SEJARAH PERKEMBANGAN JURUSAN PENDIDIKAN GEOGRAFI

16 September 2020 22:31:31 Dibaca : 135

Perkembangan geografi di tingkat nasional dan dunia banyak mengalami kendala dalam hal pendidikan dan risetnya. Geografi di tingkat dunia bergeser dan berintegrasi dengan berbagai bidang ilmu, seperti spasial sains, geosains, regional planning dan lingkungan. Sementara itu, geografi di Indonesia masih bertahan pada eksistensi geografi yang holistik mengkaji aspek fisik, manusia, wilayah, dan lingkungan serta sistem informasi. Pendidikan dan riset geografi, khususnya di Indonesia, dengan kondisi ini maka secara umum perlu ditata kembali, Pendidikan dan riset geografi di Indonesia terus mengarah pada kompetensi yang meyakinkan dapat menyelesaikan masalah nasional dan global. Sudah sejak lama geografi dipelajari, baik pada era deskriptif kualitatif, deskriptif kuantitatif, maupun sekarang yang memasuki era kuantitatif matematis eksperimental dan model. Mengingat pentingnya ilmu ini, maka para geograf perlu memberikan cara mengembangkan spasial intelegensia yang sangat diperlukan bagi generasi penerus. Apalagi perkembangan teknologi penginderaan jauh dan SIG (sistem informasi geografi) yang pesat dan mudah.

Mata pelajaran geografi diajarkan di Indonesia sejak kemerdekaan RI, bahkan menurut Sandy (1988; 18) geografi sudah diajarkan sejak jaman pendudukan Belanda dan Jepang, dengan nama ilmu bumi. Fungsi mata pelajaran ilmu bumi disesajarkan dengan mata pelajaran Bahasa Indonesia yaitu untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, walaupun pada akhirnya kedua mata pelajaran tersebut memiliki “nasib” yang berbeda karena untuk Bahasa Indonesia dibuat lembaga pembinaan Bahasa Indonesia sedangkan untuk ilmu bumi tidak dibuatkan lembaga pembinaan cinta tanah air Indonesia

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang sangat pesat menyebabkan berbagai gejala sosial dan perubahan dalammasyarakat, hal ini memerlukan kesiapan diri sumberdaya manusia. Guna mengantisipasinya diperlukan program pendidikan yang berkualitas, yang menyediakan berbagai pengetahuan, keterampilan dan nilai-nilai yang luwes, sehingga menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh, mandiri tanggung jawab dalam menghadapi tantangan dimasa depan.

Pada dunia pendidikan khususnya proses belajar mengajar sebenarnya mempunyai banyak sarana dan materi yang secara representatif dapat membantu tercapainya tujuan belajar dalam setiap bidang studi. Media pengajaran pada dasarnya dapat dipergunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas untuk setiap tingkatan di setiap jenjang pendidikan, antara lain yaitu usaha pemanfaatan media komik dan media gambar untuk meningkatkan prestasi belajar pada bidang studi IPS Geografi. Melalui pelajaran geografi dimaksudkan untuk memberikan bekal kemampuan dan sikap rasional dan bertanggung jawab dalam menghadapi gejala alam dengan kehidupan di muka bumi serta permasalahan yang timbul akibat interaksi antara manusia dan lingkungan. Berkaitan dengan bidang studi geografi, maka guru dituntut mempunyai kualitas dalam hal pengetahuan, keterampilan, disiplin, membimbing, dan mendidik sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. saya selaku Mahasiswa jurusan pendidikan geografi akan sangat bersyukur menjadi mahasiswa pendidikan geografi di universitas negeri Gorontalo yg di mana banyak ilmu pengetahuan yg saya dapatkan dan bisa memperluas wawasan dalam pendidikan terutama di pendidikan geografi

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong