Review Materi Perangkat Teknologi Sistem Informasi
Review / Rangkuman
Pengantar Teknologi Sistem Informasi
Definisi Data, Informasi dan Knowledge
Data merupakan penulisan suatu permasalahan yang telah ditulis atau di catat yang masih belum pasti akan kebenarannya. Setelah itu di tambahkan dengan informasi yang merupakan kebenaran akan data yang telah dituliskan sehingga bisa di buktikan. Keudian munculah yang namanya Knowledge yang merupakan kumpulan data dan informasi yang di tuliskan secara lengkap serta memberikan pengalaman kemudian di publikasikan.
Biner
Biner merupakan...
Komputer hanyan mengenal 0 adalah bit yang mati (off) dan 1 adalah bit yang hidup (on). 1bit – 4bit bilangan desimal sampai 15 dan 5bit – 8bit, bil desimal sampai 255 angka.
Konversi biner ke dalam desimal
Dalam biner hanya mengenal 2 angka saja yaitu 1 dan 0 sehingga bisa di tuliskan seperti berikut :
1 0 1 0 1 1 0 1
Untuk menyalin bilang biner ke dalam bilangan desimal maka dari ujung sebelah kanan kekiri yang bilangan 2 di pangkatkan dari 0 sampai 7 untuk 8 bit dan seterusnya. Seperti berikut :
1 0 1 0 1 1 0 1
27 26 25 24 23 22 21 20
Yang di tuliskan seperti yang di atas sehingga hasilnya menjadi :
128 64 32 16 8 4 2 1
Apabila dalam bilangan biner tersebut adalah angka 0 sehingga tidak perli di tuliskan hasilnya seperti contoh berikut :
128 0 32 0 8 4 0 1 = 173
Karena kesemua bilngan tersebut dijumlahkan sehingga bilangan biner 10101101 jika di salin ke bilangan biner adalah 173.
Penjumlahan Biner
Dalam penjumlahan biner sama dengan penjumlahan dasar biasanya bentuk dan penulisannya juga sama seperti berikut :
01101100
10101101 +
Akan tetapi pada biner ada langkah – langkah penjumlahan biner yaitu :
1. Jumlahlah dari kanan 0 – 1
2. Jika menemukan bilangan biner 1+1 maka menghasilkan 10 dengan 0 yang ditulis dan 1 di ingat.
3. Apabila menemukan bilangan biner dijumlah seperti ini 1+1+1 maka hasilnya adalah 11 maka yang di tukiskan 1 dan di ingat 1.
1 1 1
00101100 = 44
10101101 + 173 +
11011001 217
Pengurangan Biner
Dalam pengurangan biner ada rumus sederhana :
· 0 – 0 = 0
· 1 – 0 = 1
· 1 – 1 = 0
· 0 – 1 = 1
Pada rumusan yang ke empat 0 – 1 = 1, mengapa hasilnya 1 karena 1 tersebut hasil peminjaman dari angka sesudah no berukit contoh pengurangan.
101 101 jika di salin ke desimal adalah 5
10 – 10 jika di salin ke desimal adalah 2
11 maka hasilnya adalah 3.
Angka 1 yang bertanda merah adalah contoh rumusan yang keempat yaitu angka 1 itu di pinjam oleh angka 0 sehingga menjadi 10 dan di kurangkan dan 1 sehingga menghasilkan 1 karena 1 + 1 dalam biner adalah 10. Sehingga 5 – 2 adalah 3.
Perkalian Biner
Dalam biner juga ada perkalian biner yang sama dengan perkalian biasanya.
· 0 x 0 = 0
· 0 x 1 = 0
· 1 x 0 = 0
· 1 x 1 = 1
Dan setelah perkalian di lakukan sama pada dasar perkalian menurun jumlahkanlah bilangan tersebut secara menurun seperti yang di bawah ini :
10100 10100 = 20
110 x 10 = 6
00000
10100
10100 +
1111000 sehingga hasil perkalian dari 6 x 2 adalah 120
Sistem Komputer
Sebelum di temukannya mesin komputer seperti sekarang ada beberapa alat yang pernah di ciptakan yang merupakan dasar penciptaan komputer.
· Abacus
Merupakan komputasi jaman dahulu yaitu abacus yang merupakan kalkulator tangan di temukan pada 300 SM.
· Logarithm
Merupakan Stik perkalian zaman itu yang masih di gunakan sampai sekaran yang terbuat dari tulang, benda ini di buta pada tahun 1617 oleh John Napier.
· Calculating clock
Penghitung pertama yang menggunakan gear, pada tahun 1623 oleh professor Wilhelm Schickard.
· Pascaline
Alat penghitung yang digunakan untuk membatu ayahnya sebagai pengumpul pajak tahun 1642 oleh BlaisePascal. Inilah inofasi pertama yang terpikirkan untuk menciptakan sebuah komputer.
· Punched Card
Mesin penghitung yang menggunakan punched card oleh Joseph Marie Jacquard tahun 1801.
· Diference Engine
Mesing penghitung yang di usulkan dan bisa menghitung tabel layaknya logarithm. Oleh Charles Babbage tahun 1822.
· Hollerith Desk
Suatu penemuan yang ditemukan oleh Herman Hollerith yaitu sebuah mesin hitung untuk keperluan sensus penduduk yang mengunakan cara kerja punched cards di temukan pada tahun 1890. Dan saat itu punched card hollerith berbeda dengan yang di temukan oleh Joseph Marie Jacquard.
· Harvard Mark I
Komputer digital pertama dibuat di AS namun belum sepenuhnya komputer elektronik yang bisa hidup selama 15 tahun non-stop. Di buat oleh Harvard dan IBM tahun 1944.
· ENIAC
Merupakan penemuan yang mempunyai berat 30 ton yang masih menggunakan teknologi paper card. ENIAC atau Elektronic Numerical Itegrator dan Calculator. Dibuat oleh 2 Professor yaitu Jhon Mauchly dan J. Presper Eckert.
· UNICAV
Pada tahun 1950 muncul UNICAH (Universal Automatic Computer) yang menggunakan magnetic tape.
· COBOL dan Copailer
Penemuan bahasa tingkat tinggi yaitu COBOL dan juga merupakan Copailer pertama yang menerjemahkan ke bahasa komputer di tahun 1953 oleh Grace Hopper.
· IBM Produk
1959 : IBM mengeuarkan produk IBM strech menggunakan teknologi mikro eloktronik.
1970-an : IBM mengeluarkan produk Mainframe seri 7090, IBM 360 dan IBM 370.
1981 : IBM mengeluarkan PC berbasis microprocessor sebelumnya MITS Altair 8800 merupakan PC pertama di dunia.
· Time Sharing dan Batch Processing
Cara berinteaksi menggunakan Mainframe, Time Sharing menggunakan Teletype dan Batch Processing yaitu Key Punch Machine.
Komponen Sistem Komputer
· Hardware
· Software
· Brainware
Hardware
Perangkat keras yang intinya digunakan untuk Input (memasukan), Process (memproses), dan Output (Menghasilkan) serta penyimpanan sistem komputer.
§ Komponen Hardware :
- CPU (Central Processing Unit)
- Penyimpanan Primer dan Sekunder
- Teknologi Input, Output, serta Komunikasi
§ ALU dan Register
ALU berfungsi berhitung secara matematis dan membandingkan secara logis, Register berfungsi tempat penyimpanan data yang sederhan dalam waktu yang sangat sinkat.
Cara kerja CPU pada dasarnya yaitu ketika kita meng Input sesuatu itu akan di proses pada microprocessor yang dimana akan masuk dalam Unit Pengendali kemudian masuk pada ALU yang merupakan angka dll dan diteruskan pada Register dimana data yang di Inputkan tadi akan di tampung sementara dengan kecepatan yang tinggi kemudian Penyimpanan sekunder setelah itu kembalipada Register kemudian akan Di tampilkan hasil di monitor atau hasil cetakan yang merupakan Output dari data yang dimasukkan atau pada alat tambahan seperti Spiker dll. Pada penyimpanan sekunder itu data tersebut akan di simpan sehingga tidak mudah hilang.
Dalam komputer ada namanya siklus pemrosesan yang dimana siklus perintah yang terjadi jutaan kali atau lebih bergantung pada :
§ Kecepatan Jam (Clock Speed)
§ Panjang Kata (Word Lenght)
§ Lebar Bus (Bus Width)
§ Jumlah transistor dalam chip
ØKemajuan Dalam Desain Mikroprosesor
Gordon Moore memprediksi di tahun 1965 bahwa kompleksitas mikroprosessor akan 2 kali lipat kira – kira setiap 2 tahun sekali.
ØPenyimpanan Primer
· Register
· RAM (Random Access Memory)
· Memori Chace
· Dan Read-only Memory (ROM)
ØPenyimpanan Sekunder
· Media magnetis
§ Pita Magnetis
§ Cakram Magnetis
§ Antarmuka Disk Drive
· Disket Magnetis
· Peralatan Penyimpanan Optis
§ Compact Disk Read-Only (CD-ROM)
§ Digital Video Disk (DVD)
§ Flourescent Multilayer Disk (FMD-ROM)
ØTeknologi Input
- Keyboard - Mouse
- Mouse Optic - Track Ball
- Papan Sentuh - Joystick
- Layar Sentuh - Pengenal Suara dll
ØTeknologi Output
Monitor :
- Tabung Sinar Katoda
- Liquid Cristal Display (LCD)
Printer :
- Impact
- Laser non-Impact
- Inkjet
- Plotter
Thank You