PKKMB Online di Universitas Negeri Gorontalo

04 August 2021 18:53:12 Dibaca : 5

Pemaparan materi PKKMB daring

Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) pada 14 Agustus 2021 nanti tetap digelar meski di tengah pandemi Covid-19 yang masih merebak. Tentunya, PKKMB tahun ini memberikan tantangan tersendiri bagi Universitas Negeri Gorontalo (UNG) untuk menciptakan kreativitas dan berinovasi teknologi. PKKMB 2021 ini dipastikan akan dilaksanakan secara full daring.

 

Metode Pelaksanaan

 

-  PKKMB pada tingkatan Universitas Negeri Gorontalo akan dilaksanakan secara daring. -  PKKMB pada tingkatan fakultas, jurusan dan ProgramStudi, dilaksanakan full daring.- Peserta yang hadir secara daring, Panitia akan menyiapkan materi dalam bentuk softcopy (PDF, dan Power point), serta akandisampaikan melalui penggunaan aplikasi     (zoom, youtube, live streaming di FanPage Universitas NegeriGorontalo)

 

Dalam menjalankan PKKMB tahun 2021, makan panitia dan peserta wajib untuk memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Panitia, Peserta, dan pemateri yang hadir secara luring wajib untuk menaati peraturan yang berkaitan dengan protokol covid 192. Peserta yang hadir secara luring dan daring, diwajibkan untuk menggunakan pakaian kemeja putih, celana hitam bagi pria, rok hitam bagiwanita dan jilbab hitam bagi wanita berjilbab, serta menggunakan dasi dan sepatu.3. Panitia Mahasiswa pada tingkatan Universitas, Fakultas dan Program Studi wajib berpenampilan rapi dan menggunakan jas alamamater.4. Dilarang untuk mewajibkan kepada peserta untuk membawa dan atau menggunakan atribut dan hal hal lain yang tidak diatur dalam panduan ini.5. Ketentuan lain yang belum diatur dalam panduan pelaksanaan PKKMB tahun 2021 akan diatur kemudian dengan ketentuan lain.

 

Universitas Negeri Gorontalo

04 August 2021 18:16:35 Dibaca : 7

Profil Kampus 

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo sendiri didirkan sejak tanggal 1 September 1963 dan beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 6 Kota Gorontalo. Selain itu, UNG saat ini terdiri dari 10 Fakultas di antaranya Fakultas Ilmu Pendidikan, FMIPA, Ilmu Sosial, Sastra dan Budaya, Fakultas Teknik, Ilmu Olahraga dan Kesehatan, Pertanian, Hukum, Ekonomi, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

 

Sejarah

 

Universitas Negeri Gorontalo, disingkat UNG, adalah perguruan tinggi negeri di Gorontalo, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1963. Mulanya Universitas ini diberi nama Junior College, dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo.

Tahun 1982 lembaga ini menjadi salah satu Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Lembaga ini resmi berdiri sendiri berdasarkan Keppres RI Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo.

Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI Nomor 19 Tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Dan akhirnya, pada tanggal 23 Juni 2004 Presiden Megawati meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan Keputusan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2004, tanggal 23 Juni 2004.

Universitas Negeri Gorontalo membuka pintu selebar-lebarnya bagi segala upaya pengembangan martabat manusia melalui riset-riset. Paradigma piramida terbalik yang didorong oleh Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd sangat mengutamakan program-program yang bisa lebih mendorong jurusan/prodi untuk bisa lebih mandiri, kreatif dan inovatif.

Berdasarkan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2018, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A. Pada tahun 2017, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 50 berdasarkan peringkat 100 besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Politeknik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Selain itu berdasarkan data Peringkat Universitas di Dunia versi Webometrics tahun 2018, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 154 (Asia Tenggara) dan 42 (Indonesia).

Pada masa pemerintahan gubernur provinsi gorontalo Rusli Habibie, pergantian nama Universitas Negeri Gorontalo sempat diusulkan menjadi UBJ Habibie (Universitas BJ Habibie). Namun kemudian para mahasiswanya menolak. Sebab dianggap akan menghilangkan entitas jati diri rakyat Provinsi Gorontalo. 

 

Pimpinan  

Secara rinci nama pejabat pimpinan sejak tahun 1963 – sampai sekarang sbb:

1. Drs. Idris Djalali - Dekan Koordinator IKIP Yogyakarta Cab. Manado di Gorontalo - 1963-19662. Drs. Ek. M. J. Neno - Dekan Koordinator IKIP Manado Cab. Gorontalo - 1967-19693. Prof. Drs. H. Thahir A. Musa - Dekan Koordinator IKIP Manado Cab. Gorontalo - 1969-19814. Prof. Drs. H. Kadir Abdussamad - Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1982-19885. Drs. H. Husain Jusuf, M.Pd - Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1989-19926. Prof. Dr. H. Nani Tuloli    - Dekan FKIP Unsrat Manado di Gorontalo - 1992-1993    - Ketua STKIP Negeri Gorontalo - 1993 - 2001    - Pj. Rektor IKIIP Negeri Gorontalo - 2001 - 20027. Prof. Dr. Ir. H. Nelson Pomalingo, M.Pd    - Rektor IKIP Negeri Gorontalo - 2002-2004    -Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2004-20108. Prof. Dr. H. Syamsu Qamar Badu, M.Pd - Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 2010 - 14 April 20199. Prof. Drs. John Hendri, M.Si, Ph.D - Plt. Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 15 April 2019 - 26 September 201910. Dr. Eduart Wolok, ST, MT - Rektor Universitas Negeri Gorontalo - 26 September 2019 - 26 September 2023

 

Jurusan Teknik Geologi

04 August 2021 17:42:01 Dibaca : 5

Deskripsi Jurusan

Teknik Geologi merupakan bidang studi yang banyak melakukan penelitian terkait bumi, komposisi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, hingga proses pembentukannya. Perkembangan ilmu geologi saat ini sangat luas, sehingga tidak hanya terbatas pada sumber daya mineral, tetapi juga konstruksi bangunan hingga bencana.

 

Pengetahuan dan Keahlian

  • Kemampuan melakukan observasi
  • Kemampuan melakukan analisis
  • Kemampuan berpikir rasional
  • Kemampuan berpikir sistematis
  • Kemampuan meneliti
  • Pemahaman matematika

 

Kenapa Harus Memilih Jurusan Teknik Geologi?

Sangat banyak keuntungan yang diperoleh dari seorang lulusan Teknik Geologi.

1. Lulusan Teknik Geologi sangat dibutuhkan di perusahaan-perusahaan yang bergerak di sektor pertambangan, perminyakan, maupun geoservices.2. Kamu juga bisa membuka jasa konsultan rekayasa geologi lho, Quipperian. Misalnya dalam bidang geologi teknik, sumber daya air, lingkungan, atau lainnya.3. Karier di bidang pengelolaan kebencanaan dalam rangka pembangunan wilayah yang berkelanjutan juga patut diperhitungan lulusan Teknik Geologi.4. Kalau ingin menjadi abdi negara, kamu bisa bergabung dengan instansi pemerintah seperti Kementerian ESDM.5. Perusahaan-perusahaan swasta juga banyak lho yang membutuhkan lulusan Teknik Geologi.

 

Prospek Kerja

Berbekal keilmuan yang dipelajari di bangku perkuliahan, pada umumnya lulusan Teknik Geologi memiliki nilai jual yang patut dibanggakan. Peluang karier yang menanti pun sangat beragam, begitu pula dengan jenis dan jenjang kariernya. Secara umum, karier di sektor minyak dan gas menjadi pilihan utama bagi lulusan jurusan ini. Hal ini karena sektor minyak dan gas menawarkan gaji yang sangat kompetitif. Akan tetapi, pada dasarnya ada banyak sekali potensi yang bisa kamu kembangkan dengan mencoba untuk bekerja di sektor lainnya, seperti pendidikan, jasa konsultasi, dan sebagainya. Selain itu, bisa juga mencoba bidang pekerjaan lainnya yang membutuhkan berbagai disiplin ilmu melalui jalur management trainee. Berikut ini ada beberapa pilihan karier yang bisa kamu geluti setelah lulus dari jurusan Teknik Geologi:

- Pegawai Negeri Sipil (PNS)

- Teknisi Tambang, Minyak, dan Material

- Surveyor Tanah

- Dosen

- KontraktorWirausaha (Entrepreuner)

- Research And Development (RnD)

- Bartender

- Quality Assurance (QA) & Quality Control (QC)

- System Analyst

 

Dunia Perkuliahan

Kuliah di jurusan Teknik Geologi selama 4 tahun atau 8 semester, akan fokus pada kajian-kajian yang berhubungan dengan kebumian, seperti bentuk muka bumi, materi penyusun bumi sampai berbagai macam batuan. Akan belajar bagaimana menemukan dan mengatur sumber daya alam yang terkandung di bumi, melakukan kajian terhadap pemanfaatan sumber daya mineral, energi, maupun air. Selain itu, ilmu geologi saat ini juga diterapkan dalam kerekayasaan, lingkungan hidup, dan mitigasi bencana. 

Supaya bisa lulus dan meraih gelar Sarjana Teknik, akan ketemu dengan beberapa mata kuliah, seperti Petrologi, Sedimentologi dan Stratigrafi, Makropaleontologi, Mikropaleontologi, Geofisika Eksplorasi, Geologi Panas Bumi, Geologi Struktur, Geologi Minyak dan Gas Bumi, Geologi Batu Bara, Vulkanologi, Mineral Industri dan Batu Mulia, Tektonika, Hidrogeologi, Geologi Pengembangan Wilayah, Endapan Mineral, Metode Pemetaan Geologi, Analisis Batuan, dan masih banyak lagi. Kuliah di jurusan ini juga akan ada beberapa praktikum di laboratorium lho, Quipperian! Setelah lulus, kalau kamu ingin melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana, ada berbagai pilihan kampus bergengsi di dalam maupun luar negeri yang bisa kamu jadikan referensi.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong