tips belajar fisika

09 February 2013 18:47:46 Dibaca : 94

Saya adalah seorang mahasiswa jurusan Fisika di Universitas Negeri Gorontalo.


Apakah menurut anda Fisika itu sulit ? hanya anda yang tahu jawabannya. Tidak dapat dipungiri bahwa sebagian orang menganggap Fisika itu sulit. Nah, jika anda termasuk salah satu orang yang menganggap Fisika itu sulit, perlu membaca tips-tips berikut ini.


1. Jangan menganggap Fisika itu sulit
Anggapan sulit terhadap fisika mebuat sel-sel tubuh kita mengondisika bahwa Fisika itu sulit. Dengan menanamkan dalam pikiran kita bahwa Fisika itu mudah, maka anda sudah mempunyai modal 50% untuk menguasai Fisika dengan baik dan mudah.


2. Jangan anipati dengan Fisika
Rasa anipati atau tidak suka terhadap Fisika berarti anda menutupi diri terhadap fisika. Dengan rasa suka berarti pikiran kita terbuka dan siap menerima materi-materi Fisika. Oleh karena itu, tumbuhkan terlebih dahulu rasa suka terhadap Fisika.


3. Jangan menghafal rumus, tetapi pahami konsep dasarnya
Banyak siswa yang belajar Fisika dengan cara yang salah, yaitu menghafal rumus. Jelas cara ini membuat anda sia-sia. Belajar fisika yang benar adalah dengan memahami konsep dan rumus dasarnya. Dengan memahami konsep tersebut, kita bisa menjabarkan semua rumus yang berkaitan dengan konsep tersebut.


4. Jangan malu bertanya jika mendapat kesulitan
Pepatah lama ini sampai sekarang masih ampuh; “malu bertanya sesat dijalan”. Saat guru/dosen menjelaskan suatu konsep, perhatikan dengan saksama. Jika ada sesuatu yang belum jelas terhadap konsep, segera tanyakan. Jika anda malu bertanya, akibatnya anda tidak akan memahami konsep itu.


5. Jangan takut mencoba dan jangan takut salah
Setelah anda memahami konsep, tibalah saatnya untuk mencoba mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan konsep-konsep tersebut. Disinilah kemampuan menggunakan rumus-rumus akan diuji. Cobalah kerjakan dari soal-soal yang sederhana terlebih dahulu. Jangan beralih ke soal lain jika soal yang anda kerjakan belum terselesaikan. Jangan takut salah. Gunakan kesalahan sebagai guru untuk menemukan jawan yang benar.

6. Sering berlatih
Ibarat pisau, jika tidak sering diasah maka ketajamannya akan berkurang. Seringlah berlatih menggunakan rumus-rumus yang telah anda kuasai untuk mengerjakan soal-soal Fisika. Semakin anda berlatih, anda semakin terampil dalam mengerjakan soal-soal Fisika.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong