Pemanfaatan Microsoft Word
Rangkuman
Sejarah Microsoft Word sesuai dengan namanya, software ini diproduksi oleh perusahaan raksasa bernama Microsoft. Microsoft Word pertama kali diperkenalkan pada tahun 1989. Pada tanggal 30 Agustus 1992, Microsoft meluncurkan Microsoft Word versi 3.0. Pada versi tersebut Microsoft Word menyertakan Microsoft Word sebagai pengolah kata, Microsoft Excel sebagai pengolah angka, Microsoft Power Point digunakan sebagai aplikasi presentasi yang handal dan Microsoft Mail digunakan untuk menerima dan mengirim email. Setelah populer dengan Microsoft Word 3.0, pada tahun 1995-an Microsoft kembali meluncurkan Microsoft Word 95 bersamaan waktu itu Microsoft meluncurkan sistem operasi Microsoft Windows 95. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operais PC saat itu. Sejalan dengan pekembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Word sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh sebagian besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia.
Sampai pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Word dan sampai saat ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Word yang masih banyak digunakan saat ini antara lain Microsoft Word 2000, Microsoft Word XP (2002) dan Microsoft Word 2003. Pada kenyataannya sampai saat ini masih banyak kemampuan Microsoft Word 2003 masih belum tersentuh oleh pemakainya. Namun sejalan dengan perkembangan teknologi dan sistem operasi yang juga terus berkembang, maka diluar dugaan Microsoft kembali akan meluncurkan Microsoft Word 2007 bersamaan dengan Windows Vista yang sebentar lagi akan hadir di tengah-tengah masyarakat komputer dunia.
Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word. Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar. Word memiliki konsep "What You See Is What You Get", atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya. Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan. Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata.
Fungsi Microsoft Word
Sebagaimana yang kita ketahui, Microsoft Word dipergunakan untuk membantu pembuatan dokumen berupa laporan ataupun makalah. Dan didalam Microsoft Word terdapat fungsi-fungsi yaitu :
1. Pembuatan Outline
Biasakan bekerja dengan dokumen view berupa Outline. (Menu View + Document Views + Outline). Hal ini akan memudahkan kita untuk membuat poin-poin penting yang akan dituangkan dalam dokumen. Pembuatan dokumen dalam bentuk outline, minimal sampai dengan level 3. Ada kalanya pada saat perpindahan dari level 1 ke level 2 kita diharuskan untuk mengubah list level (Menu home+ Multiple List+Change List Level)
2. Pemakaian Break Section
Biasanya dalam suatu dokumen terdapat perbedaan jenis penomoran halaman untuk tiap section (misalnya : halaman sampul biasanya tidak ada nomor halaman, Kata Pengantar & Daftar Isi & Daftar Tabel diberi nomor halaman jenis “i, ii, iii,…” , Bab I dst diberi nomor jenis “1,2,3…”) Oleh karena itu untuk setiap pergantian jenis halaman tersebut diberikan break section. ( Menu Page Layout +Break +Next Page).
3. Penomoran Halaman
Seperti yang telah disebut pada poin 4, maka penomoran halaman akan menggunakan fasilitas break section. Setiap section diberi nomor halaman seperti yang dikehendaki ( Menu insert + Page Number + Format Page Number + Page numbering + start at … kemudian pilih letak nomor halaman bottom atau top of page) khusus halaman sampul, biasanya tidak ada nomor halaman, oleh karena itu header/footer nya perlu diedit (Menu insert + header/footer + edit header/footer + Design + pilih different first page)
4. Pembuatan Daftar Tabel
Tabel/Gambar/Bagan yang dibuat diusahakan diberi caption yang terdiri dari judul bab dan nomor gambar. (Menu References + insert Caption… pada option pilih label yang diinginkan, hilangkan tanda centang pada exclude label from caption). Untuk pembuatan daftar tabel/gambar/bagan maka pilih menu references + insert table of figures) maka daftar tabel dapat muncul secara otomatis. Apabila ada perubahan posisi halaman pada tabel/gambar/bagan, maka daftar tabel tinggal diklik kanan pilih update field.
5. Pembuatan Daftar Isi
Pembuatan daftar isi secara otomatis adalah dengan memilih references + table of contents. Apabila ada perubahan dalam letak halaman maka daftar isi tinggal di update (sama seperti update daftar tabel)
6. Editing dengan Document Map
Agar editing yang dilakukan dapat dilakukan dengan cepat maka dapat memanfaatkan fasilitas document map (Menu View + document map). Dengan fasilitas ini, perpindahan halaman yang akan diedit dapat berlangsung lebih cepat).
Selain fungsi, dalam Microsoft Word mempunyai kelemahan dan kelebihan yaitu:
1. Kelebihan Microsoft Word.
a) hadir dalam banyak versi, sehingga memberikan banyak pilihan.
b) lebih cepat dalam hal efisiensi.
c) fitur lebih menarik.
2. Kelemahan Microsoft Word.
a) Dokumen yang dibuat oleh Office pada versi sebelumnya dapat dibaca pada versi yang lebih baru, namun tidak sebaliknya. Misalkan ketika saya membuat dokumen pada Office 2003 dan saya berpindah komputer yang masih menggunakan Office XP maka dokumen saya tidak akan dapat terbaca atau mungkin masih dapat terbaca namun dengan tulisan yang tidak saya mengerti maksud dan arti katanya.
b) Microsoft Word juga tidak mendukung format dokumen lain misalnya format Open Document ( odt, odp, odb, odm, odf ). Sungguh tidak adil karena Open Office dapat digunakan untuk membuka dokumen Microsoft Office namun Microsoft Office tidak dapat digunakan untuk membuka dokumen Open Office.
c) Semua fungsi dan menu Office relatif mudah digunakan, kecuali pada versi terbaru yaitu Microsoft Word 2007. Pada versi ini tampilan, lokasi, dan tempat menu berubah total sehingga memerlukan waktu yang lebih banyak untuk belajar, memahami dan membiasakan pengguna dengan tampilan menu baru tersebut.
d) Semua dokumen yang dibuat oleh Microsoft Word sangat rentan dan rawan terjangkit virus. Telah banyak virus yang mengganggu dokumen yang dibuat dengan aplikasi ini. Virus tersebut merusak, mengganti kata-kata dalam dokumen, atau bahkan yang lebih parah adalah menghapus dokumen kita.
Dalam kehidupan sehari-hari Microsoft Word mempunyai banyak manfaat diantaranya:
1. Untuk menyimpan dokumen dalam ukuran yang kecil dengan format yang beragam. Sebagai contoh saja ya, anda bisa mewarnai teks, menyisipkan gambar, dan lain-lain.
2. Untuk menyimpan berbagai format. Misalnya format: .XML, .HTML, dan .RTF dan .TXT
3. Bisa ditambahkan addon. Misalnya pada microsoft word 2003 kita tidak bisa membuka atau menyimpan dokumen dalam format .docx atau format office 2007. Maka kita bisa menginstall sebuah addon yang bisa berfungsi untuk menyimpan dalam format .docx dengan office 2003. atau juga bisa membuka dokumen .docx dalam office 2003.
4. Dengan Microsoft word kita bisa memformat tulisan/ dokumen kita beragam, misalnya cetak tebal, mewarnai, menyisipkan gambar, mengubah ukuran huruf, menyisipkan simbol, dan lain-lain. Dengan kata lain, microsoft word ini formatnya sangat lengkap.
5. Bisa membuat dokumen web. Misalnya anda mau membuat file berformatkan .HTML anda bisa menggunakan microsoft word. Dan mengupload ke server hosting anda. Namun ada sedikit kelemahan, yaitu: tata letaknya kurang bagus.
6. Bisa melihat tampilan cetak. Dengan fitur ini anda bisa memastikan tulisan/ dokumen anda sudah sempurna baik dalam formatnya ataupun dalam tata letak halamannya.
Dalam dunia pendidikan Microsoft word juga mempunyai manfaat yaitu:
1. Membuat surat resmi yang rapi dan terstandar menggunakan fasilitas template yg telah tersedia.
2. Membuat rancangan buku (booklet) dengan mudah tanpa perlu memikirkan halaman mana saja yang harus berada pada lembar yg sama.
3. Memudahkan membuat brosur berlipat tanpa harus membagi bidang secara manual.
4. Memudahkan membuat surat yg sama dengan alamat tujuan yang berbeda-beda dengan menggunakan fasilitas mail merge.
5. Membuat laporan yang menarik menjadi lebih mudah.
Rangkuman Literasi Teknologi, Informasi dan Komunikasi
Rangkuman
Literasi TIK sangat berkaitan dengan ragam istilah “literacy” lainnya yang berarti kemampuan untuk membaca dan menulis (the ability to read and write).
Menjelaskan kata ini kemudian berkembang dan sering dipadankan dengan “technology” sehingga dikenal istilah “technology literacy” yang didefinisikan sebagai kemampuan untuk menggunakan teknologi sebagai alat untuk memahami dan menggunakan teknologi sebagai alat untuk mempermudah mencapai tujuan.
Mengutip The International ICT Literacy Panel mengeluarkan definisi sebagai berikut “ICT literacy is using digital technology, communication tools, and/or networks to access, manage, integrate, evaluate and create information in order to function knowlwdge society”.
Kesimpulan bahwa ICT literacy pada dasarnya penggunaan teknologi informasi sebagai alat untuk komunikasi dan temu kembali informasi.
Dari pengertian di atas terdapat lima aspek terkait yang merupakan integrasi dan aplikasi kemampuan kognitive dan teknis (Wijaya: 31) yaitu:
a. Access (akses)
b. Manage (mengelola)
c. Integrate (meng-integrasikan)
d. Evaluate (meng-evaluasi)
e. reate (menciptakan)
1. Tingkat Kematangan literasi TIK
Level e-literacy seseorang dapat digambarkan dari level 0 yang belum tau apa apa tentang IT hingga level 5 yang merasa bahwa IT sudah menjadi kebutuhan pokok.
2. Literasi Informasi
a. Elemen-Elemen Literasi Informasi
- Visual Literacy
- Media Literacy
- Computer Literacy
- Digital Literacy
- Network Literacy
b. Model Pencarian Informasi
- Starting (Mulai)
- Chaining
- Browsing (Menjelajah)
- Differentiating (Pembedaan)
- Monitoring (Memantau)
- Extracting (Mengambil Sari)
3. Literasi Komputer
Literasi digital adalah kemampuan untuk memahami dan menggunakan informasi dalam banyak format dari berbagai sumber ketika itu disajikan melalui komputer.
Literasi digital juga di definisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, mengatur dan mengevaluasi informasi dengan menggunakan teknologi digital.
a. Manfaat Literasi Digital
- Menghemat waktu
- Belajar lebih cepat
- Menghemat uang
- Membuat lebih aman
- Selalu memperoleh informasi terkini
- Selalu terhubung
- Membuat keputusan yang lebih baik
- Dapat membuat anda bekerja
- Membuat lebih bahagia
- Mempengaruhi dunia
b. Elemen Penting Literasi Digital
- Social Networking
- Transliteracy
- Maintaining Privacy
- Managing Digital Identity
- Creating Content
- Organising and Sharing Content
- Reusing/repurposing Content
- Filtering and Selecting Content
- Self Broadcasting
Pemanfaatan Microsoft Exel Dalam Pembelajaran
Rangkuman
Pengertian Microsoft Excel adalah sangat penting untuk kita ketahui, mengetahui definisinya adalah langkah awal kita dalam mempelajari Microsoft Excel, Jadi Microsoft Excel itu adalah salah satu aplikasi dari Microsoft Office yang dirancang untuk mengolah angka/data dan menyajikannya dalam bentuk tabel ataupun grafik
Microsoft Excel ini berjalan di bawah sistem operasi Windows, selain Microsoft Word aplikasi Microsoft Excel ini juga termasuk salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam berbagai bidang, khususnya untuk bidang yang membutuhkan perhitungan matematika yang kompleks.
Microsoft Excel ini memiliki banyak keunggulan, jika kita ingin membuat laporan keuangan yang membutuhkan perhitungan matematika, maka Microsoft Excel dapat dijadikan solusi dalam mengatasi permasalahan tersebut, hal ini dikarenakan Microsoft Excel menyediakan banyak sekali rumus-rumus matematika yang bisa menyelesaikan perhitungan yang kompleks
rumus-rumus yang tersedia pada Microsoft Excel misalnya seperti rumus SUM untuk menghitung total nilai, rumus AVERAGE untuk menghitung rata-rata, rumus MAX untuk menghitung nilai tertinggi, rumus MIN untuk menghitung Nilai terendah, rumus Count untuk menghitung banyak Item, dan sebagainya
keunggulan dari rumus-rumus yang ada pada Microsoft Excel ini yaitu bisa digunakan secara otomatis,misalkan kita ingin membuat laporan penjualan barang, dalam laporan penjualan tersebut berisi total penjualan penjualan barang setiap harinya
jika kita tulis laporannya di buku secara manual tentu saja kita harus memasukan rumus berulang kali karena total penjualannya ada banyak, Namun dengan aplikasi Microsoft Excel kita tidak perlu melakukan hal itu karena program Microsoft Excel memberikan kita kemudahan dalam menggunakan rumus
Jadi kita tidak perlu membuat rumusnya berulang kali, kita cukup membuat rumus satu kali lalu kita drag di kolom atau baris yang kita inginkan, setelah kita selesai mendrag atau menariknya maka secara otomatis total penjualan akan terhitung sesuai dengan kolom dan baris yang bersesuian
Microsoft Excel juga memiliki keunggulan yang lain yaitu dapat menyelesaikan pekerjaan kita secara efektif dan efesien, terutama disaat kita melakukan kesalahan dalam memasukkan data, misalkan kita sudah selesai membuat sebuah laporan penjualan dengan menggunakan rumus SUM untuk menghitung total penjualan
namun setelah kita periksa ternyata ada data angka yang harus kita ganti, misalkan data itu adalah harga dari sebuah barang maka kita tidak perlu khawatir untuk mengatasinya, Jadi cara mengatasinya cukup dengan mengganti data yang ingin kita ganti, kita tidak perlu mengulangi rumus yang sudah kita gunakan, ketika kita selesai menggantinya maka total penjualan akan berubah secara otomatis
Selain itu Microsoft Excel juga memiliki fitur yang cukup canggih yaitu pengurutan data secara otomatis. Cara pengurutannya bisa dilakukan berdasarkan abjad dan bisa juga berdasarkan angka, dalam hal ini pengurutan pada microsoft excel dibedakan menjadi 2 antara lain yaitu :
1. Ascending atau pengurutan mulai data yang terkecil sampai terbesar.
2. Descending atau pengurutan dari yang besar ke yang kecil.
Langkah-langkah Memulai Microsoft Excel
Untuk memulai atau membuka program Microsoft Excel caranya sangat mudah sekali, adapun langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut :
1. Klik Tombol Start (Lambang Windows)
2. Klik All Program
3. Klik Microsoft Office
4. Klik Microsoft Excel
Pengolahan data pada Microsoft Excel dilakukan pada lembar kerja Excel yang disebut dengan Worksheet, jadi Worksheet ini berfungsi sebagai lembaran tempat kita mengetik dan juga mengolah data, dalam 1 file Microsoft Excel bisa terdapat beberapa worksheet
jadi worksheet atau lembar kerja excel tersebut bisa ditambah, untuk membedakan antara satu worksheet dan worksheet yang lainnya bisa dilakukan dengan mengubah namanya, kemudian untuk mengaktifkan lembar kerja yang kita inginkan kita bisa bisa mengklik worksheet yang kita inginkan
selain worksheet ada banyak istilah-istilah pada Microsoft Excel yang perlu kita ketahui, untuk itu pada kesempatan kali ini saya akan coba menjelaskan istilah-istilah yang ada pada Microsoft Excel, adapun istilah-istilahnya yaitu sebagai berikut :
Title Bar : Baris yang berisi judul program
Menu Bar : Baris yang berisi Menu Prog ram
Toolbar : Ares yang terdiri dari icon-icon (gambar) yang mewakili satu perintah
Pointer : Penunjuk sel
Scroll Bar : fitur yang berfungsi untuk menggulung lembar kerja
Formula Bar : Tempat untuk menampilkan rumus atau formula
Worksheet : Bagian dari workbook, terdiri dari 256 kolom dan 65536
Sel : Pertemuan kolom dan baris
Nama-nama Toolbar Standar
New Work Book : Membuat lembar kerja baru
File Open : Membuka file yang pernah disimpan
File Save : Menyimpan file ke media penyimpanan
File Print : Mencetak laporan ke kertas
Print Preview : Mencetak laporan ke kertas
Cut : Memindahkan area yang diblok
Copy : Menduplikasi data
Paste : Menampilkan kembali data yang dicopy atau dicut
Format Painter : Mengcopy format suatu text dengan cepat
Undo : Membatalkan perintah terakhir
Redo : Mengulang kembali perintah yang dibatalkan
AutoSum : Penjumlahan otomatis
Function Wizard : Menghitung dengan menggunakan fungsi
Sort Ascending : Mengurutkan data dari kecil ke besar
Data adalah bahan-bahan yang akan diproses hingga menghasilkan suatu informasi. bentuk data alam Excel terbagi atas :
1. Data Numerik
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan data dalam bentuk angka sehingga dapat dilakukan operasi matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. tipe data ini sangat sering digunakan orang dalam membuat laporan keuangan
2. Data String
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan data berbentuk huruf, simbol, gabungan huruf dengan angka, atau semuanya angka yang dimulai dengan tanda prefix(‘), tapi tidak dapat dilakukan proses matematika
3. Data Tanggal
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan data berbentuk tanggal, tipe data ini biasanya digunakan untuk membuat laporan yang menggunakan tanggal seperti laporan data stok barang, dengan tipe data ini mudah diakses barang tersebut habis terjual dalam beberapa hari, tipe data ini terdiri dari tanggal, bulan dan tahun
4. Data Waktu
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan data berbentuk waktu, tipe data ini biasanya digunakan oleh jasa angkutan untuk membuat jadwal keberangkatan, tipe data ini terdiri dari jam, menit dan detik
5. Data Rumus
Tipe data ini digunakan untuk memasukkan rumus yang dimulai dengan tanda =, ada banyak sekali rumus yang digunakan untuk tipe data ini seperti rumus SUM untuk menghitung jumlah, AVERAGE untuk menghitung rata-rata, Count untuk menghitung banyak item, MAX untuk menghitung nilai tertinggi, MIN untuk menghitung nilai terendah dan lain-lain.
Kegunaan Microsoft Excel
Aplikasi Microsoft Excel memiliki banyak sekali kegunaan, kali ini penjelasan tentang kegunaan Microsoft Excel saya bagi dalam berbagai bidang, adapun kegunaannya yaitu sebagai berikut :
1. Bidang Akuntansi
Program Microsoft Excel banyak sekali digunakan oleh para akuntan dalam membuat laporan keuangan, contoh dari penggunaan program microsoft excel dalam bidang akuntansi adalah menghitung jumlah rugi/laba suatu perusahaan, mencari besarnya keuntungan selama satu tahun, menghitung gaji karyawan, dan sebagainya.
2. Bidang Pendidikan
Aplikasi Microsoft Excel juga sering digunakan di bidang pendidikan antara lain yaitu membuat laporan nilai siswa, membuat laporan keuangan sekolah, membuat laporan data guru, membuat laporan data siswa dan lain-lain.
dalam Microsoft Excel terdapat rumus IF, rumus ini sangat bermanfaat sekali dalam membuat laporan nilai siswa, dengan rumus IF guru dapat dengan mudah mengetahui siswa yang harus melakukan remedial dan siswa yang telah lulus standar kompetensi
3. Bidang Administrasi
Microsoft Excel juga bermanfaat di bidang administrasi, misalnya dalam pendataan karyawan. dengan menggunakan fitur ascending dan Descending maka dapat dibuat sebuah tabel yang berisi daftar karyawan secara terurut