Tugas SO LK 3

30 November 2023 12:42:32 Dibaca : 14

Nama            : Muhammah Khairul Azhari Ali

NIM               : 531423016

Kelas/Prodi  : (A) Sistem Informasi

Jurusan        : Teknik Informatika

 

      VIDIO 1 CLI#1

1. perintah man

2. perintah pwd, mkdir, ls, cd, mv

 

      VIDEO 2 CLI#2

1. perintah mkdir

2. perintah touch

3. perintah cat

4. perintah nano

 

      VIDIO 3 CLI#3

1. perintah cat

2. perintah rm, rmdir

 

      VIDIO 4 CLI#4

1. perintah whoami, who, w

2. perintah useradd

3. perintah adduser

4. perintah groupadd

5 perintah groupdel

6. userdel

 

      VIDIO 5 CLI#5

1. perintah adduser --ingroup

SISTEM INFORMASI CLI

18 November 2023 17:33:38 Dibaca : 50

NAMA               : Muhammad Khairul Azhari Ali

NIM                   : 531423016

PRODI/KELAS : SISTEM INFORMASI (A)

JURUSAN        : TEKNIK INFORMATIKA

MATA KULIAH : SISTEM OPERASI

 

VIDEO 1

1. perintah who, whoami, cd, pwd, touch, mkdir, rm, rmdir

 

2. perintah mv

3.perintah cd, find

4.perintah history

 

VIDEO 2

1. perintah chmod, chown. cat

2. perintah lspci, uname, lsb_release, grep

3.perintah nano

4. perintah head, tail

5. perintah df, du, free

6. perintah ps

7.perintah dmesg

 

VIDEO 3

1. perintah wheris, wc, dig

2. perintah nslookup,service

3. perintah id, whish, groupadd

4. perintah tar, arp, route

 

5. perintah lynx, lsusb, figlet

 

 

VIDEO 4

1. perintah wget, apt-get

2. perintah cal, date, cfdisk

3. perintah tree, uptime, lscpu, traceroute

 

VIDEO 5

1. perintah swepoff

2. perintah zip

3. perintah w, htop

4. perintah hwinfo

5. perintah ip, journalctl

7. perintah tasksel

Tugas Sistem Operasi

23 October 2023 21:12:02 Dibaca : 29

Nama           : Muhammad Khairul Azhari Ali

Prodi/Kelas : Sistem Informasi (A)

NIM              : 531423016

Jurusan      : TEKNIK INFORMATIKA

 

1. Program Control 

      Program kontrol adalah program komputer yang dirancang untuk mengendalikan atau mengatur suatu sistem atau perangkat. Kegunaannya sangat bervariasi tergantung pada konteksnya. Beberapa contoh kegunaan program kontrol adalah:

  • Otomatisasi: Program kontrol digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas dalam berbagai lingkungan, seperti manufaktur, otomotif, atau otomatisasi rumah pintar. Mereka memungkinkan sistem untuk beroperasi tanpa campur tangan manusia.
  • Sistem kendali: Program kontrol digunakan dalam sistem kendali seperti kontrol lalu lintas, sistem pengaturan suhu, dan robotika. Mereka membantu dalam menjaga sistem berfungsi sesuai dengan parameter yang diinginkan.
  • Pengolahan data: Program kontrol sering digunakan dalam pemrosesan data, seperti filter digital dalam pengolahan sinyal, analisis data, dan pengaturan proses data.
  • Sistem operasi: Sistem operasi komputer adalah contoh besar dari program kontrol yang mengatur sumber daya komputer, memungkinkan aplikasi berjalan, dan mengelola tugas-tugas pada komputer.

      Program kontrol berperan penting dalam mengotomatisasi, mengendalikan, dan mengelola berbagai aspek teknologi dan sistem dalam berbagai bidang.

2. I/O

      I/O adalah singkatan dari Input/Output dan mengacu pada seluruh proses pertukaran data atau informasi antara sistem komputer atau perangkat dengan dunia luar. Ini mencakup semua interaksi yang memungkinkan pengguna dan perangkat untuk berkomunikasi dengan komputer serta komunikasi antara komputer dan perangkat eksternal. I/O melibatkan input (data yang masuk) dan output (data yang keluar).Dalam konteks komputasi, I/O merangkum semua elemen yang memungkinkan sistem untuk menerima, memproses, dan mengirimkan data. I/O sangat penting karena memungkinkan komputer untuk berfungsi dan berinteraksi dengan pengguna serta perangkat lainnya dalam berbagai aplikasi.

3. File System

      Sistem file (file system) adalah cara yang digunakan oleh komputer untuk mengatur dan menyimpan data di media penyimpanan, seperti hard drive, SSD, atau perangkat penyimpanan lainnya. Ini melibatkan struktur hirarkis dari direktori (folder) dan file, serta metode untuk mengelola, mengakses, dan menyimpan data. Sistem file memungkinkan pengguna dan program untuk menyimpan, mengatur, dan mengambil data dengan cara yang terstruktur dan efisien. Contoh sistem file yang umum digunakan termasuk NTFS (New Technology File System) untuk Windows dan ext4 untuk Linux.Setiap sistem file memiliki kelebihan dan kekurangannya, dan pemilihan yang tepat tergantung pada kebutuhan Anda, sistem operasi yang digunakan, dan skenario penggunaan.

4. Comms

      Comms adalah singkatan dari "communications" dalam bahasa Inggris, yang berarti komunikasi. Ini merujuk kepada proses atau sarana untuk berkomunikasi, baik itu melalui pesan teks, telepon, email, atau komunikasi lainnya. Dalam berbagai konteks, "comms" dapat mengacu pada departemen atau fungsi yang bertanggung jawab atas komunikasi dalam sebuah organisasi atau proyek.

5. Error Management

      Error management, atau manajemen kesalahan, adalah proses mengidentifikasi, menangani, dan memecahkan masalah atau kesalahan yang mungkin terjadi dalam aplikasi perangkat lunak atau proses lainnya. Tujuan dari manajemen kesalahan adalah untuk memastikan bahwa ketika kesalahan terjadi, mereka dapat ditangani dengan baik sehingga aplikasi dapat pulih atau memberikan umpan balik yang bermanfaat kepada pengguna.

      Manajemen kesalahan dapat dilakukan dengan berbagai cara, termasuk penggunaan penanganan pengecualian, validasi input, dan mekanisme pemantauan serta pemecahan masalah. Tujuan utama adalah menjaga aplikasi agar tetap stabil, memberikan pengalaman yang baik kepada pengguna, dan memudahkan pemecahan masalah ketika kesalahan terjadi.

6. Resource

      Resources merujuk pada berbagai jenis sumber daya yang digunakan dalam berbagai konteks, termasuk bisnis, lingkungan, pemerintahan, dan kehidupan sehari-hari. Manajemen sumber daya yang baik adalah kunci untuk mencapai efisiensi, keberlanjutan, dan kesuksesan dalam berbagai bidang. Beberapa contoh jenis sumber daya seperti sumber daya manusia dan sosial, alam, finansial, teknologi, waktu, energi.

7. Auditing

      Audit adalah proses pemeriksaan, pengecekan, dan evaluasi terhadap catatan keuangan, operasi, atau sistem suatu entitas dengan tujuan untuk memverifikasi keabsahan, keandalan, dan kewajaran informasi yang disajikan. Tujuan pembuatan audit meliputi adalah memastikan kepatuhan untuk mengikuti peraturan dan kebijakan yang berlaku, memerikasa catatan keuangan dan laporang keuangan, mengidentifikasi risiko-risiko potensial dalam operasi entitas, meningkatkan efesiensi dan efektivitas, mendeteksi kecurangan, dan dapat melindungi kepentingan pihak ke tiga. Tujuan utama audit adalah untuk memastikan integritas dan transparansi dalam pelaporan entitas, serta memberikan keyakinan kepada pihak terkait bahwa informasi yang disajikan dapat dipercaya.

8. Security

      Security merujuk pada berbagai tindakan, prosedur, dan teknologi yang dirancang untuk melindungi aset, informasi, sistem, dan orang dari ancaman atau risiko yang dapat merusak atau mengganggu keamanan. Kegunaan dan tujuan dari keamanan adalah:

  • Perlindungan: Tujuan utama keamanan adalah melindungi aset berharga, seperti data sensitif, infrastruktur, dan sumber daya manusia, dari ancaman internal dan eksternal. Ini mencakup melindungi sistem komputer, jaringan, serta instalasi fisik seperti gedung dan pabrik.
  • Kerahasiaan: Keamanan membantu menjaga kerahasiaan informasi. Ini berarti mencegah akses yang tidak sah atau tidak diotorisasi ke data atau informasi yang bersifat rahasia atau sensitif.
  • Integritas: Keamanan memastikan integritas data dan sistem. Ini berarti mencegah perubahan atau kerusakan yang tidak sah terhadap data atau sistem, yang dapat mengganggu keandalan dan keaslian informasi.
  • Ketersediaan: Salah satu tujuan utama keamanan adalah memastikan ketersediaan data dan sistem. Ini berarti melindungi aset dari serangan yang dapat menyebabkan gangguan layanan atau pemadaman sistem.
  • Kepatuhan: Keamanan juga digunakan untuk memenuhi persyaratan hukum, peraturan, dan kebijakan yang berlaku. Ini dapat mencakup kepatuhan terhadap undang-undang privasi data, peraturan industri, atau persyaratan keamanan yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah atau organisasi tertentu.
  • Keberlanjutan bisnis: Keamanan juga dapat membantu organisasi menjaga keberlanjutan bisnis dengan mengurangi risiko yang dapat merusak operasional dan reputasi mereka.

Dengan demikian, keamanan merupakan upaya yang sangat penting untuk melindungi aset dan mendukung operasi yang aman dan andal dalam dunia yang semakin terhubung dan rentan terhadap ancaman cyber dan fisik.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong