REVIEW DISTRO

09 January 2014 12:58:00 Dibaca : 171

Assalamualaikum Wr. Wb

Pada kesempatan kali saya me-review tentng distro yang saya kembangkan disini saya menggunakan distro ZORIN yang berbasis ubuntu dengan debian.

Seperti yang kita ketahui tentang Linux itu merupakan OpenSource yang bisa dikembangkan secara gratis. Linux itu merupakan sistem operasi UNIX dan menggunakan monolithic kernel. Salah satu distro yang saya ambil yaitu distro Zorin yang merupakan turunan dari debian dan ubuntu yang menggunakan kernel Linux. Baiklah saya akan menjelaskan tentang distro yang dikembangkan oleh saya sendiri.

Pertama-tama setelah saya menginstall zorin saya buka terminal dan melakukan update agar bisa menginstall aplikasi yang terdapat di software center, selesai meng-update dengan perintah “ apt-get “ lalu saya menginstall Cairo-dock with OpenGL yaitu untuk mempercantik tampilan dekstop dan membuat effeck .

Setelah mempercantik tampilan dekstop saya mengubah nama Zorin OS dengan nama distro yang saya namakan Gear OS, setelah mengubah nama Zorin OS menjadi Gear OS saya membuka terminal dengan perintah “gksu nautilus” untuk masuk kedalam sistem, di filesystem ini saya mulai menghapus logo-logo yang bersangkutan dengan zorin disini saya membuka folder yang bernama zorin greeter dan menghapus logo-logo yang di dalam folder tersebut sekaligus folder itu juga saya hapus karena saya tidak perlu. Selain itu juga saya juga mengubah plymouth tapi maaf saya tidak bisa menuliskan perintahnya disini cari saja dibuku karena saya juga pada saat mengubah itu melihat di buku.

Saya juga mengubah nama software center dengan nama OS saya sendiri dengan cara “pertama saya buka terminal sambil mengetikan gksu nautilus setelah masuk di filesystem saya membuka folder etc dan mencari lsb-release untuk meng-gedit script yang di dalam selesai itu saya juga membuka text/plain yang bernama issue dan issue.net untuk mengubah scriptnya juga ,setelah itu saya keluar dari folder etc dan masuk dalam folder usr dan share lalu mencari folder yang bernama python-apt setelah masuk dalam folder terdapat folder lagi yang bernama templates ubah script yang didalam lalu copy script yang telah di ubah, ( lalukan pengkopian dan proses memindakannya tersebut di terminal ). Copy script yang di ubah kedalam folder sofware-center, softwarecenter, distro” setelah kalian mengkopi dan memindahkan di terminal tinggal di enter, lalu di restart dan lihat apa kalo berhasil atau tidak.

Distro yang saya kembangkan ini bersifat umum, agar semua bisa memakai distro yang telah saya kembangkan ini tanpa ada yang merasa khusus di dalamnya ( Osnya yang bersifat lebih khusus )

keunggulan dari distro yang saya kembangkan aplikasinya sudah di paketkan, mudah digunakan oleh semua orang karena distro ini bersifat umum. Kelemahannya yaitu aplikasi yang berada di dalam belum saya pelajari semuanya.

Sekian review dari saya mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata dan perintah-perintah yang tertulis di dalam itu jika anda mengikutinya dan salah maka lihatlah di buku . Ok

Wassalam . .. .

MANDRIVA

27 November 2013 21:02:04 Dibaca : 189

Assalamualaikum Wr. Wb

Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistemoperasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft).

Mandriva Linux diluncurkan pada tahun 1998 dengan nama Mandrake Linux, dengan tujuan membuat Linux lebih mudah digunakan untuk semua orang.

Mudah digunakan untuk pengguna Linux yang newbie atau masih baru berkenalan dengan dunia Open Source.  Sudah ada Mandriva Control Centernya . Tapi kebutuhan sumber daya prosesor dan memori yang ‘rakus’ dibandingkan dengan distro lainnya misalnya Linux Slackware.

cara Menginstal Linux Mandriva :
1. Pertama, Pilih Bahasa : (English-US).

2. Pilih Negara : sesuai dengan negara yang anda tempati

3. Menyetujui lisensi Mandriva.

4. Pilih keyboard layout: (US)

5. Pilih waktu : (lokal)

7. Menginstal System Pada Hardisk, Untuk menginstal Mandriva One 2008 Spring ke dalam hard disk anda, Klik pada icon Live Install :

8. Akan dijalankan installation wizard. Klik Next

9. Partisi : (Penting! Lakukan dengan TELITI):
*Default partisi Mandriva adalah “Use free space” (Ini akan menggunakan sisa ruang hardisk anda yang bebas, tidak terpartisi)
*Jika ingin men-set partisi sendiri, pilih “Custom disk partitioning”. Sebelumnya, siapkan sebuah partisi kosong dengan menggunakan Partition Magic (pada windows) atau cfdisk (dengan live cd slax)
*Setelah itu partisi akan dibuat dan diberlakukan! (Ingat, anda dapat kehilangan seluruh isi hard disk, jika salah pada tahap ini!)

10. Pilihan default : (Use free space), Klik next untuk melanjutkan proses instalasi.

11. Sistem sedang diinstal

12. Konfigurasi bootloader : Pilihan default, sudah ok, klik Next

13. Menu Boot : (secara default sudah ok), Kalau tidak ingin melakukan perubahan, klik Finish.

14. Proses instal selesai. Klik Finish untuk mengakhiri proses instalasi

inilah postingan saya terhadap pertemuan minggu lalu, lebih dan kurangnya saya minta maaf. Wassalam. Terima Kasih

 

ANTERGOS

27 November 2013 19:55:24 Dibaca : 103

Antergos ( sebelumnya dikenal sebagai Cinnarch ) adalah distribusi Linux dari Galicia asal didasarkan pada sistem operasi Linux Arch.

Awalnya proyek ini dimulai dengan nama Cinnarch dan lingkungan dekstop yang didistribusi oleh Cinnamon yang dikembangkan oleh tim Linux Mint.

sejak pertama dirilis Cinnarch atau ANTERGOS ini sudah memiliki LibreOffice Installer untuk Arch Linux yang mempermudahkannya untuk menginstal komponen-komponen LibreOfficernya.

Antergos sangat mudah digunakan dan ini adalah opensource yang cepat dan ringan. Antergos ini dirilis dengan ISO pertama yang dirilis dengan nama Cinnarch pada tanggal 7 mei 2012 dan untuk dengan nama Antergos dirilis pada tanggal 12 mei 2012

Mohon maaf bila ada kekurangan . Terima Kasih

Wassalam

KONSEP PEMETAKAN

20 November 2013 14:35:02 Dibaca : 123

KONSEP PEMETAKAN

LINUX sebuah inti (kernel) OS yang dikembnagkan berbasis LINUX sys, yang dikembangkan pertama kali oleh Linus Torvalds

SISTEM PEMETAKAN

pada awalnya (source code) d linux, belum terbentuk sebuah package untuk itu kita perlu melakukan build (membangun) terlebih dahulu sebelum di compiler dan digunakan

alur pemetakan : source code, build code, pre build code, package

pendahulu LINUX yaitu : DEBIAN, REDHAT, SLACKWARE

UNIX

19 November 2013 14:19:18 Dibaca : 178

UNIX adalah sebuah sistem operasi komputer yang memungkinkan penggunanya untuk dihubungkan sekaligus (Multiuser)

Kelebihan UNIX

Portabilitas yaitu dapat diadaptasikan dengan mudah ke komputer lain, Multiuser dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus, Multitasking dapat menjalankan tugas secara bersamaan dalam satu waktu, Mempunyai kinerja yang lebih baik daripada Windows NTUNIX adalah sistem operasi yang hampir gratis

Kelemahan UNIX

Tampilan kurang menarik, Membutuhkan memori yang cukup besar, Sulit digunakan oleh orang awam

 

 

 Cara kerja UNIX tidak jauh berbeda dari sistem OS lainnya yaitu ada hardware & software yagn didalamnya terdapat sebuah kernel atau inti dari sebuah OS

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong