Apa itu Ruqyah?

25 September 2014 16:40:38 Dibaca : 695 Kategori : Terapi Al-Qur'an

DOWNLOAD > "TUTORIAL RUQYAH SYARIYYAH DAN 50 TEHNIK RUQYAH MANDIRI - NAI"

Bismillahirohmanirohim ,Diawali dengan salam terindah dan termegah dari Syurga.

"Assalamualaikum warohmatullah..!" Alhamdulillah segala puji hanya milik Allah SWT. Sholawat dan salam semoga senantiasa Allah limpahkan kepada Rasulillah, keluarga, sahabat, tabi’in dan generasi as Shalaf as Shalih dan kita sebagai ummatnya di musim akhir zaman ini.

Kali ini kita akan mengulas tentang “Sunnah yang Terlupakan” sebagai umat muslim yang taat tentunya setiap gerak gerik kita harusnya berpedoman kepada Sunnah nabi Muhammad SAW. Dintara Sunnah-sunnah beliau adalah teknik pendayagunaan Ruqyah.
Apa itu Ruqyah..???
Ruqyah adalah metode penyembuhan dengan cara membacakan atau memperdengarkan sesuatu kepada orang sakit singkatnya adalah “Bacaan Al-Qur’an”.

Ruqyah juga dapat didefinisikan dengan do’a-do’a perlindungan dari segala bentuk kejahatan yang datang dari manusia seperti sorotan mata jahat (mata hasad) atau penyakit ain, sihir, rasa sakit, racun, sengatan hewan berbisa dan gangguan jin yang berakibat fatal bagi jasmani dan rohani.
Tentunya saja untuk pendayagunaan ruqyah bagi seorang muslim harus menaruh kepercayaan penuh kepada Allah SWT dan Hidup dengan Sunnah atau mengikuti ajaran baginda Rasulullah SAW. Dalam praktiknya Ruqyah Terdiri atas dua yaitu Ruqyah Syar’iyyah dan Ruqyah syirkiyyah.
Ruqyah Syar’iyyah adalah ruqyah yang sesuai syariat islam yang diizinkan olehnya setiap muslim melakukannya. Berdasarkan beberapa dalil dari hadist shahih, Ruqyah adalah bacaan Al-Qur’an dan doa permohonan kepada Allah SWT untuk penyembuhan seseorang atau diri sendiri. Adapun Ruqyah Syirkiyyah berdasarkan penjelasan para ulama adalah dalam paraktiknya melanggar atau menyimpang dari syari’at islam.

Dalil Ruqyah Syar’iyyah
Dari sahabat ‘Auf bin Malik ra dia berkata : Kami dahulu meruqyah di masa Jahiliyyah, maka kami bertanya : “Ya RosuluLLah, bagaimana menurut pendapatmu ?” Beliau menjawab : “Tunjukkan padaku Ruqyah (mantera) kalian itu. Tidak mengapa mantera itu selama tidak mengandung kesyirikan” (HR. Muslim).


Dalil yang berkaitan dengan ruqyah adalah ayat “Al-Quran itu adalah petunjuk dan penawar.” (QS. Fushshilat: 44) dan hadits dari Jabir bin Abdullah. “Seseorang di antara kami disengat kalajengking. Kemudian, Jabir berkata, ‘Wahai Rasulullah, apakah saya boleh me-ruqyah-nya?’ Beliau menjawab, ‘Barangsiapa di antara kalian sanggup memberikan manfaat kepada saudaranya maka lakukanlah!’” (HR. Muslim).


Diriwayatkan dari Aisyah Ra

Selama Nabi Muhammad sakit, beliau biasa membaca Mu’auwidzatain (Surah An-naas dan surah Al-Falaq) dan kemudian meniupkan ke telapak tangan dan mengusapkan keseluruh tubuhnya.
Dan masih banyak lagi dalil-dalil tentang Ruqyah.