ARSIP BULANAN : August 2019

Slide Presentasi Media Pembelajaran Berbasis TIK

29 August 2019 20:31:14 Dibaca : 1784

Nama : Yusanti Ismail

Nim     : 431416055

Tugas : Slide Presentasi Media Pembelajaran Berbasis TIK

“RANGKUMAN”

Jadi dari materi tersebut dapat saya rangkum kembali bahwa banyak cara yang dapat kita lakukan untuk membentuk budaya literasi yang diantaranya adalah Pendekatan akses fasilitas baca, mudah serta murah dan dapat menyenangkan dengan segala keramahan.  Kemudian ICT literacy pada dasarnya merupakan penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi.

Dari pengertian di atas terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis. Kemudian untuk tingkat kematangan literasi TIK seseorang dapat digambarkan dari Level 0-5.

Kemudian adapun elemen-elemen literasi informasi antaranya yaitu :

1.     Visual Literacy

Visual Liteacy didefenisikan sebagai kemampuan untuk memahami dan menggunakan gambar, termasuk pula kemampuan untuk berpikir, belajar, serta mengekspresikan gambar tersebut.

2.     Media Literacy

Merupakan kemampuan warga Negara untuk mengakses, menganalisa, dan memproduksi informasi untuk hasil yang spesifik.

3.     Computer Literacy

Komputer merupakan alat yang dapat memfasilitasi dan memperluas kemampuan manusia dalam mempelajari dan memproses informasi.

4.     Digital Literacy

Digital Literacy merupakan keahlian yang berkaitan dengan penguasaan sumber dan perangkat digital.

5.     Network Literacy

Network literacy merupakan satu istilah yang masih terus berkembang (envolving).

 

Menurut Eisenberg (2004) orang yang melek jaringan memiliki sejumlah karakteristik sebagai berikut:

1)     Memiliki kesadaran akan luasnya penggunaan jasa dan sumber informasi berjejaring

2)     Memiliki pemahaman bagaimana sistem informasi berjejaring diciptakan dan dikelola

3)     Dapat melakukan temu balik informasi tertentu dari jaringan dengan menggunakan serangkaian alat temu balik informasi

4)     Dapat memanipulasi informasi berjejaring dengan memadukan dengan sumber lain dan meningkatkan nilai informasinya untuk kepentingan tertentu

Adapun model Pencarian Informasi yakni :

1.     Chaining (Menghubungkan), mengikuti mata rantai atau mengkaitkan dengan daftar pustaka yang ada. Mencari rujukan berdasarkan subjek, nama pengarang dan rujukan inti.

2.     Starting (Mulai), pencari informasi mulai melakukan pencarian atau pengenalan awal terhadap rujukan. Seringkali informasi yang ditemukan pada tahap ini merupakan cikal bakal yang akan ditambahkan atau dikembangkan pada tahap selanjutnya.

3.     Browsing (Menjelajah), tahapan yang ditandai dengan kegiatan pencarian informasi dengan cara penelusuran semi langsung atau terstruktur.

Sedangkan Manfaat Literasi Digital untuk kita adalah : Dapat menghemat waktu , Belajar lebih cepat, Menghemat uang, Membuat lebih aman, selalu memperoleh informasi terkini, selalu terhubung, dapat membembuat keputusan yang lebih baik, membuat anda bekerja, membuat lebih bahagian dan dapat mempengaruhi dunia. Literasi internet berkaitan erat dengan literasi informasi, literasi komputer, dan literasi digital. Perangkat yang digunakan dalam literasi internet merupakan perangkat computer yang mana merupakan perangkat digital

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong