Organisasi yang berada di Universitas Negeri Gorontalo

20 September 2020 10:21:15 Dibaca : 2

Marching Band Gita CivikaKemeriahan suara snare drum, cymbal dan lemparan stik mayoret jadi suasana yang bakal mahasiswa rasakan, kalau menjadi bagian dari Marching Band Gita Civika. UKM ini aktif mengikuti perlombaan atau parade marching band, baik di tingkat lokal atau nasional. Seperti di tahun 2014 lalu, UKM Gita Civika menyabet empat piala dari lomba marching band se-Sulawesi. Yaitu juara pertama di kontes perkusi, juara pertama untuk kategori color guard, juara ketiga di kontes parade dan juara empat untuk kategori umum. Untuk mahasiswa yang tertarik jadi anggota Gita Civika, kamu bisa cari tahu kegiatan mereka lewat Twitter @MB_GitaCivika.

UKM Penalaran dan KeilmuanUKM Penalaran dan Keilmuan menyebut komunitas mereka sebagai komunitas pelopor peradaban. Apabila mahasiswa mempunyai minat yang tinggi terhadap penelitian, UKM ini cocok untuk kamu. Ada empat bidang yang dikelola, yaitu bidang pengembangan sumber daya manusia, sosial politik dan budaya, sains dan teknologi, serta bidang ekonomi. Lewat kegiatan di sini, para anggotanya terbentuk menjadi mahasiswa yang kompetitif, inovatif, kreatif dan memiliki daya saing tinggi di bidang keilmuan dan penelitian.

UKM Shorinji KempoShorinji Kempo atau yang lebih dikenal sebagai kempo, merupakan UKM beladiri di Universitas Negeri Gorontalo. Shorinji kempo adalah beladiri dari Jepang yang didirikan oleh Doshin So. Lewat kegiatan ini, mahasiswa akan berlatih fisik untuk perlindungan diri dan tentunya bikin kamu lebih sehat. Selain itu, beladiri kempo juga menumbuhkan jiwa kepemimpinan lho. Baik di dojo (tempat latihan) atau di masyarakat. Jadi sudah jelas kan, kalau kegiatan mahasiswa satu ini adalah sarana yang pas untuk pengembangan diri baik mental, fisik dan pola pikir Quipperian.

Resimen Mahasiswa RimbajayaApa mahasiswa termasuk anak muda yang ingin berkontribusi dalam kegiatan bela negara? Kalau begitu, UKM Resimen Mahasiswa (Menwa) Satuan175 Rimbajaya ini tepat untuk kamu. Menwa termasuk UKM khusus di Universitas Negeri Gorontalo karena aktivitasnya yang berkaitan dengan dunia militer. Program-program di Menwa juga di bawah pengawasan Kodim 1304 Gorontalo lho. Di UKM ini, kamu akan mendapat ilmu militer dan pelatihannya seperti strategi pertahanan, survival, terjun payung dan latihan menembak. Semua latihan ini untuk menyiapkan anggota Menwa sebagai komponen tambahan penjaga NKRI.

UKM OlahragaUKM Olahraga bertujuan untuk mengembangkan olahraga di kampus UNG. Ada beberapa cabang olahraga seperti basket, yang rutin mengadakan latihan dan menjadi sparing partner kampus lain. Kegiatan lainnya di UKM olahraga yaitu mengadakan kejuaraan di tingkat perguruan tinggi atau SMA.

UKM Pramuka RacanaBagi mahasiswa yang saat sekolah pernah aktif sebagai pramuka, UKM Racana UNG bisa jadi tempat kamu meng-upgrade ilmu. Anggota Racana punya berbagai aktivitas seperti jambore dan latihan lain yang lebih kompleks dibandingkan pramuka di sekolah. UKM ini juga rajin menyelenggarakan acara seperti seminar pendidikan, water rescue, lomba kesenian dan lomba kepramukaan.

UKM Mapala (Mahasiswa Pecinta Alam) MotolomoiaApa kamu mau hiking ke Gunung Boliyohuto atau menjeajah mencari anoa? Semua kegiatan itu bisa kamu ikuti dengan bergabung di Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Motolomoia UNG. Ada 3 divisi di UKM ini yaitu mountaineering, climbing dan lingkungan hidup. Jadi kamu bisa mengikuti kegiatan adventure seperti pendakian, susur goa, panjat tebing, rafting dan pelestarian alam.

UKM SKISKI (Sentra Kerohanian Islam) adalah UKM yang menjadi tempat perkumpulan mahasiswa Islam untuk mengembangkan dakwah di lingkungan kampus. Tapi kegiatannya bukan cuma beribadah. Anggota SKI juga membuat acara seminar dakwah Islam. Jadi, anggotanya bisa berbagi ilmu sambil mencari pahala.

UKM KK OikumeneUntuk mahasiswa yang beragama Kristen, UKM KK Oikumene menjadi wadah pengembangan nilai-nilai agama Kristen. Kamu juga bisa bersilaturahmi dengan rekan lain sesama pemeluk Kristen. UKM Oikumene akan membina anggotanya dalam iman, karakter dan keterampilan agar menjadi pemimpin yang menjunjung nilai agama.

UKM Hindu Dharma Ning CarasvatySejak didirikan tahun 2009, UKM Hindu Ning Carasvaty ditujukan untuk mahasiswa UNG yang beragama Hindu. UKM Hindu Ning Carasvaty juga bisa dibilang sebagai ‘Bali mini’ di kampus UNG. Kegiatan yang dilakukan sering berkaitan dengan hari raya Hindu. Selain soal keagamaan, UKM ini juga mengembangkan skill menulis para anggotanya. Tulisan-tulisan tersebut kemudian dipublish lewat blog.

So, apa mahasiswa sudah memilih kegiatan yang sesuai minat dan bakat kalian? UKM apapun yang dipilih tentunya berguna untuk pengembangan karakter. Kamu juga akan mendapat berbagai pengalaman untuk bekal di kehidupan kerja nantinya. Pastinya, mahasiswa tidak akan menjadi mahasiswa ‘kupu-kupu’. Dengan begitu, cerita kamu di kampus jadi lebih seru.

Beasiswa BidikmisiBidikmisi adalah bantuan biaya hidup dan biaya pendidikan untuk calon mahasiswa dari keluarga kurang mampu yang berpotensi akademik unggul. Seleksi Bidikmisi terdiri atas beberapa jalur, antara lain SNMPT, UMPN dan Jalur Mandiri. Untuk mendapatkannya, calon mahasiswa harus terlebih dahulu dinyatakan lulus ujian jalur tersebut.Selain itu, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebagai berikut:ada

Lulusan tahun 2017 atau tahun 2016 bukan penerima BidikmisiUsia maksimal 21 tahunTidak mampu secara ekonomiPendidikan orangtua maksimal S1Memiliki potensi akademik

Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) ditujukan bagi mahasiswa yang berprestasi, baik akademik atau non akademik, dengan IPK minimal 3,00. Penerima beasiswa akan mendapat bantuan biaya pendidikan selama satu semester.

Untuk calon mahasiswa yang memulai kuliah di tahun 2017 harus bersabar dulu nih. Seleksi beasiswa PPA baru dapat diikuti oleh mahasiswa program S1/Diploma IV yang duduk di semester II-semester VIII. Sementara untuk yang menempuh pendidikan Diploma III, beasiswa ini tersedia untuk mahasiswa semester II-semester VI. Kamu juga harus menyiapkan berkas-berkas persyaratan, sebagai berikut:

Surat permohonan dari mahasiswaSurat keterangan berkelakuan baik dari kampusSurat pernyataan belum berkeluargaSurat keterangan pendapatan orangtua/waliFotokopi identitas dan fotokopi kartu keluarga.Fotokopi Kartu Rencana Studi (KRS) dan transkrip nilai yang menunjukkan IPK

Beasiswa LippoUniversitas Negeri Gorontalo termasuk ke dalam 10 Perguruan Tinggi Negeri yang menerima Beasiswa Lippo Group nih calon mahasiswa. Pihak kampus akan menyeleksi mahasiswa yang dinilai berhak mendapat beasiswa.

Persyaratannya yaitu memiliki prestasi akademik atau non akademik dan berpotensi melanjutkan studi ke luar negeri. Beasiswa ini umumnya diberikan pada mahasiswa yang sudah menjelang akhir studi. Penerima beasiswa akan mendapat pembekalan. Seperti pelatihan bahasa asing dan pendampingan untuk memperoleh beasiswa ke luar negeri.

Untuk calon mahasiswa yang tertarik, biasanya bantuan dana pendidikan ini diberikan pada bulan Februari. Jadi, segera optimalkan potensi kalian ya.

Beasiswa Bank IndonesiaBeasiswa Bank Indonesia hanya dibuka untuk calon mahasiswa  yang menempuh studi di Fakultas Ekonomi, Hukum, Komunikasi, Kesehatan Masyarakat, dan Pertanian. Persyaratan lain yang harus kamu penuhi yaitu IPK minimal 3,00 dan telah duduk di semester IV.  Kalau kamu termasuk di antaranya, bisa langsung mempersiapkan diri.

Biasanya pendaftaran beasiswa ini dibuka pada bulan Maret. Kalian yang menerima dana pendidikan nantinya akan tergabung dalam Generasi Baru Indonesia (GenBI), yaitu komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia. Tentu ada kegiatan seru yang bisa kalian ikuti bareng mahasiswa-mahasiswa lainnya, asyik kan?

Beasiswa Djarum PlusBeasiswa Djarum Plus adalah salah satu beasiswa idaman mahasiswa karena jejaringnya tersebar luas di seluruh Indonesia. calon mahasiswa berkesempatan lolos beasiswa Djarum Plus, kalau kamu minimal duduk di semester III dengan standar IPK 3.00.

Peraih beasiswa ini akan memperoleh bantuan dana selama 1 tahun. Keuntungan lainnya, ada pelatihan softskill yang bisa kamu ikuti sebagai bekal menjadi calon pemimpin masa depan.

Untuk rangkaian seleksi Beasiswa Djarum Plus ini dimulai pada bulan April. Quipperian yang masih penasaran, bisa mengakses info lainnya di laman https://djarumbeasiswaplus.org/

Beasiswa Putera Sampoerna FoundationUntuk kalian yang barus lulus SMA, punya prestasi cemerlang, berkepribadian baik dan jiwa kepemimpinan tinggi, kamu berpeluang mendapat Beasiswa Sampoerna. Bantuan dana pendidikan ini tersedia untuk jenjang pendidikan S1 dan S2, khususnya di bidang ekonomi dan teknik.

Pendaftaran Beasiswa Sampoerna mulai dibuka pada Januari hingga pertengahan Maret. Quipperian bisa mulai melakukan pendaftaran di Bulan Januari sampai pertengahan Maret. Jangan lupa akses tentang beasiswa Sampoerna di http://www.sampoernafoundation.org/en

Di mana ada kemauan, di situ ada jalan. Begitu juga buat kalian yang ingin terus kuliah, jaga terus semangatnya ya! Ada banyak beasiswa yang bisa kalian kejar untuk membantu biaya pendidikan.  

Mengenal Lebih Dekat Universitas negeri Gorontalo

19 September 2020 10:43:15 Dibaca : 1

Universitas Negeri Gorontalo atau yang lebih dikenal dengan UNG merupakan sebuah perguruan tinggi negeri yang berlokasi di Kota Gorontalo. Universitas Negeri Gorontalo sendiri didirkan sejak tanggal 1 September 1963 dan beralamat di Jl. Jendral Sudirman No. 6 Kota Gorontalo. Pada awalnya Universitas ini diberi nama Junior College dan menjadi bagian dari FKIP UNSULUTENG. Tahun 1964 statusnya berubah menjadi Cabang FKIP IKIP Yogyakarta Cabang Manado, tahun 1965 bergabung dengan IKIP Manado Cabang Gorontalo. .Selain itu, UNG saat ini terdiri dari 10 Fakultas di antaranya Fakultas Ilmu Pendidikan, FMIPA, Ilmu Sosial, Sastra dan Budaya, Fakultas Teknik, Ilmu Olahraga dan Kesehatan, Pertanian, Hukum, Ekonomi, serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. 

Tahun 1982 lembaga ini menjadi salah satu Fakultas dari Universitas Sam Ratulangi Manado dengan nama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unsrat Manado di Gorontalo. Lembaga ini resmi berdiri sendiri berdasarkan Keppres RI Nomor 9 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993, dengan nama Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gorontalo.

Tahun 2001 berdasarkan Keppres RI Nomor 19 Tahun 2001 tanggal 5 Februari 2001 status lembaga ini ditingkatkan menjadi IKIP Negeri Gorontalo dengan 5 Fakultas dan 25 Program Studi. Dan akhirnya, pada tanggal 23 Juni 2004 Presiden Megawati meresmikan menjadi Universitas Negeri Gorontalo dengan Keputusan Presiden RI Nomor 54 Tahun 2004, tanggal 23 Juni 2004.

Universitas Negeri Gorontalo membuka pintu selebar-lebarnya bagi segala upaya pengembangan martabat manusia melalui riset-riset. Paradigma piramida terbalik yang didorong oleh Rektor Prof. Dr. Syamsu Qamar Badu, M.Pd sangat mengutamakan program-program yang bisa lebih mendorong jurusan/prodi untuk bisa lebih mandiri, kreatif dan inovatif.

Berdasarkan hasil akreditasi institusi oleh Badan Akreditasi Perguruan Tinggi tahun 2018, mengukuhkan Universitas Negeri Gorontalo masuk sebagai jajaran Perguruan Tinggi terbaik dengan perolehan akreditasi A. Pada tahun 2017, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 50 berdasarkan peringkat 100 besar Perguruan Tinggi Indonesia Non Politeknik oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) Republik Indonesia. Selain itu berdasarkan data Peringkat Universitas di Dunia versi Webometrics tahun 2018, menempatkan Universitas Negeri Gorontalo pada peringkat 154 (Asia Tenggara) dan 42 (Indonesia).

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong