Tumbuhan kelapa dan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat

19 February 2013 07:39:48 Dibaca : 984

Kelapa merupakan tumbuhan yang mempunyai manfaat sangat banyak, mulai dari batang sampai daun. Kelapa juga merupakan buah yang berasal dari daerah tropis dan sub tropis, seperti daerah gorontalo. Kelapa yang dalam bahasa inggrisnya yaitu coconut, dan dalam bahasa latinnya yaitu Cocos Nucifera. Di daerah saya pohon dan buah kelapa banyak sekali manfaatnya, mulai dari daun hingga akarnya.

Akar pada pohon kelapa di manfaatkan sebagai obat diare dan pewarna. Batangnya di manfaatkan sebagai bahan membangun rumah ataupun jembatan. Daunnya digunakan untuk atap rumah, atap rumah hewan, membuat ketupat, hiasan dalam suatu acara/perkawinan, dan dalam Agama Hindu daun kelapa ini (janur) sering di gunakan dalam sarana upacara. Lidinya dapat dimanfaatkan sebagai sapu lidi dan bahan dasar untuk berbagai karya atau anyaman, seperti pot bunga dari lidi dan piring yang terbuat dari lidi. Bunganya dimanfaatkan sebagai sarana upacara pernikahan. Serabut kelapa dimanfaatkan untuk bahan bakar, berbagai anyaman, sapu, keset dan pot bunga anggrek. Tempurungnya dapat digunakan sebagai bahan bakar dan kerajinan tangan. Air dan daging kelapanya yang masih muda di manfaatkan untuk memebuat es kelapa atau campuran es lainnya. Untuk daging kelapa yang sudah tua digunakan untuk membuat santan, kopra dan minyak kelapa.

Begitu banyak manfaat dari pohon kelapa dari pada pohon yang lainnya, padahal dilihat dari kenyataanya pohon kelapa terlihat kurus tetapi manfaatya sangat bnyak, jadi kita harus memanfaatkannya dengan baik agar memperoleh hasil yang baik....... :)