurut untuk mencapai tujuan tertentu. Contohnya, jika Anda ingin mengurutkan daftar bilangan, algoritma pengurutan seperti “Bubble Sort” atau “Quick Sort” akan membantu Anda mengorganisasi data dengan efisien.
2) Struktur Data
Struktur data adalah cara mengorganisasi dan menyimpan data dalam program komputer. Pemilihan struktur data yang tepat bisa memengaruhi efisiensi penyelesaian masalah. Misalnya, untuk pencarian data dalam jumlah besar, menggunakan pohon biner akan lebih cepat daripada mencari secara sekuensial.
3) Pemrograman Berorientasi Objek (OOP)
OOP adalah paradigma pemrograman di mana program dibangun menggunakan objek dan kelas. Setiap objek memiliki atribut dan metode yang berinteraksi satu sama lain. Ini membantu dalam memodelkan masalah kompleks dengan cara yang lebih terstruktur dan mudah dimengerti. Contohnya, dalam pembuatan permainan video, setiap karakter bisa diwakili sebagai objek dengan perilaku unik.
Konsep-konsep ini membantu programmer dalam merancang dan mengembangkan solusi yang efisien dan efektif untuk berbagai masalah yang dihadapi.
7. Sebutkan dan jelaskan tiga alasan menggunakan algoritma?
Jawab:
1) Efisiensi
Algoritma yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan efisiensi dalam pemrosesan data dan waktu eksekusi program. Algoritma yang efisien dapat menjalankan tugas-tugas dengan cepat, bahkan pada data yang besar, yang sangat penting dalam komputasi modern yang sering melibatkan volume data yang besar.
2) Kesalahan yang Dapat Diandalkan
Dengan algoritma yang tepat, Anda dapat meminimalkan kesalahan dalam program Anda. Algoritma yang telah diuji dan diverifikasi dapat menghindari kesalahan umum, seperti pengulangan tak terbatas atau kesalahan logika, yang dapat merusak kualitas program.
3) Skalabilitas
Algoritma yang baik dapat dengan mudah diadaptasi untuk menangani masalah yang lebih besar atau lebih kompleks. Ini memungkinkan fleksibilitas dalam pengembangan perangkat lunak dan memungkinkan Anda untuk mengatasi perubahan kebutuhan dengan lebih baik seiring waktu.
Menggunakan algoritma yang tepat adalah kunci dalam memastikan bahwa program komputer Anda dapat beroperasi dengan efisien, akurat, dan mampu berkembang sejalan dengan kebutuhan Anda.
8. Sebutkan manfaat dari menggunakan algoritma!
Jawab:
Algoritma memiliki banyak manfaat, di antaranya yaitu :
- Efisiensi : Algoritma yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan efisiensi dalam pemrosesan data dan waktu eksekusi program, yang menghemat sumber daya komputer dan waktu pengguna.
- Ketepatan : Algoritma yang tepat dan teruji dapat menghasilkan hasil yang akurat dan konsisten, mengurangi kesalahan manusia dalam pengolahan data.
- Skalabilitas : Algoritma yang baik dapat dengan mudah diadaptasi untuk menangani masalah yang lebih besar atau lebih kompleks, sehingga program dapat tumbuh seiring kebutuhan.
- Optimisasi : Algoritma dapat digunakan untuk mengoptimalkan berbagai aspek kehidupan, termasuk bisnis, perencanaan logistik, dan pengambilan keputusan.
- Kemampuan Pemecahan Masalah : Penggunaan algoritma dapat membantu dalam pemecahan masalah yang kompleks dan dapat memberikan panduan dalam menghadapi situasi yang rumit.
- Kemudahan Pemeliharaan : Algoritma yang terdokumentasi dengan baik dapat memudahkan pemeliharaan dan pengembangan perangkat lunak, karena mereka memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana program bekerja.
- Inovasi : Algoritma yang kreatif dan inovatif dapat membuka jalan bagi penemuan baru dan pengembangan teknologi yang lebih maju.
- Keamanan : Dalam keamanan siber, algoritma enkripsi dan autentikasi digunakan untuk melindungi data dan informasi sensitif.
- Pengambilan Keputusan yang Terinformasi : Algoritma dapat digunakan dalam analisis data untuk membantu pengambilan keputusan yang lebih terinformasi dalam berbagai bidang, termasuk bisnis, ilmu pengetahuan, dan kesehatan.
- Peningkatan Kualitas Hidup : Dalam konteks medis, algoritma digunakan dalam diagnosis, perawatan, dan pengelolaan penyakit, yang dapat meningkatkan kualitas hidup manusia.
Penggunaan algoritma dengan bijak dan sesuai dengan konteksnya dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan modern.
PKKMB UNG KECE!!!
PKKMB kemarin di mulai dari tanggal 11-16 Agustus 2022. Yang dimulai dari tingkat Universitas sampai tingkat jurusan.
Saya kemarin mendapatkan pengalaman seru, bisa bertemu teman lama dan teman baru pastinya. Dan saya mendapatkan materi bermanfaat seputar kampus dll dari pemateri-pemateri kemarin.
Di PKKMB juga ada Hots-hots yang kece, Kakak-kakak panitian yang the bets, serta ada penampilan yang menarik tentunya di setiap selingan mareri, yang membuat kami Mahasiswa baru tidak bosan.
Kategori
- Masih Kosong
Blogroll
- Masih Kosong