APA ITU GEOLOGI ?

04 August 2021 20:52:25 Dibaca : 52

Geologi berasal dari kata "Geo" atau "Geos" yang berarti bumi dan "Logos" yang berarti ilmu. Jadi segala sesuatu yang ada di permukaan dan di dalam tubuh bumi merupakan daerah yang akan diteliti. Tentu saja, bidangnya sangat luas dan tidak akan ada kekurangan bahan untuk penelitian. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak energi untuk mengembangkan ilmu ini demi kemajuan kehidupan dan peradaban manusia.

Ilmu kebumian (termasuk geologi) memegang kunci penting untuk memutar roda kehidupan. Lihat saja komputer atau laptop yang Anda miliki saat ini, mesin, gelas, obat-obatan dan makanan sehari-hari Anda tidak dapat dipisahkan dari sumber daya bumi. Jika di Indonesia kita mengenal matematika, fisika, biologi dan kimia sebagai ilmu dasar, di negara lain seperti Jepang geosains juga digunakan sebagai ilmu dasar mengingat perannya yang besar. Bagaimana tidak? Dikendalikan oleh fenomena terestrial yang terjadi. Ketika gempa bumi dan tsunami sering terjadi di Jepang, hal itu mendorong orang untuk mempelajari ilmu bumi sebagai pasangan hidup mereka. Sama halnya dengan geologi dan geologi teknik, tentunya kita tidak bisa lepas dari bumi yang kita temukan sebagai objek kajian.

Apa perbedaan geologi dan teknik geologi? Pada dasarnya kedua ilmu ini adalah sama. Di AS, Inggris, Jepang dan negara-negara lain, mereka memasukkan geologi dalam ilmu bumi. Di Indonesia dan beberapa negara, mereka mengklasifikasikannya dalam bidang teknik. Mengapa? Alasan yang tepat mengapa saya tidak memilikinya sendiri. Penggunaan teknologi di Indonesia semakin gencar digalakkan. Ilmu ini memiliki andil yang cukup besar di bidang teknik, baik dari teknik tanah dan batuan hingga teknik seismik, sehingga diberi peringkat "teknik" di Indonesia.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong