Rangkuman Hasil Diskusi MS Word dan Mendeley

26 September 2017 14:43:12 Dibaca : 50

Nama : Winda Lestari Dg. Siame


NIM : 431 415 069


Kelas : Pend. Biologi C


Rangkuman Hasil Diskusi Program Aplikasi MS Word dan Mendeley


A. Microsoft Word


Aplikasi Microsoft word merupakan suatu aplikasi yang dapat membantu pengguna dalam pembuatan, penulisan, pengeditan buku-buku cerita, laporan, surat dan juga gambar sesuai dengan keinginan. Adapun fungsi utama Microsoft word adalah sebagai software pengolah kata sehingga semua pekerjaan yang berhubungan dengan mengolah kata dapat dilakukan dengan mudah yang tentunya dengan bantuan aplikasi-aplikasi didalam Microsoft word.


B. Mendeley


Mendeley merupakan aplikasi yang dapat memudahkan pustakawan dan pengelola perpustakaan untuk mengelola artikel hasil penelusuran yang sudah diunduh (download), sehingga mengurangi ketergantungan kepada koneksi jaringan internet. Selain itu, Aplikasi Mendeley sangat bermanfaat bagi mahasiswa/peserta didik dalam hal sitasi atau penulisan pustaka apalagi dalam penulisan karya ilmiah (makalah, jurnal dan tugas akhir mahasiswa), penulis dapat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topik/kategori tertentu, sekaligus me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen sehingga mahasiswa mampu menghindari plagiarisme.


Terdapat beberapa keunggulan dalam menggunakan aplikasi mendeley diantaranya adalah:


1. Menampilkan detil dokumen (judul, penulis, nama jurnal, dll.) dari paper ke dalam database mendeley.


2. Pengelolaan referensi yang efisien.


3. Fitur Berbagi.


4. Karya Ilmiah yang kita upload di Mendeley secara otomatis diurutkan baik menurut penulis, judul, tahun dan Penerbit.


5. Terhubung secara online dengan website.


6. Fasilitas web importer.


7. Kita dapat menyimpan file kedalam mendeley dengan kapasitas penyimpanan 2 GB.


Selain beberapa kekunggulan, terdapat juga beberapa kelemahan dari Mendeley yaitu:


1. Mendeley akan mengunggah semua file yang ada di hard disk lokal ke web site Mendeley, sehingga apabila file-file ini kita dapatkan dari jurnal berbayar seperti ScienceDirect, ProQuest, Clinical Key tentunya akan sedikit bermasalah khususnya dengan hak akses terhadap file-file tersebut.


2. Import file hanya bisa untuk koleksi digital dengan format pdf dan doc, semua file yang kita upload ke Mendeley akan terunggah ke website Mendeley, restore hanya berlaku untuk satu komputer yang sama dalam satu instalasi yang sama, jika berbeda komputer atau new installation OS maka Mendeley menolak dan meminta untuk login ke website untuk melakukan sinkronisasi.


3. Jika jurnal atau artikel ilmiah yang didapatkan tidak terdapat nama penulis dan tahun akan susah untuk menyusunnya secara otomatis. Selain itu, jika menggunakan referensi dari buku teks tentunya harus mengisikan identitas buku tersebut secara manual, karena buku teks tersebut tidak dalam bentuk soft file.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong