dampak penggunaan internet

14 February 2013 15:56:44 Dibaca : 75

Internet ialah jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di belahan dunia (seperti sekolah, universitas, institusi riset, museum, bank, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio). Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi, penyedia informasi, dan fasilitas untuk promosi. Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai lokasi diseluruh dunia. Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak diseluruh dunia dengan menggunakan fasilitas Electronic mail (E-mail).

Dampak negatif dari internet ini yaitu, bermacam-macam materi yang berpengaruh negatif pun bertebaran di internet. Contohnya seperti : pornografi, kejahatan, berita pelecehan seksual pun mudah diakses oleh siapa pun. Banyak barang-barang seperti narkoba sudah ditawarkan melalui internet. Bahkan, melalui internet juga orang – orang bisa melakukan penipuan dan pencurian.

Internet, merupakan kata yang tidak asing lagi di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi, internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular (Hand Phone) yang memiliki koneksi internet, atau disebuah warung yang menjual jasa internet atau “warnet”. Dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi - informasi yang ada di dunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata, banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan dijagat internet ini walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila. Cara pelajar yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh.

Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir pelajar yang kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya. namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap pelajar untuk mencari atau mendapatkan informasi. Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap pelajar untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda).

Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih cepat daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negatif justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kekayaan informasi dari internet tersebut.

 

Referensi : Chinmi.wordpress.com/2008/02/11/mencegah-pengaruh-negatif-internet-terhadap-perkembangan-seksualitas-anak/

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong