ANALISIS STRUKTUR SEL HEWAN DAN SEL TUMBUHAN_PRAKTIKUM 1

24 September 2024 16:11:16 Dibaca : 33

A.  Judul

Analisis Perbedaan Struktur Sel Hewan dan Sel Tumbuhan

B. Tujuan

Tujuan dari praktikum ini yaitu agar praktikan lebih mengetahui bagaimana struktur sel hewan dan sel tumbuhan, mengetahui bagian-bagian sel hewan dan sel tumbuhan, serta mengetahui apa saja perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan.

C. Alat dan Bahan

  1. Mikroskop
  2. Pipet Tetes
  3. Gelas Objek
  4. Gelas Penutup
  5. Tusuk Gigi
  6. Selaput dalam umbi Allium cepa
  7. Aquadest
  8. Mukosa Pipi

D. Prosedur Kerja

  • Pembuatan Preparat Sel Tumbuhan

  • Pembuatan Preparat Sel Hewan

 

E. Hasil Pengamatan

 

F. Pembahasan

Bawang merah adalah komoditi pertanian yang tergolong sayuran rempah. Kulit bawang merah (Allium cepa L) sering dipakai karena kulit bawang merah merupakan lapisan umbi yang setiap selnya telah kehilangan plasma sel namun metabolit sekundernya tidak hilang (Suryandari & Kusumo, 2022).

Sel epitel rongga mulut merupakan elemen kunci dalam struktur dan fungsi mulut manusia. Sel-sel ini membentuk lapisan pelindung yang melapisi permukaan dalam rongga mulut, termasuk lidah, gusi, dan dinding pipi (Anantyarta, 2024).

Kata "sel" berasal dari kata latin "cella" yang berarti ruangan kecil. Membran yg menyelubungi sel mengandung protoplasma, disebut juga cairan natriks dan dikelilingi oleh strukgur subseluler yang disebut organel sel (Rahmadina, 2024).

Unit structural dan fungsional atau dikenal dengan sel merupakan fundamental dari organisme, seperti halnya atom dalam struktur kimia. Organel sel memiliki beberapa fungsi penting menyebabkan makhluk hidup dapat bertahan dan mati yaitu aktivitas enzimatik pada sitoplasma (Agustina dkk, 2021).

Pada tahapan pembuatan preparat tumbuhan yang dilakukan pertama adalah menyiapkan alat dan bahan, kemudian bawang merah (Allium cepa) dikupas dan diambil selaput bagian dalam yang berwarna putih menggunakan pinset, kemudian selaput putih diletakkan diatas kaca preparat dan ditetesi aquadest secukupnya. selanjutnya kaca preparat di letakkan dibawah mikroskop dan dilakukan pengamatan sel menggunakan mikroskop dengan perbesaran 40x10.

Pada tahapan pembuatan preparat hewan yang dilakukan pertama adalah menyiapkan alat dan bahan, kemudian mengambil tusuk gigi lalu mengorek secara perlahan bagian mukosa pipi dan setelah di dapati mukosa pipi kemudian diletakkan di atas kaca preparat dan ditetesi aquadest secukupnya. selanjutnya kaca preparat diletakkan dibawah mikroskop dan dilakukan pengamatan sel hewan dengan menggunakan perbesaran 40x10.

Setelah diamati, sel pada bawang merah dapat dilihat beberapa bagian sel yaitu dinding sel, nukleus dan sitoplasma. Dinding sel ditunjukkan dengan adanya garis seperti pemisah antara bagian satu dan bagian lainnya. Nukleus adalah inti sel. Sitoplasma berada didalam membran. Hal ini sama seperti yang dilakukan oleh Deazzahra dkk (2023) dalam penelitiannya, pada sel epidermis bawang merah dilihat adanya dinding sel yang tebal dan kaku, nukleus dan sitoplasma. Pada preparat hewan setelah diamati dapat dilihat adanya dinding sel, sitoplasma dan inti sel.

 

DOKUMENTASI

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong