Cegah Penyebaran Virus Corona, UNG Optimalkan Kuliah Daring

17 September 2020 20:50:24 Dibaca : 1

Langkah cepat diambil Pimpinan Universitas Negeri Gorontalo dalam mengantisipasi dan melakukan pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid19) di wilayah Kampus dan sekitarnya. Upaya pencegahan penyebaran Virus Corona dilakukan dengan mengoptimalkan proses pembejalaran atau kuliah berbasis Dalam Jaringan (Daring).

“Sesuai dengan edaran Rektor nomor: 345/UNG47/TU/2020, UNG para Dosen diminta untuk lebih mengoptimalkan sistem kuliah Daring dengan menggunakan aplikasi SIAT maupun aplikasi lainnya,” ungkap Kepala Subbagian Hukum dan Humas UNG Lenny Muda, S.H,.

Langkah mengoptimalkan kuliah Daring dilakukan dalam rangka mengurangi frekuensi berkumpulnya banyak orang dalam suatu kegiatan. Bahkan kegiatan akademik lain seperti kegiatan praktikum/praktek di laboratorium maupun lapangan dapat dijadwalkan kembali dan metode pelaksananaannya disesuaikan dengan keadaan.

“Kegiatan yang melibatkan banyak masa seperti Seminar Nasional dan Internasional untuk sementara waktu ditangguhkan. Edaran ini berlaku sejak tanggal 16 Maret 2020 sampai dengan pemberitahuan selanjutnya, diharapkan seluruh Civitas Akademika dapat memaklumi hal ini demi keselamatan dan kesehatan bersama,” pungkasnya. (wahid)

(UNG) dan Perguruan Tingi (PT), baik negeri maupun swasta se-provinsi Gorontalo menjalin komitmen untuk mensukseskan program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar.

Wujud komitmen itu ditunjukkan melalui penandatanganan piagam kerjasama oleh 4 pimpinan perguruan tinggi negeri dan 12 perguruan tinggi swasta di Aula Rektorat UNG, Selasa (15/09/2020).

Rektor UNG Dr. Eduart Wolok menyambut baik kerjasama program Kampus Merdeka lintas Perguruan Tinggi se-provinsi Gorontalo itu.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kolaborasi antarkampus, supaya pengimplementasian dari program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar dapat terwujud.

“Tujuan dari kolaborasi kita ini apa? Agar supaya lulusan yang dihasilkan dari lembaga Pendidikan Tinggi di Gorontalo kualitasnya tidak terlalu jauh dengan kampus ternama lainnya,” ungkap Rektor.

 Kata Rektor UNG Eduart Wolok, program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar saat ini sudah berjalan. Dimana untuk saat ini UNG masih bermitra dengan sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang ada.

“Salah satu contohnya yakni program Permata yang sejak 5 tahun lalu sudah diikuti oleh UNG dengan melakukan pertukaran mahasiswa selama 1 tahun. Akan tetapi, dalam konsep Kampus Merdeka kita harus melakukan sedikit penyesuaian,” terangnya.

Rektor mengaku berkomitmen penuh dalam menyukseskan program tersebut melalui kolaborasi antara Perguruan Tinggi se-provinsi Gorontalo.

“Saya berharap kerjasama program Kampus Merdeka – Merdeka Belajar tidak hanya penandatanganan kerjasama. Namun, dapat ditindak lanjuti hingga tingkat fakultas maupun program studi,” harap Rektor.

Target akreditas ung yang sukses tercapai pada tahun 2018

17 September 2020 20:38:41 Dibaca : 1

Tahun 2018 menjadi masa pencapaian berbagai prestasi diberbagai bidang oleh Universitas Negeri Gorontalo, salah satu prestasi yang terbilang sukses ditorehkan yakni pencapaian akreditasi. Tidak tanggung-tanggung prestasi akreditasi yang berhasil ditorehkan meliputi akreditasi Program Studi (Prodi) dan juga Akreditasi Insititusi.

Dalam hal akreditasi Prodi, total Prodi yang telah terakreditasi A mengalami peningkatan menjadi 9 Prodi, sedangkan sisanya seluruhnya telah terakreditasi B. Sementara itu catatan gemilang juga ditorehkan akreditasi Institusi yang sebelumnya terakredtasi B telah meningkat menjadi akreditasi A institusi.

Menurut Rektor UNG Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd, tahun 2018 menjadi masa yang penuh dengan kerjakeras dari seluruh civitas akademika UNG, yang mana tahun tersebut bisa dikatakan sebagai tahun kesuksesan akreditasi bagi UNG.

Keberhasil akreditasi tersebut kata Rektor ditandai dengan capaian akreditasi Prodi yang terus mengalami peningkatan yang signifikan, bahkan hingga saat ini tidak ada lagi Prodi di UNG yang terakreditasi C. Catatan manis tersebut juga disempurnakan dengan akreditasi UNG yang berhasil meraih akreditasi A institusi untuk pertama kalinya.

“Bisa kita dikatakan bahwa ditahun 2018 sangat luar biasa bagi UNG sekaligus merupakanan tahun kesuksesan akreditasi UNG. Fakta tersebut tidak bisa terbantahkan catatan kesuksesan UNG ditahun tersebut memiliki bukti dan harus kita syukuri bersama,” ungkap Rektor.

Berbagai pencapaian ditahun 2018 khususnya dalam akreditasi menjadi catatan keberhasilan yang teramat manis bagi seluruh civitas akademika UNG. Terlebih dalam mewujudkan pencapaian tersebut berbagai daya dan upaya dikerahkan agar memperoleh hasil maksimal.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong