TUGAS SO LK.4 BELAJAR CLI
Nama : Indah Belastri Sibran
NIM : 531423007
Jurusan : Teknik Informatika
Program Studi : Sistem Informasi
Kelas : A
Dosen Pengajar : Bapak Salahudin Olii, ST,.MT dan Bapak Walid Umar
Mata Kuliah : Sistem Operasi
BELAJAR CLI (COMMAND LINE INTERFACE)
1. VIDIO KE-SATU
a. man atau manual membantu kita untuk melihat informasi dari sebuah perintah
b. pwd memberikan informasi kepada user atau administrator terkait lokasi kita saat ini
c. mkdir berfungsi membuat folder
d. cd berfungsi untuk memindahkan directori satu ke directori lain
e. mv digunakan untuk merename atau merubah nama directory
2. VIDIO KE-DUA
a. mkdir membuat directory
b. touch membuat sebuah file kososng
c. cat untuk membaca file
d. nano merupakan teks editor yang dikembangkan atau yang dikembangkan menggunakan interface berbasis teks
e. ls untuk menampilkan folder dan file
3. VIDIO KE-TIGA
a. cat untuk membaca file
b. rm berfungsi untuk meremove atau menghapus file atau beberapa file termasuk folder
c. cp menduplikasikan folder atau file
d. rmdir ( Remove directory) untuk menghapus directory
4. VIDIO KE-EMPAT
a. Whoami untuk menampilkan informasi user yang sedang login saat ini
b. Sudo su untuk masuk ke super user agar menjadi root
c. Parameter who untuk menampilkan informasi terkait user yang sedang login
d. w berfungsi untuk menampilkan informasi yang lebih detail sudah berapa lama user tersebut login dan apa yang sedang user itu lakukan
e. Melihat tampilan group dengan cat /etc/group dan membuat adduser dan membuat group masuk ke user siswa
f. Membuat user
g. Menghapus group
5. VIDIO KE-LIMA
a. Membuat dan mengelompokkan user dan membuat group
b. Memasukkan user ke group
c. ls /home/ -l untuk melihat kepemilikan dari masing-masing user tersebut, menghapus folder, dan membuat touch(file) pada home
d. Login ke user
e. Membuat hak akses permission
6. VIDIO KE-ENAM
a. Masuk ke super user dan home
b. CEK USER DAN GROUP
c. MASUK KE FILE DAN MEMBUAT FILE
d. MENGUBAH PERMISSION
e. MENGGANTI KEPEMILIKAN FILE
7. VIDIO KE-TUJUH
a. MENAMPILKAN INFORMASI PROSES YANG BERJALAN SECARA REALTIME
b. MELAKUKAN MANAJEMEN TERHADAP PROSES YANG SEDANG BERJALAN
c. MENAMPILKAN PENGGUNAAN MEMORY
d. MENAMPILKAN PENGGUNAAN STORAGE PADA SISTEM
e. MENAMPILKAN INFORMASI TERKAIT PROSES
f. MELAKUKAN PENGHENTIAN PROSES YANG SEDANG BERJALAN
g. MENGETAHUI INFORMASI PID
8. VIDIO KE-DELAPAN
a. MENGINFORMASIKAN TANGGAL, WAKTU, KALENDER, DAN MENAMPILKAN USER YANG SEDANG LOGIN
b. MENAMPILKAN LETAK FILE
c. MENGINFORMASIKAN FUNGSI PERINTAH SECARA SINGKAT
d. MELAKUKAN ZIP UNTUK SEBUAH FILE
e. MELAKUKAN EXTRACT
SEKIAN DAN TERIMAKASIH
TUGAS SO2_LK 3
NAMA : INDAH BELASTRI SIBRAN
NIM : 531423007
JURusan : TEKNIK INFORMATIKA
PROGRAM STUDI : SISTEM INFORMASI
KELAS : A SI
DOSEN PENGAJAR : BAPAK SALAHUDIN OLII ST,.MT DAN BAPAK WALID UMAR
MATA KULIAH : OPERASI SISTEM
PENGGUNAAN SEBUAH COMMAND LINE INTERFACE BERBASIS TEKS
1. VIDIO PERTAMA
2. VIDIO KEDUA
3. VIDIO KETIGA
4. VIDIO KEEMPAT
5. VIDIO KELIMA
Tugas Sistem Operasi_LK 1, Tanggal 20 Oktober 2023
Nama : Indah Belastri Sibran
NIM : 531423007
Jurusan : Teknik Informatika
Program Studi : Sistem Informasi
Kelas : A
Dosen Pengajar : Bapak Salahudin Olii, ST,.MT
Mata Kuliah : Sistem Operasi
A. User Program
User Program merupakan program atau software yang dibuat oleh program dalam bahasa program untuk menyiapkan sistem aplikasi yang siap pakai dalam aplikasi tertentu dan di pakai berulang-ulang.
B. User Interface
User Interface adalah tampilan visual sebuah produk yang menghubungkan sistem dengan pengguna (user). Secara teknis, empat komponen dasar pembentuk user interface adalah:
1) Tata letak – penempatan elemen UI yang digunakan.
2) Warna – warna dari desain antar muka secara umum.
3) Tipografi – kombinasi huruf yang digunakan di user interface.
4) Grafik – ikon yang digunakan sebagai ilustrasi penggunaan sistem.
C. System Calls
System Calss adalah cara sebuah program pada level user untuk meminta pada sistem operasi untuk menjalankan sesuatu untuknya. Jika kita seorang programmer, dan kita membutuhkkan untuk membaca dari sebuah file, kita akan menggunakan system call untuk meminta sistem operasi untuk membaca file tersebut untuk kita.
Cara system call bekerja adalah sebagai berikut :
Pertama-tama, user program akan mensetup argument untuk system call. Salah satu argumen adalah nomor system call. Perlu di catat bahwa semua ini dilakukan secara automatis oleh fungsi library kecuali jika kita menulis menggunakan bahasa assembler. Sesudah semua argumen di setup, program akan menjalankan instruksi “system call”. Instruksi ini akan menyebabkan exception: event yang akan menyebabkan processor untuk jump ke satu address dan mulai menjalankan program / code di address tersebut.
Instruksi di alamat yang baru akan menyimpan state user program, menentukan sistem call apa yang kita inginkan, kemudian call fuction tersebut di kernel yang mengimplementasikan system call, setelah selesai maka mengembalikan program state, dan kembali ke user program.
D. Program Control
Program Control adalah informasi-informasi yang di utuhkan Sistem Operasi untuk mengendalikan dan mengkoordinasikan beragam proses aktif.
E. I/O
I/O (input/output), dilafalkan "eye-oh", menjelaskan operasi, program, atau perangkat apa pun yang mentransfer data ke atau dari komputer. Perangkat I/O yang umum mencakup printer, hard disk, keyboard, dan mouse.
Perangkat input/output memainkan peran penting dalam pemrograman komputer dengan menyederhanakan cara perangkat komputasi berkomunikasi melalui jaringan.
Mengapa I/O penting?
Dalam arsitektur komputer, I/O mencakup serangkaian tugas yang harus dijalankan dengan benar untuk mendukung berbagi data antar mesin diskrit. Semua jenis pergerakan data dalam sistem bergantung pada operasi I/O, termasuk file audio, set instruksi perangkat lunak, aliran teks dan video.
F. File System
Dilansir dari Techopedia, file system adalah sebuah proses yang mengatur di mana dan bagaimana sebuah data disimpan dan diakses dalam disk penyimpanan.
Nah, disk penyimpanan yang paling umum digunakan adalah hard disk drive (HDD), hard drive, atau storage device lainnya.
Intinya, file system ini mengatur pengoperasian di dalam sebuah disk yang terhubung ke komputer, tetapi tidak bisa terlihat oleh user atau manusia yang menggunakan komputer tersebut.
G. Communication
(Bahasa Inggris: Inter-Process Communication, biasa disebut IPC) adalah mekanisme pertukaran data antara satu proses dengan proses lainnya, baik itu proses yang berada di dalam komputer yang sama, atau komputer jarak jauh yang terhubung melalui jaringan. IPC terdiri atas protokol yang menjamin sebuah respons dari sebuah permintaan.
H. Error Management
Error Management adalah sebuah pendekatan yang diarahkan untuk menangani kesalahan secara efektif setelah kesalahan terjadi, dengan tujuan meminimalkan konsekuensi kesalahan yang negatif dan memaksimalkan konsekuensi kesalahan yang positif.
I. Resource
Resource adalah file tambahan dan konten statis yang digunakan kode Anda, seperti bitmap, penetapan tata letak, string antarmuka pengguna, instruksi animasi, dan banyak lagi.
J. Auditing
Auditing sistem operasi adalah proses untuk memastikan keamanan sistem operasi dan mengontrol sistem operasi yang ada.
Istilah keamanan sistem operasi atau OS mengacu pada praktik dan tindakan yang dapat memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan atau CIA (Confidentiality, Integrity, Availability) sistem operasi.
K. Security
Security tujuan keamanan sistem operasi atau OS adalah untuk melindungi OS dari berbagai ancaman, termasuk perangkat lunak berbahaya seperti worm, trojan, dan virus lainnya, kesalahan konfigurasi, dan intrusi jarak jauh.sternal.
Hardware Hardware(Perangkat keras komputer) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelasaikan.
L. Hardware
Hardware (Perangkat keras komputer) adalah peralatan di sistem komputer yang secara fisik terlihat dan dapat dijamah semua bagian fisik komputer, dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan perangkat lunak yang menyediakan instruksi buat perangkat keras untuk menyelasaikan.
PENGALAMAN MENGIKUTI PKKMB 2023
KESAN : Sangat berkesan dan menambah pengalaman dan wawasan walaupun lumayan mengguncang mental tapi hal itu terbayar saat hari terakhir PKKMB di tingkat jurusan, pengalaman yang tidak terlupakan dan mendapatkan banyak teman baru yang memiliki asal dan watak karakter yang beragam.
PESAN : Semoga UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO tetap memegang akreditas unggul dan mampu bersaing di era perkembangan globalisasi dunia dan semoga bisa terus unggul dan berdaya saing.
Kategori
Blogroll
- Masih Kosong