SEJARAH SINGKAT MENGENAI FAKULTAS TEKINIK UNIVERSITAS NEGRI GORONTALO
SEJARAH
Awalnya Fakultas Teknik Universitas Negri Gorontalo, merupakan fakultas yang memiliki hak dan kewenangan menyelenggarakan pendidikan Diploma Tiga (D-III) Non Keguruan atau Non Kependidikan sesuai dengan SK Mendiknas No. 140/0/2001 tanggal 5 September 2001. Selanjutnya pada tahun 2000-2001 sesuai SK Dirjen pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional RI Tanggal : 18 Agustus Tahun 2000; dibuka beberapa Program Studi di bidang Teknik yang berada di bawah naungan Program Diploma STKIP Gorontalo dengan Koordinator Prof. Dr. Yasin Tuloli, M. Pd. Program Studi tersebut adalah :1) No. 275/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D-1 Kriya Kain; 2) No. 278/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D3 Teknik Sipil,3) No. 279/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D3 Teknik Elektro; dan 4) No. 281/DIKTI/Kep/2000 Program Studi D3 Manajemen Informatika.Pada tahun 2001 upaya lembaga akhirnya berhasil dalam mengalihkan status STKIP menjadi IKIP Negeri Gorontalo. Tetapi, sebagai konsekuensinya adalah perubahan pangkat organisasi.Setelahnya, Program Studi baru yakni D3 Teknik Arsitektur resmi ditambahkan oleh FPTK pada tahun akademik 2003/2004 disusul dengan Program Studi D3 Teknik Industri pada tahun akademik 2005/2006. Pada masa-masa peralihan status IKIP menjadi Universitas, FPTK menjadi salah satu fakultas yang menonjol dilihat dari segi Non Kependidikan. Hal ini tentu sangat berpengaruh karena salah satu syarat perguruan tinggi berbentuk IKIP bisa berubah status menjadi Universitas adalah harus tersedianya Program Studi Non Kependidikan. Akhirnya pada tahun 2005/2006, sesuai OTK UNG, Fakultas Pendidikan Teknik dan Kejuruan (FPTK) resmi diubah menjadi Fakultas Teknik.
VISI, MISI, DAN TUJUAN
Selain memiliki sejarah yang menarik, Fakultas Teknik Universitas Negri Gorontalo juga memiliki Visi, Misi, dan tujuan yang saling berhubungan untuk membangun.
Visi : "MENJADI FAKULTAS RUJUKAN DALAM BIDANG TEKNOLOGI BERWAWASAN BUDAYA DI KAWASAN ASIA TENGGARA"
Misi :
1). Meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berwawasan budaya.
2). Meningkatkan kualitas penelitian melalui riset unggulan pengembangan teknologi berbasis potensi regional.
3). Meningkatkan kualitas pengabdian masyarakat melalui sinergitas pemberdayaan masyarakat.
4). Mengembangkan kerja sama dengan stakeholder dikawasan Asia Tenggara.
5). Menyelenggarakan sistem tata kelola kelembagaan dan lingkungan yang berkualitas.
Tujuan :
1. Menghasilkan lulusan yang berkualitas, terampil, dan mampu beradaptasi dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memiliki kemampuan dalam pengembangan dunia kerja.
2. Mengahsilkan produk-produk riset yang berdaya saing untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi berwawasan budaya.
3. Menghasilkan produk pengabdian masyarakat yang mampu menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat..
4. Mewujudkan peran institusi melalui sharing sumber daya dalam meningkatkan mutu manajemenkelembagaan dan produk Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK).
5.Mewujudkan sistem tata kelola kelembagaan yang efisien, transparan dan akuntable serta lingkungan yangkondusif.