Rangkuman Video Pembelajaran

23 September 2019 22:01:20 Dibaca : 1924

NAMA/ NIM  : MOH.REZA A.SALIM / 431416009

KELAS           : PENDIDIKAN BIOLOGI/ A

 

RANGKUMAN DARI VIDEO

PEMBELAJARAN

1. Story Board adalah penyusun grafik seperti sekumpulan ilustrasi atau gambar yang ditampilkan secara berurutan untuk tujuan visualisasi grafik bergerak atau urutan media interaktif, termasuk interativitas website. Storyboard sering dibuat agar ide-ide yang  akan dituangkan dapat dituliskan dengan baik.

2. Camtasia adalah sebuah studio video yang berisi beberapa konvensi mengedit, merekam dan menangkap alat untuk desain professional video, demo dan presentasi. Cantasia adalah software untuk membuat capture dari screen monitor menjadi single file atau AVI file. Camtasia dapat melakukan capture untuk area desktop, fix area atau sebuah area dengan melakukan square pada desktop.

3. Powtoon merupakan layanan online untuk membuat sebuah paparan yang memiliki fitur animasi sangat menarik diantaranya animasi tulisan tangan, animasi kartun, dan efek transisi yang lebih hidup serta pengaturan time line yang sangat mudah.

4. Moovly adalah merupakan layanan online yang digunakan untuk membuat presentasi yang menarik dan banyak fasilitas yang dapat digunakan didalamnya. Hamper sama seperti powtoon tampilan dari hasilnya.

 

Rangkuman Tugas Moh.Reza A. Salim

11 September 2019 15:34:53 Dibaca : 487

NAMA/ NIM  : MOH.REZA A.SALIM / 431416009

KELAS           : PENDIDIKAN BIOLOGI A

MAKUL         : PENGAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER

TUGAS RANGKUMAN

A.    Microsoft Excell

Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows.

Komponen Microsoft Excell yaitu: komponen yang terdapat dalam Microsoft Excel yaitu Icon Control Menu, Restore, untuk mengatur ukuran layar dalam ukuran yang relatif. Move, untuk memindahkan posisi layar jendela ke posisi lain. Size, mengatur ukuran layar jendela Excel. Minimize, menampilkan jendela Excel ke ukuran minimal dalam bentuk icon. Maximize, menampilkan jendela Excel ke ukuran maksimal, yaitu memnuhi layar. Close, untuk keluar dari aplikasi Excel.

Hal yang Menarik dalam Mc. Excell ada banyak ya. Bukan hanya dalam memudahkan pekerjaan tapi Excell juga bisa di pakai Buat menggambar Anime hal tersebut pernah dilakukan oleh Seniman asal jepang.

beberapa rumus dalam Ms. Excell

Penjumlahan =Sum(angka yang akan dijumlahkan), ENTER

Pengkuadratkan =23(klik angka)^2, ENTER

Rata-rata =average(angka) ENTER

Untuk pengakaran =sqrt(angka) ENTER

Untuk pembagian =4/2 ENTER

B.     Kelebihan Microsoft Excell

1.      Memudahkan kita menganalisa data dalam bentuk tabel dan juga grafik

2.      Ketersediaan formula yang banyak sehingga memudahkan kita untuk membuat suatu rumus yang sulit dan variatif

3.      Memudahkan menganalisa kesalahan rumus di tiap tahap perhitungan pada rumus yang panjang dengan fasilitas trace error

4.      Memudahkan kita untuk memilah - milah data dengan fasilitas yang ada di program Ms. Excel yaitu Auto Filter

5.      Memungkinkan kita untuk mengurutkan data berdasarkan empat kriteria sekaligus Bahkan lebih

6.      Microsoft Excel ini dapat digunakan untuk pengolahan data (Subagyo, 2010). Pengolahan data yang dimaksud mencakup data penelitian, data penduduk, data penilaian, data untuk kewirausahaan dan lain sebagainya

7.      Manfaat dalam mengolah data dengan menggunakan rumus yang ada di dalam excell dan terlbih lagi excell sudah bisa menyerupai tampilan word

8.      Kegunaan MS Excel bagi mahasiswa yaitu dalam pembuatan RPP, pembuatan Silabus, pengolahan data statistik, pembuatan grafik, pembuatan tabel presentasi data, pembuatan data presentasi akademik.

C.    Kekurangan Microsoft Excell

1.      kelemahan dari excell adalah memakan waktu yang banyak dalam memasukkan data secara manual, terutama jika pengguna memiliki banyak data untuk dimasukkan. Jumlah waktu yang dibutuhkan untuk secara manual untuk memasukkan data sangat tidak efisien.

2.      kesulitan dalam mengoperasikan Excell ialah kurangnya pemahaman terhadap rumus-rumus perhitungan yang akan digunakan, misalnya jika untuk menghitung nilai rata-rata rumusnya adalah (=Average).

 

Rangkuman Diskusi Moh.Reza A.Salim

10 September 2019 13:51:17 Dibaca : 932

“ Rangkuman pemanfaatan Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley “

 

Mendeley merupakan salah satu perangkat lunak manajemen referensi berbasis open source yang dapat diperoleh secara gratis dan mendukung berbagai platform seperti Microsoft Windows, Apple MacOS, maupun Linux. Versi terbaru dari Mendeley bahkan sudah mendukung sistem operasi Android, sehingga perangkat ini dapat digunakan pada ponsel. Mendeley merupakan kombinasi dari aplikasi desktop dan situs web yang dapat digunakan untuk mengelola, berbagi, dan mencari referensi maupun kontak. Berikut fitur utama dari Mendeley Desktop

Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis.Tujuannya untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah.

Fungsi mendeley Adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah. Manfaat mendeley yaitu dapat langsung menghubungkan kita dengan website, jadi jika kita mempunyai akun mendeley dapat di sinkronkan langsung dengan data – data dan file – file yang ada di laptop/computer kita, sehingga dapat di akses kapan pun kita membutuhkannya dan di mana pun kita berada asal ada jaringan internetnya. Setiap karya tulis ilmiah yang kita upload ke dalam program mendeley akan terurut secara otomatis baik penulis judul tahun dan penerbit sehingga dalam membuat daftar pustaka penulis tidak harus mengurutkannya lagi.

Adapun fungsi dan kegunaan Microsoft Word antara lain:

1.       Memiliki sejumlah karakter huruf yang dapat di ubah-ubah sesuai dengan keinginan.

2.       Dapat melakukan editing (penyuntingan) tanpa harus membuat dokumen.

3.       Dapat melakukan pekerjaan menyisipkan symbol, gambar, bagan dsb.

4.       Dapat di format dalam berbagai bentuk dari ukuran kertas sesuai dengan keinginan.

5.       Dapat menyimpan dokumen yang kita miliki secara lebih praktis tanpa memerlukan ruang waktu yang banyak.

6.       Selain itu mempunyai kelebihan untuk berbagai keperluan seperti catatan harian, catatan kegiatan, karya tulis ilmiah, halaman majalah atau Koran, brosur dan sebagainya.

Langka langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley

1.      Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

2.      Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

1.      Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

2.      Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word

Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

3.      Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop

Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

Kelebihan Mendeley;

Dapat dijalankan pada Linux, Mac, dan MS Word.

Dapat menampilkan metadata secara otomatis file PDF.

Terhubung dan dapat disinkronkan dalam akun online, sehingga data dapat di-backup.

Pada file PDF dapat digunakan anotasi dan highlighting.

Smart filtering dan tagging.

Dapat impor dokumen dari situs lain.

Gratis penyimpanan online sebesar 2 GB

kekurangan

a.  Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer

b.  Restore hanya berlaku untuk satu computer yang satu instalasinya sama, jika berbeda computer atau bahkan new installation OS maka mendeley akan menolak dan harus login ke website untuk melakukan Syn.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong