ARSIP BULANAN : February 2013

softskill

24 February 2013 16:28:37 Dibaca : 66

Softskill ialah sikap dasar dari diri sendiri ataupun kepribadian seseorang dengan orang lain.


Pengembangan softskill di perguruan Tinggi


Yang dapat membuat seseorang menjadi cepat sukses adalah
1. Softskill, dan
2. Izin tuhan


Atribut dari softskill yaitu ;
1. Nilai motivasi
2. Sikap
3. Perilaku
4. Manejemen waktu
5. Manejemen diri
6. Mandiri
7. Berpikir kritis, dll

Belajar Fisika Itu Asyik

18 February 2013 11:31:33 Dibaca : 69

Tidak dapat dipungkiri, bahwa pelajaran yang paling menjadi momok bagi siswa adalah Fisika. Banyak siswa yang alergi ketika mendengar mata pelajaran Fisika.

Dalam benak mereka, belajar fisika selalu berkaitan dengan rumus yang menakutkan. Di dalam kelas pun, siswa selalu diajarkan rumus yang memusingkan. Setiap siswa selalu membayangkan betapa sulitnya belajar Fisika itu.

Pernahkah kita bertanya, mengapa ada orang senang mendaki gunung tinggi dan penuh bahaya? Mengapa ada orang hobi menjelajahi ganasnya gurun pasir yang tandus dan panas? Atau mengapa sebagian orang gemar mengarungi buasnya samudra? Jawabannya adalah bagi mereka semua merupakan itu hobi, kegemaran dan bisa memuaskan diri mereka. Mereka mencari kepuasan diri dan memiliki semangat yang tinggi untuk melakukan semua itu.

Sekarang, bagaimana dengan belajar Fisika? Mengapa ada orang yang sangat senang pelajaran Fisika? Prof Yohanes Surya, orang Indonesia yang membuktikan bahwa belajar Fisika itu asyik dan menyenangkan. Lalu bagaimana dengan kebanyakan orang (siswa) yang takut belajar Fisika?

Orang yang senang belajar Fisika, karena bagi mereka pelajaran itu menyenangkan. Dari awal, mereka selalu membayangkan betapa menyenangkannya belajar Fisika. Mempelajari Fisika adalah suatu petualangan yang menggairahkan dan menantang. Menjadi seorang fisikawan profesional, bahkan lebih menggairahkan. Di antara kegiatan intelektual manusia, yang paling banyak menyerap energi adalah mempelajari dunia tempat kita hidup dan mencoba membuka tabir rahasia alam. Itulah tepatnya yang merupakan tujuan Ilmu Fisika.

Ilmu Fisika selalu berkaitan dengan kehidupan kita sehari-hari. Sebenarnya tanpa sadar, tiap orang selalu menerapkan hukum fisika. Misalnya, mengapa berjalan di tempat yang licin itu lebih sulit dibandingkan di tempat yang kasar. Di situlah Ilmu Fisika bekerja, bahwa jalan yang licin itu gaya geseknya lebih kecil dibandingkan dengan jalan yang kasar sehingga gaya penahan kaki kita lebih kecil. Makanya kita sering terpeleset ketika berjalan di jalan yang licin.

Contoh lain, mengapa jalan tikungan selalu dibuat miring dengan sudut kemiringan tertentu? Itu bukan tanpa alasan. Kecepatan kendaraan di tikungan itu, berbanding lurus dengan besar sudut kemiringan tikungan. Hal itu membuat kendaraan lebih aman ketika melaju di tikungan dengan sudut kemiringan tertentu.

Hal itu membuktikan, fisika selalu dekat dengan peristiwa yang kita alami. Tanpa belajar pun, sebenarnya setiap orang telah menerapkan Ilmu Fisika.

Lalu bagaimana agar belajar Fisika itu menyenangkan? Pertama, hilangkan anggapan bahwa Fisika itu susah. Anggapan itulah yang menghalangi seseorang untuk belajar Fisika lebih dalam. Ingat, anggapan/pikiran adalah penggerak tubuh. Dengan berpikir ‘Fisika itu susah’, maka otak akan bekerja mencari alasan mengapa Fisika itu susah. Akhirnya, seribu satu alasan menyatakan Fisika memang ‘benar-benar susah’ dan bikin sakit kepala sehingga orang enggan ‘masuk’ ke dunia Fisika.

Berpikirlah positif terhadap fisika, maka akan muncul hasil yang positif. Jika kita berpikir belajar Fisika itu asyik dan menarik, maka otak kita pun akan mencari alasan mengapa Fisika itu menyenangkan dan mengapa perlu mempelajarinya. Berdasar pikiran yang positif itulah, lahir minat dan semangat baru untuk belajar mencintai Fisika.

Langkah kedua adalah menumbuhkan minat dengan mengatakan: “Apakah manfaatnya bagiku.â€Â Mengetahui secara konkret manfaat yang diperoleh setelah belajar Fisika, maka akan tumbuh dalam diri suatu sugesti besar untuk mempelajarinya.

Melalui Ilmu Fisika akan tersingkap rahasia alam, penemuan baru dan teknologi terapan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Bahkan, Ilmu Fisika selalu berkaitan dengan berbagai disiplin ilmu lainnya. Misalnya dalam Ilmu Kedokteran juga dipakai asas fisika medik. Eksplorasi minyak bumi dan barang tambang, juga menerapkan teknologi fisika bumi atau lebih dikenal dengan sebutan Geofisika. Bidang teknik sipil mengaplikasikan konsep titik berat, keseimbangan gaya, tegangan dan daya tahan suatu material yang semuanya itu dijelaskan dengan baik dan terperinci dalam Ilmu Fisika.

Bahkan dalam bidang ekonomi dan bisnis sekalipun, Ilmu Fisika turut ambil bagian yaitu yang dikemas sebagai Ekonofisika. Bagaimana memprediksikan turun naiknya harga saham, atau kondisi moneter berdasarkan data sebelumnya. Nah, jika kita menguasai Ilmu Fisika tentu akan mudah mencari maupun menciptakan lapangan kerja.

Langkah ketiga adalah mengatur tempat belajar dan membangun suasana yang bersahabat. Dalam hal ini, interaksi antara guru dan siswa dalam belajar Fisika. Buatlah siswa betah tinggal di kelas dan ciptakan suasana segar dalam belajar. Perlakukan siswa sebagai manusia sederajat, pahami cara berpikir siswa, tanyakan penghambat mereka belajar dan bersenang-senanglah bersama mereka.

Fisika tidak selalu berkaitan dengan rumus, tetapi menggunakan logika berpikir. Bukan berarti Fisika tanpa Matematika, karena Matematika adalah dasarnya. Biasanya orang Fisika selalu mempunyai logika dan pola pikir yang baik, sehingga orang yang ahli dalam bidang Fisika mampu bekerja di berbagai bidang.

Memang, Fisika tidak bisa dikatakan mudah. Tetapi tidak ada alasan untuk tidak menyukai pelajaran Fisika, karena ternyata belajar Fisika itu asyik dan menyenangkan.

 

http://www.fisikanet.lipi.go.id/utama.cgi?cetakartikel&1240269320

dampak penggunaan internet

14 February 2013 15:56:44 Dibaca : 76

Internet ialah jaringan global antar komputer untuk berkomunikasi dari satu lokasi ke lokasi lainnya di belahan dunia (seperti sekolah, universitas, institusi riset, museum, bank, perusahaan bisnis, perorangan, stasiun TV ataupun radio). Internet berfungsi sebagai aspek komunikasi, penyedia informasi, dan fasilitas untuk promosi. Internet dapat menghubungkan kita dengan berbagai pihak di berbagai lokasi diseluruh dunia. Misalnya kita bisa kirim data atau surat dengan berbagai pihak diseluruh dunia dengan menggunakan fasilitas Electronic mail (E-mail).

Dampak negatif dari internet ini yaitu, bermacam-macam materi yang berpengaruh negatif pun bertebaran di internet. Contohnya seperti : pornografi, kejahatan, berita pelecehan seksual pun mudah diakses oleh siapa pun. Banyak barang-barang seperti narkoba sudah ditawarkan melalui internet. Bahkan, melalui internet juga orang – orang bisa melakukan penipuan dan pencurian.

Internet, merupakan kata yang tidak asing lagi di telinga setiap orang, terutama para remaja yang senantiasa bergaul dengan mewahnya dunia yang berteknologi, internet bisa didapatkan dimanapun kita berada, dengan bermodalkan telepon selular (Hand Phone) yang memiliki koneksi internet, atau disebuah warung yang menjual jasa internet atau “warnet”. Dengan adanya internet, akses atau jalan terhadap penyampaian informasi - informasi yang ada di dunia ini dapat diambil dengan mudahnya seraya membalikkan tangan atau mengejapkan mata, banyak ilmu pengetahuan yang begitu melimpah disana, informasi mengenai apapun dapat kita temukan dijagat internet ini walaupun tak dapat dipungkiri bahwa karena adanya kebebasan ini dapat terjadi pula penyalahgunaan fasilitas internet sebagai sarana untuk kriminalitas atau asusila. Cara pelajar yang baru mengenal internet biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencari hal yang aneh-aneh.

Namun demikian tidak semua siswa melakukan hal yang demikian, hanya segelintir pelajar yang kurang memiliki rasa tanggungjawab terhadap diri pribadi dan sekitarnya. namun pada umumnya internet digunakan oleh setiap pelajar untuk mencari atau mendapatkan informasi. Hal ini dapat menjadi sebuah motivator terhadap pelajar untuk terus berkembang dan juga dapat berfungsi sebagai penghancur (generasi muda).

Remaja yang kesehariannya bergaul dengan internet akan lebih tanggap terhadap perubahan informasi disekitarnya karena ia terbiasa dan lebih mengetahui tentang informasi-informasi tersebut sehingga dia lebih cepat daripada yang lainnya. Tetapi selain itu, remaja yang memiliki kecenderungan pada hal yang negatif justru sebaliknya, dia akan nampak pasif karena hanya diperbudak oleh kemudahan dan kekayaan informasi dari internet tersebut.

 

Referensi : Chinmi.wordpress.com/2008/02/11/mencegah-pengaruh-negatif-internet-terhadap-perkembangan-seksualitas-anak/

 

tips belajar fisika

09 February 2013 18:47:46 Dibaca : 92

Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Fisika di Universitas Negeri Gorontalo.


Apakah menurut anda Fisika itu sulit ? hanya anda yang tahu jawabannya. Tidak dapat dipungiri bahwa sebagian orang menganggap Fisika itu sulit. Nah, jika anda termasuk salah satu orang yang menganggap Fisika itu sulit, perlu membaca tips-tips berikut ini.


1. Jangan menganggap Fisika itu sulit
Anggapan sulit terhadap fisika mebuat sel-sel tubuh kita mengondisika bahwa Fisika itu sulit. Dengan menanamkan dalam pikiran kita bahwa Fisika itu mudah, maka anda sudah mempunyai modal 50% untuk menguasai Fisika dengan baik dan mudah.


2. Jangan anipati dengan Fisika
Rasa anipati atau tidak suka terhadap Fisika berarti anda menutupi diri terhadap fisika. Dengan rasa suka berarti pikiran kita terbuka dan siap menerima materi-materi Fisika. Oleh karena itu, tumbuhkan terlebih dahulu rasa suka terhadap Fisika.


3. Jangan menghafal rumus, tetapi pahami konsep dasarnya
Banyak siswa yang belajar Fisika dengan cara yang salah, yaitu menghafal rumus. Jelas cara ini membuat anda sia-sia. Belajar fisika yang benar adalah dengan memahami konsep dan rumus dasarnya. Dengan memahami konsep tersebut, kita bisa menjabarkan semua rumus yang berkaitan dengan konsep tersebut.


4. Jangan malu bertanya jika mendapat kesulitan
Pepatah lama ini sampai sekarang masih ampuh; “malu bertanya sesat dijalan”. Saat guru/dosen menjelaskan suatu konsep, perhatikan dengan saksama. Jika ada sesuatu yang belum jelas terhadap konsep, segera tanyakan. Jika anda malu bertanya, akibatnya anda tidak akan memahami konsep itu.


5. Jangan takut mencoba dan jangan takut salah
Setelah anda memahami konsep, tibalah saatnya untuk mencoba mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan konsep-konsep tersebut. Disinilah kemampuan menggunakan rumus-rumus akan diuji. Cobalah kerjakan dari soal-soal yang sederhana terlebih dahulu. Jangan beralih ke soal lain jika soal yang anda kerjakan belum terselesaikan. Jangan takut salah. Gunakan kesalahan sebagai guru untuk menemukan jawan yang benar.

6. Sering berlatih
Ibarat pisau, jika tidak sering diasah maka ketajamannya akan berkurang. Seringlah berlatih menggunakan rumus-rumus yang telah anda kuasai untuk mengerjakan soal-soal Fisika. Semakin anda berlatih, anda semakin terampil dalam mengerjakan soal-soal Fisika.

motivasi untuk bijak

06 February 2013 18:25:08 Dibaca : 60

Kesuksesan seseorang kadang-kadang bisa berawal dari rasa frustasi, bisa juga tumbuh dari inspirasi. Mari beramai-ramai membabat frustasi dan menanam benih-benih inspirasi itu. Benih-benih inspirasi itu akan kita peroleh dengan cara mulai bermimpi. Untuk mewujudkan mimpi, kalimat-kalimat bijak berikut ini dapat memompa dan memotivasi diri.

  1. Persiapan yang terbaik untuk hari esok adalah melakukan pekerjaan hari ini dengan sangat baik.
  2. Tujuan utama dalam hidup adalah mencapai keberhasilan, tidak peduli siapapun dia.
  3. Kalau satu dari sepuluh mimpi anda menjadi kenyataan, maka bermimpilah lebih banyak lagi.
  4. Jangan lupa bahwa hanya ikan mati yang berenang mengikuti arus.
  5. Jangan takut melawan arus, ingatlah sebuah layang-layang dapat terbang karena menentang, bukan mengikuti arah angin.
  6. Jika anda ingin berhasil, sebaiknya anda membuka jalur baru daripada melewati jalur lama untuk menuju keberhasilan.
  7. Sukses adalah proses memenangkan dan mengumpulkan keberhasilan-keberhasilan kecil.
  8. Kita tidak mungkin memegang obor untuk menerangi jalan orang lain tanpa menerangi jalan kita sendiri.
  9. Uang tak pernah menghasilkan ide, idelah yang menghasilkan uang.
  10. Segalanya tampak mustahil bagi orang yang tidak pernah mencoba apapun.
  11. Tak seorang pun tahu apa yang dapat ia lakukan sebelum mengupayakannya.
  12. Pekerjaan besar hanyalah merupakan pekerjaan kecil bagi mereka yang sering mengerjakannya.
  13. Sungguh sulit jika aku terpaksa ! begitu mudah jika aku mau !
  14. Arti hidup adalah menemukan nilai dalam hal-hal yang kita lakukan.
  15. Tuhan memberi makanan kepada setiap burung, tetapi dia tidak melemparkan makanan itu kedalam sarangnya

 

 

Sumber: Darmawati, Uti. 2012. Bahasa Indonesia. Klaten : Intan Pariwara

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong