ARSIP BULANAN : March 2017

Cara mendidik anak dengan baik merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh kedua orang tua mengingat bahwa anak adalah titipan Tuhan yang wajib dijaga dan dididik dengan baik dan benar. Namun, mendidik anak dengan baik tidaklah mudah karena setiap anak memiliki karakter yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Sebagai orang tua hendaknya kita harus bijak dalam mendidik anak di lingkungan keluarga dengan menerapkan pola asuh yang sama tanpa membedakan antara anak yang satu dengan anak yang lain. Akan tetapi, banyak dari orang tua yang memberikan perlakuan yang berbeda terhadap anak- anaknya karena berbagai alasan. Sebagai contoh, dalam sebuah keluarga terdapat dua anak yang mana sibungsu lebih pandai daripada sisulung yang biasa-biasa saja. Karena kepandaiannya itulah, orang tua cenderung lebih mengutamakan sisulung daripada sibungsu. Nah, maka timbullah permasalahan dan dampak terahap anak-anak, yang mana si sulung akan merasa iri dan cemburu, sehingga akan timbul sifat kebencian atau dendam terhadap si bungsu. Jadi, orangtua tidak seharusnya mengutamakan satu orang anak saja, tetapi mengutamakan semua anak-anak dan memperlakukannya dengan adil.
Dalam mendidik anak di lingkungan keluarga, biasakan pula kepada anak untuk selalu menghormati yang lebih tua. Hal ini dapat dilakukan dengan membiasakan sang anak untuk memanggil ‘kakak’ kepada saudara mereka yang lebih tua. Sebaliknya, anak yang lebih tua juga harus diajarkan bagaimana cara melindungi adiknya dengan baik karena itu merupakan tugas yang wajib dilaksanakan oleh sang kakak sebagai anak yang lebih tua. Dalam hal ini, orang tua harus selalu mendorong anak-anaknya agar terbiasa melakukan hal tersebut sehingga sang anak akan terbiasa untuk menghormati yang lebih tua dan mengasihi yang lebih muda. Dalam hal ini orang tua juga perlu menekankan kepada sang anak mengenai pentingnya bersikap sopan dan santun terhadap kedua orang tua sehingga sang anak akan tumbuh menjadi pribadi yang memiliki adab dan perilaku yang baik terhadap orang tua mereka.
Cara lain yang dapat dilakukan dalam mendidik anak dengan baik di lingkungan keluarga yakni antara lain dengan mengajarkan kepada anak mengenai tentang kebiasaan untuk berdisiplin dirumah. Belajar disiplin dilingkungan keluarga dapat dilaksanakan dengan mengajarkan anak untuk bangun tidur tepat pada waktunya, menaruh sepatu atau sendal pada tempatnya, serta merapikan kembali barang-barang yang setelah digunakan. Pada awalnya mungkin orang tua memerlukan sedikit usaha dan kesabaran ekstra dalam menanamkan kebiasaan berdisiplin kepada anak, namun dengan ketekunan, maka orang tua akan mandapatkan anak yang telah terbiasa untuk hidup berdisiplin.
Menanamkan pendidikan di dalam rumah dapat dilakukan oleh orang tua dengan mengenalkan anak kepada ilmu pengetahuan sejak dini. Hal ini dapat dilakukan dengan membelikan buku-buku pelajaran bergambar kepada anak-anak diusia prasekolah, dan membelikan buku-buku mengenai kisah-kisah teladan untuk dibacakan kepada mereka. Sangat dianjurkan pula kepada orang tua untuk mulai mengajarkan kepada sang anak mengenai ilmu akademis dalam bentuk yang lebih sederhana agar anak terbiasa mengenal ilmu pengetahuan sejak dini. Selain menanamkan pendidikan akademis, penting juga bagi orangtua untuk menanamkan pendidikan agama sejak dini agar anak memiliki pegangan hidup yang kuat sejak kecil. Pendidikan agama dapat dilakukan dengan mengajarkan anak mengenai hukum-hukum agama dan kewajiban-kewajiban dalam kehidupan beragama.
Kunci keberhasilan dari mendidik sang buah hati di lingkungan keluarga terletak pada bagaimana cara orang tua dalam menerapkan pendidikan tersebut kepada sang anak tanpa harus membuat anak merasa digurui oleh orang tua. Menciptakan kondisi keluarga menjadi lingkungan senyaman mungkin bagi anak akan sangat membantu memudahkan orang tua dalam memberikan pendidikan kepada sang anak dilingkungan keluarga. Selain itu, menjaga keharmonisan didalam keluarga juga akan menjadikan kasih sayang yang hangat dalam lingkungan keluarga yang tentu saja akan membuat anak menjadi semakin merasa nyaman dan diterima keberadaannya dilingkungan keluarga. Dengan menciptakan lingkungan keluarga yang hangat dan penuh kasih sayang, maka akan semakin mudah bagi orang tua dalam menerapkan cara mendidik anak dengan baik.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong