ARSIP BULANAN : March 2022

Pencemaran Lingkungan

27 March 2022 15:02:01 Dibaca : 56

Hai Blogers.. apa kabarnya ?. Semoga selalu sehat dan tetap semangat belajar, ya.

Pernahkah Anda mendengar tentang Norwegia? Norwegia adalah salah satu negara Skandinavia di Eropa Utara. Saat Anda berkunjung ke Norwegia, jangan heran jika negara tersebut terlihat begitu bersih dan berkilau. Anda mungkin kesulitan menemukan sampah di tempatnya yang benar. Memang, pemerintah Norwegia sangat peduli dengan masalah lingkungan seperti pemanasan global, perubahan iklim, dll.

Tidaklah mengherankan bahwa Norwegia adalah salah satu negara paling ramah lingkungan di dunia. Artinya tingkat pencemaran lingkungan cukup rendah. Mengenai pencemaran lingkungan, menurut Anda apa penyebab pencemaran lingkungan dan bagaimana cara mengatasinya?

Apa itu Pencemaran Lingkungan ?

Pencemaran lingkungan adalah masuknya bahan pencemar ke lingkungan yang menyebabkan kualitas lingkungan menjadi buruk. Jika dibiarkan dalam waktu lama, pencemaran lingkungan dapat mengubah fungsi lingkungan itu sendiri.

Zat atau bahan yang bisa menyebabkan pencemaran disebut sebagai polutan. Suatu bahan disebut sebagai polutan jika memenuhi syarat berikut.

- Jumlahnya melebihi batas normal.- Berada pada waktu yang tidak tepat.- Berada di tempat yang tidak tepat.

Jenis - jenis Pencemaran

Berdasarkan zat pencemarnya, pencemaran lingkungan dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

- Pencemaran kimiawi, yaitu pencemaran yang diakibatkan oleh masuknya zat-zat kimia baik organik maupun anorganik. Contohnya merkuri, timbal, zat radioaktif, atau detergen.- Pencemaran fisika, yaitu pencemaran yang diakibatkan oleh masuknya benda-benda seperti kaleng, plastik, kaca, atau karet.- Pencemaran biologis, yaitu pencemaran yang diakibatkan oleh masuknya berbagai mikroorganisme seperti bakteri Entamoeba colli.

Berdasarkan tempat terjadinya, pencemaran dibagi menjadi empat, yaitu sebagai berikut.

1. Pencemaran Udara

Pencemaran udara adalah tercampurnya komposisi udara normal dengan polutan/senyawa berbahaya, sehingga kualitas udara menjadi lebih buruk.

2. Pencemaran Air

Pencemaran air adalah masuknya zat atau senyawa berbahaya ke dalam air, sehingga menurunkan kualitas dan fungsi air yang semestinya.

3. Pencemaran Tanah

Pencemaran tanah adalah masuknya zat atau senyawa berbahaya ke dalam tanah, sehingga fertilitas atau tanah berkurang.

4. Pencemaran Suara

Pencemaran suara adalah suara-suara yang sifatnya mengganggu pendengaran, misalnya bunyi sirine kereta api, bom, tembakan, dan sebagainya.