Universitas Negeri Gorontalo Kini Punya Fakultas Kedokteran

20 September 2020 02:18:35 Dibaca : 1

Universitas Negeri Gorontalo (UNG) kini punya Fakultas Kedokteran. Hal itu diketahui setelah diserahkannya Surat Keputusan (SK) Izin Penyelenggaraan Program Studi Kedokteran di UNG. SK ini diserahkan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir kepada Rektor UNG Syamsu Qamar Badu di Kampus UNG, Kamis (24/1). “Izin prodi kedokteran ini saya serahkan sebagai upaya Kemenristekdikti membangun SDM kesehatan di Gorontalo yang ke depan diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah Gorontalo,” jelas Menteri Nasir. Kemenristekdikti, lanjutnya, senantiasa mendukung peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia. Menurut Menteri Nasir agar kualitas dan kuantitas SDM kesehatan merata di Indonesia, setiap provinsi minimal memiliki satu perguruan tinggi dengan program studi kedokteran. “Setiap provinsi di Indonesia harus ada minimal satu perguruan tinggi yang memiliki Prodi Kedokteran, sebagai upaya pemerataan tenaga kesehatan di Indonesia yang masih kurang,” ucapnya. Sebagai salah satu perguruan tinggi negeri yang berkembang pesat UNG berhasil penuhi syarat membuka prodi kedokteran dengan menjadi perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A. Menteri Nasir menjelaskan, penyerahan izin penyelenggaraan prodi kedokteran di UNG ini merupakan upaya Kemenristekdikti untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di wilayah Gorontalo.P

Universitas Negeri Gorontalo Terapkan Kuliah Daring

20 September 2020 02:17:35 Dibaca : 3

Rektor Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Eduart Wolok, Ahad (15/3), mengeluarkan surat edaran untuk dosen dan mahasiswa agar menerapkan kuliah daring (online), dalam kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi tersebut. Kebijakan itu berlaku mulai 16 Maret 2020, hingga dengan batas waktu sesuai pemberitahuan selanjutnya.

Langkah itu diambil untuk mengantisipasi dan melakukan pencegahan penyebaran virus coronadi wilayah kampus dan sekitarnya. Eduart juga meminta para dosen tidak melakukan perjalanan dinas ke luar negeri untuk sementara waktu.

"Juga tidak melakukan perjalanan dinas ke luar daerah, kecuali bersifat penting. Mohon segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan terdekat ketika demam, batuk dan pilek," katanya.

Dosen yang sakit tidak diperkenankan masuk kampus dan dapat melaksanakan KBM secara daring. Sementara itu, kegiatan praktikum di laboratorium dan lapangan dapat dijadwalkan kembali dan metode pelaksanaannya disesuaikan dengan keadaan.

Hal berikutnya yang menjadi kebijakan rektor adalah menunda sementara penyelenggaraan seminar nasional dan internasional, untuk menghindari berkumpulnya massa dalam satu tempat. "Ujian diploma, sarjana dan pascasarjana dapat dilakukan bila pesertanya sedikit," tambahnya.

Selama pandemi Covid-19, pihak kampus Universitas Negeri Gorontalo menerapkan sistem pembelajaran atau kuliah online (daring).Nah untuk menunjang aktivitas lewat daring itu, setiap mahasiswa UNG bakal diberikan kuota internet 20 GB. Perkuliahan online di luar Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAT) UNG pun diharapkan bisa lancar lewat kebijakan ini.“UNG akan memberikan bantuan kuota 20 GB kepada mahasiswa yang aktif dan terus mengikuti kegiatan pembelajaran atau kuliah online,” ungkap Rektor UNG, Eduart Wolok.Bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan kuota 20 GB ini, caranya gampang. Cukup melakukan register dengan memperbarui nomor ponsel di bagian kemahasiswaan UNG. Kalau sudah diperbarui, maka akan langsung diberikan kuota internet di nomor tersebut.“Setelah mahasiswa melakukan register, kita akan mengecek kembali. Jika benar bahwa itu adalah nomor mahasiswa UNG, kita akan langsung isikan kuota untuk 1 bulan ke depan,” terang Eduart.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong